Smartfren

Penyebab & Cara Mengatasi Kode MMI Smartfren Tidak Valid

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Smartfren
Penyebab & Cara Mengatasi Kode MMI Smartfren Tidak Valid
Pernahkah sahabat ketika mengakses kode dial UMB / SSD menggunakan kartu Smartfren kemudian mendapatkan balasan Kode MMI Tidak Valid? Tenang saja apabila sahabat mengalami hal demikian. Kode MMI tidak valid biasanya terjadi karena adanya gangguan atau tidak berfungsinya layanan komunikasi yang disediakan oleh operator seluler (dalam hal ini adalah Smartfren).

MMI adalah singkatan dari Man Machine Interface. Apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia MMI berarti Antarmuka (Interface) Mesin (Machine) Manusia (Man). Oleh karena hal tersebut, ketika terjadi MMI tidak valid di kartu smartfren, maka otomatis layanan yang ingin sahabat akses tidak muncul di layar (antarmuka) smartphone yang sahabat gunakan.
penyebab-cara-mengatasi-kode-mmi-smartfren

Kenapa kode MMI Smartfren tidak valid? Setidaknya Ada tiga penyebab yang membuat kode MMI tidak valid yaitu karena (1) jaringan sedang gangguan atau bermasalah, (2) perangkat yang digunakan bermasalah, dan (3) kelalain pengguna atau human error. Apabila sudah diketahui penyebabnya, maka berikut adalah cara mengatasi kode MMI tidak valid Smartfren:

[1] Periksa Jaringan Smartfren

Terkadang tampilan indikator sinyal yang ditampilkan di HP bisa menipu. Untuk mengetahui apakah jaringan Smartfren benar-benar tersedia atau tidak, maka sahabat bisa cek jaringan Smartfren melalui menu pengaturan di HP yang sahabat gunakan. Apabila tersedia, hubungkan dengan jaringan secara manual.

[2] Segarkan Kartu Smartfren

Untuk melakukannya, sahabat bisa mengaktifkan mode pesawat selama 30 – 60 detik di perangkat smartphone yang sahabat gunakan, setelah itu kembalikan ke mode normal. Kalau belum berhasil, sahabat bisa menyegarkan kartu Smartfren dengan cara melakukan restart atau juga bisa dilakukan dengan mematikan HP selama beberapa detik kemudian menghidupkannya kembali.

[3] Periksa Kode Dial

Bisa jadi kode dial / USSD Smartfren yang yang sahabat masukkan salah, sehingga mau dicoba berkali-kali juga hasilnya juga akan tetap sama yaitu Kode MMI tidak valid. Agar hal tersebut tidak terjadi, periksa dan teliti kembali apakah kode dial yang sahabat masukkan sudah benar atau belum. Apabila sudah benar, silakan sahabat akses kembali kode dial tersebut.

Catatan

Apabila sahabat sudah melakukan cara-cara untuk mengatasi kode MMI tidak valid Smartfren yang saya sebutkan di atas, kemudian belum juga berhasil, maka besar kemungkinan ada masalah teknis (sistem) di pusat (server) Smartfren. Apabila demikian, yang bisa sahabat lakukan adalah menunggu sampai sistem normal kembali.

Ketika fungsi dari kode dial UMB / USSD sedang gangguan atau tidak berfungsi, maka alternatif lain apabila sahabat ingin melihat informasi di kartu Smartfren yang sahabat gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi mySmartfren yang bisa sahabat download secara gratis di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS). Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar