Indosat

Pengalaman Menggunakan Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3 Ooredoo

Evy Nurvitasari
2 Komentar
Beranda
Indosat
Pengalaman Menggunakan Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3 Ooredoo
Kebetulan Paket Freedom Internet saya masa aktifnya sudah habis. Karena ada beberapa komentar pada tulisan saya dengan judul [Penyebab & Solusi Kuota Apps Indosat IM3 Ooredoo Tidak bisa digunakan], yang curhat mengenai kuota dari freedom Apps Fun tidak bisa digunakan, maka saya langsung mencoba untuk mengaktifkan paket tersebut.

Jadi posisi nomor Indosat IM3 saya saat itu tidak ada paket yang aktif dan pulsanya juga 0 (nol). Untuk membuktikan apakah Paket Freedom Apps bisa digunakan atau tidak, akhirnya saya mencoba untuk mengaktifkan Paket Freedom Apps Fun 12GB dengan harga Rp 20.000. Karena pulsanya masih 0, maka saya mengisi pulsa dinomor Indosat IM3 saya dengan nominal 20.000.

Sebelum melakukan isi ulang pulsa reguler, saya matikan data internet di nomor IM3 saya agar pulsanya tidak kepalak untuk akses internet. Hal tersebut menurut saya sebenarnya cukup membuat pelanggan IM3 merasa kurang nyaman, karena belum adanya fitur seperti Kontrol Pulsa (XL), Jaga Pulsa (Telkomsel), dan juga Lock Button (AXIS).

Setelah data internet saya matikan, kemudian saya menggunakan jaringan internet Wi-Fi agar bisa membuka aplikasi myIM3. Setelah aplikasi myIM3 terbuka, selanjutnya saya melakukan pembelian Paket Freedom Apps 12GB. Untuk metode pembayarannya, saya menggunakan pulsa reguler 20ribu yang sudah saya isikan tadi.

Hanya dalam hitungan beberapa detik, saya mendapatkan notifikasi yang menginformasikan bahwa pembelian paket berhasil dilakukan. Itu artinya bahwa Paket Freedom Apps Fun 12GB telah aktif di nomor Indosat IM3 saya. Otomatis pulsa yang tadinya berisi 20rb berubah menjadi 0 kembali. Setelah data internet seluler saya aktifkan, tiba saatnya saya mencoba paket tersebut.
pengalaman-menggunakan-paket-freedom-apps-fun
Sebelumnya, perlu sahabat ketahui bahwa aplikasi yang bisa diakses menggunakan Paket Freedom Apps Fun adalah Netflix, Viu, YouTube, Joox, Resso, Spotify, Facebook (FB), Instagram (IG), Snapchat, dan TikTok. Sehingga selain penggunaan aplikasi tersebut, diperlukan kuota internet utama atau pulsa reguler (apabila sahabat tidak memiliki kuota internet lainnya).

Saya tidak mencoba semua aplikasi yang dicover kuota Paket Freedom Apps Fun, melainkan hanya beberapa aplikasi yang terpasang di HP Android iQOO Z7x 5G milik saya. Berikut adalah uji coba buka aplikasi menggunakan Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3 Ooredoo dengan kondisi tidak ada paket lain yang aktif kecuali Paket Freedom Apps Fun itu sendiri:
  • Buka aplikasi YouTube lancar (tidak ada masalah).
  • Buka aplikasi Viu lancar (tidak ada masalah).
  • Buka aplikasi Facebook lancar (tidak ada masalah).
  • Buka aplikasi Instagram lancar (tidak ada masalah).
  • Buka aplikasi TikTok lancar (tidak ada masalah).
  • Buka aplikasi Spotify terdeteksi offline (bermasalah).
  • Mencoba install aplikasi Resso, keterangannya tidak tersedia di negara anda / Indonesia (bermasalah).
Dari hasil percobaan tersebut, dapat diketahui bahwa tidak semua aplikasi yang tercover Paket Apps Indosat IM3 bisa dijalankan tanpa adanya kuota internet utama. Meski demikian, beberapa aplikasi medsos yang populer bisa diakses menggunakan kuota tersebut. Tentu saja kuota Freedom Apps Entertainment saya berkurang setelah pemakaian untuk percobaan tersebut.
pengalaman-freedom-apps-fun

Karena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka menggunakan kuota dari Paket Freedom Apps Fun seperti WhatsApp (WA), Gmail, Shopee, dan beberapa aplikasi lainnya, maka saya kembali melakukan pembelian Paket Freedom Internet 12GB dengan harga Rp 30.000. Tentu saja saya harus mengisi pulsa lagi untuk mengaktifkan paket tersebut.

Sebelum isi pulsa dengan nominal 30.000, tidak lupa saya matikan lagi data internet di HP saya agar nantinya tidak terpakai untuk akses internet lainnya. Setelah terisi pulsa dan saya aktifkan paket Freedom Internet 12GB menggunakan jaringan Wi-Fi, kemudian saya aktifkan data internet di HP saya dan tentunya saya sudah bisa akses semua aplikasi menggunakan Nomor Indosat IM3 saya.

Apabila sebelumnya hanya ada kuota freedom apps fun sebesar 12GB, maka setelah Paket Freedom Internet 12GB aktif, otomatis total kuota internet yang saya miliki menjadi 24GB. Tentu saja kuota tersebut memiliki fungsi dan berjalan sendiri-sendiri. Ketika saya mengakses aplikasi yang tidak tercover Paket Freedom Apps Fun, maka kuota yang terpakai adalah kuota internet utama.
paket-freedoms-apps-tidak-bisa-digunakan

Karena saya sering mengakses aplikasi Instagram dan Youtube yang bisa dikatakan ‘cukup menguras’ kuota internet Indosat IM3 karena untuk akses video diperlukan kuota internet yang besar, maka saya yakin bahwa kuota dari Paket Freedom Apps Fun sebesar 12GB tersebut akan habis terpakai. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

2 komentar

  1. YA
    YA
    14 Mei, 2024
    Saya beli kuota fun apps ini tapi yg bisa di akses cuma youtube sama fb lite bg.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 Mei, 2024
      Untuk aplikasi TikTok, Instagram, dan aplikasi lainnya apakah sudah dicoba Kak? Bagaimana hasilnya?