Indosat Sekitar Kita

Penyebab & Solusi Kuota Apps Indosat IM3 Ooredoo Tidak Bisa Digunakan

Evy Nurvitasari
70 Komentar
Beranda
Indosat
Sekitar Kita
Penyebab & Solusi Kuota Apps Indosat IM3 Ooredoo Tidak Bisa Digunakan
Ada beberapa komentar dari sahabat pembaca di salah satu tulisan saya tentang [Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan Kuota Apps Indosat IM3 Ooredoo] yang mengatakan bahwa kuota Apps-nya tidak berkurang karena tidak bisa dipakai. Oleh karena hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyebab dan solusi kuota Apps Indosat IM3 Ooredoo tidak bisa digunakan.

Penyebab

Perlu sahabat ketahui bahwa ada beberapa macam jenis kuota Apps Indosat IM3. Meski sama-sama memiliki nama yang sama yaitu “Kuota Apps”, akan tetapi apabila jenis dari kuota Apps Indosat IM3 tersebut berbeda, maka fungsi dari kuota tersebut juga akan berbeda. Oleh karena itu, salah satu penyebab kuota Apps tidak bisa digunakan adalah karena sahabat tidak mengetahui jenisnya.

Ketika sahabat tidak mengetahui jenis dari kuota Apps Indosat IM3, tentu saja sahabat akan bingung dan tidak mengetahui cara menggunakan kuota Apps (aplikasi) tersebut. Selain itu, kebijakan dari Indosat IM3 mengenai urutan penggunaan data juga bisa menyebabkan kuota Apps tidak (belum) terpakai karena menunggu antrian penggunaan data lainnya.

Hal lainnya yang mungkin menyebabkan kuota Apps Indosat IM3 Ooredoo tidak bisa digunakan adalah karena masalah pada sistem. Kejadian tersebut memang hal yang tidak jarang terjadi pada layanan jasa Telekomunikasi seluler. Meski demikian, tentu saja semua permasalahan yang saya sebutkan tadi bisa diatasi.

Solusi

Kalau permasalahannya adalah karena sahabat tidak atau belum mengetahui jenis kuota Apps Indosat IM3 yang sahabat miliki, maka solusinya adalah sahabat harus mengetahui sumber (dari mana kuota tersebut sahabat dapatkan) dan juga jenis dari kuota Apps yang sahabat miliki tersebut. untuk lebih mudahnya, sahabat bisa mengeceknya melalui aplikasi myIM3.

Sahabat bisa mendownload aplikasi myIM3 secara gratis di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan di App Store (bagi pengguna iOS). Cara cek jenis kuota Apps Indosat IM3 yang sahabat miliki menggunakan aplikasi myIM3 cukup mudah, yaitu silakan sahabat ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka aplikasi myIM3, kemudian silakan sahabat pilih menu [Akun] atau [Account]
  • Pada halaman Akun, sahabat bisa melihat jenis kuota Apps yang sahabat miliki (seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini).

Dengan melihat data di atas, bisa dilihat bahwa saya memiliki kuota Apps dari pembelian paket Freedom Apps Fun. Selain itu, saya juga memiliki kuota Apps yang merupakan bantuan dari pemerintah. Dengan mengetahui jenis kuotanya, tentu saja saya bisa mengetahui aplikasi yang bisa saya akses menggunakan Kuota Freedom Apps FUN & Kuota Freedom Apps Belajar (Edu) bantuan pemerintah.

Apabila permasalahannya adalah urutan penggunaan data internet (yang merupakan kebijakan provider), serta permasalahan lainnya yang terjadi karena sistem yang error, maka solusinya adalah sahabat harus menghubungi CS Indosat IM3 Ooredoo untuk menyelesaikannya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

70 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    16 Juni, 2024
    Kak saya beli kuota freedom apps yang 12 gb kan seharusnya bisa fi gunakan untuk watsap tapi punya saya kok gk bisa ya kak
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 Juni, 2024
      Perlu diketahui bahwa Paket Freedom Apps Fun 12GB tidak bisa digunakan untuk akses aplikasi WA (WhatsApp) Kak, melainkan kuotanya hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Netflix, Viu, YouTube, Reso, Joox, Spotify, FB, IG, Snapchat, dan TikTok.
  2. Unknown
    Unknown
    07 April, 2024
    Dua solusi tapi ngga ada yang bisa semua
    Solusi apaan ini
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      08 April, 2024
      Saya juga heran Kalau Kakak suda menghubungi CS Indosat IM3 akan tetapi tidak terselesaikan permasalahannya.

      Kalau yang punya layanan (Indosat IM3) dianggap tidak bisa menyelesaikan permasalahan, terus saya sebagai pengguna bisa apa?

      Saya yakin Kalau Kakak bisa komunikasi dengan baik dengan CS tentang permasalahan yang Kakak alami, maka pasti bisa terselesaikan permasalahan tersebut.

      Terimakasih πŸ™
  3. fhatonah17
    fhatonah17
    05 April, 2024
    Datang kesini karna problem yg sama. Beli kuota freedom apps fun yg 12 GB eh gak berkurang sama sekali malah pulsa kesedot trus, sedih sih sayang bgt ini. Kira² kalo beli kuota biasa yg freedom apps fun hangus gak ya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 April, 2024
      Aman Kak. Kalau Kakak beli Freedo Internet, maka yg freedom apps fun tidak akan hangus.
  4. Unknown
    Unknown
    14 Februari, 2024
    Apakah untuk paket freedom apps intertaintmen harus memiliki paketan utama?soalnya saya tidak ada paketan utama dan tidak bisa membuka tiktok padahal untuk paket apps intertaintmen ada khusus tiktok
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 Februari, 2024
      Saya sudah pernah menggunakan Paket Freedom Apps Fun 12GB tanpa ada paket internet lainnya Kak. Hasilnya sebagian besar aplikasi bisa saya akses (termasuk TikTok) Kak. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca pada tulisan saya [ Pengalaman Menggunakan Freedom Apps Fun Indosat IM3 Ooredoo ]
  5. Unknown
    Unknown
    13 Februari, 2024
    Freedom apps games 12GB saya 100% utuh, dan sama skali tidak bsa di gunakan, padahal sudah nelas2 tertera itu paket khusus game MobileLegendBangBang, Free fire, dan PUBG, lantas buat apa saya buang cuma2 20rb, klo tdk berguna sama skali.
    1. Unknown
      Unknown
      14 Februari, 2024
      Nah gw sama kayak gini kejadian nya, seharusnya ga terjadi nih seperti ini .. yang ada gw sebagai pengguna INDOSAT, malah bingung beli paket , kan lumayan 20rb
    2. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 Februari, 2024
      Kalau untuk Game Online, saya belum pernah mencobanya Kak. Hanya saja kalau untuk Paket Freedom Apps Fun sudah pernah saya coba dan sebagian besar aplikasinya bisa saya akses. Sebaiknya dikonsultasikan langsung ke CS Indosat IM3 agar segera dibantu untuk penyelesaian kasusnya Kak.
    3. Unknown
      Unknown
      24 Mei, 2024
      saya baru saja mengalami ini tidak bisa akses gam
      aku udah memenuhi syarat apk yang harus digunakan tapi tetap sama saja tidak bisa digunakan sama sekali
      rugi bngt sia² beli untuk game tapi tida bisa akses gamenya
    4. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 Mei, 2024
      Apakah Kakak tidak memiliki kuota internet utama saat ini?
  6. Unknown
    Unknown
    01 Februari, 2024
    Kak klo kuota apps fun yg 12 gb apa tidak bisa digunakan di luar kota, contoh sya daftar nya di kab. Bulukumba terus sya pake di kabupaten lain. Apakah kuota apps fun nya tidak bisa digunakan?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      01 Februari, 2024
      Kuotanya bisa digunakan dimana saja (seluruh Indonesia) yang tercover jaringan Indosat IM3 Ooredoo Kak.

      Jadi, meski daftarnya di Kabupaten Bulukumba, maka kuotanya tetap bisa digunakan di daerah lain.
  7. Unknown
    Unknown
    31 Desember, 2023
    Rugi beli kuota apps fun gak bisa di pake padahal tertera di my im3 akses untuk beberapa aplikasi tapi gak bisa sama sekali
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      01 Januari, 2024
      Duh, sepertinya kok banyak yang mengalami hal yang sama ya Kak 😫

      Jujur saya dah mencoba dan bisa terpakai semua. Coba silakan hubungi CS Indosat IM3 Ooredoo untuk penyelesaiannya Kak πŸ™‚
    2. Unknown
      Unknown
      24 Maret, 2024
      Bener 2 x sy beli pke dana jd gk guna jg gk bisa akses jg
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Maret, 2024
      Seperti saran saya sebelumnya, silakan Kakak hubungi CS Indosat IM3 agar dibatu penyelesaiannya ya Kak.
  8. Unknown
    Unknown
    23 Desember, 2023
    Sudah daftar paket 12gb 20rb tapi tidak bisa untuk putar YouTube. Padahal tertera bisa untuk FB, YouTube ll
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 Desember, 2023
      Kalau berdasarkan pengalaman dan pengujian yang saya lakukan terhadap paket Freedom Apps Fun 12GB kuotanya bisa terpakai semua Kak (sesuai dengan aplikasi yg tercover). Kalau permasalahannya seperti yang Kakak sampaikan, sepertinya harus menghubungi CS Indosat IM3 Ooredoo ke nomor 185 Kak πŸ™‚
    2. Unknown
      Unknown
      10 Januari, 2024
      Saya jugak sama kak,gabisa digunakan gimana caranya ya
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Januari, 2024
      Kalau memang tidak bisa digunakan sama sekali, sebaiknya hubungi CS Indosat IM3 saja Kak.

      Mungkin penggunaan paket freedom apps fun antara pelanggan satu dengan pelanggan lainnya bisa berbeda-beda. Ada yang bermasalah dan ada juga yang tidak bermasalah. Kalau berdasarkan pengalaman dan pengujian saya terhadap paket tersebut memang tidak ada masalah Kak.
  9. Anonim
    Anonim
    22 November, 2023
    Saya baru aja berlangganan paket Freedom apps entertainment 12gb dimana sebelumnya saya masih mempunyai kuota utama sebanyak 1gb. Kemudian saya coba untuk buka ig dan tik tok itu cuman berkurang 200mb yg kuota freedom apps nya sedangkan kuota utamanya kesedot hingga tinggal 700mb. Itu kenapa yaa?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 November, 2023
      Yang 200MB itu memang benar untuk akses TikTok & IG Kak. Sedangkan yg 300MB (kuota utama) bisa jadi terpakai untuk layanan lainnya Kak.

      Perlu diketahui bahwa selama data internet aktif, meski Kakak tidak buka aplikasi apapun, pasti ada proses download & upload yg berjalan di latar belakang.

      Sebagai contoh update aplikasi terkadang bisa jalan sendiri. Aplikasi WA juga berjalan sendiri meski tidak dibuka aplikasinya, dan masih banyak lainnya Kak πŸ™‚
  10. Anonim
    Anonim
    23 Oktober, 2023
    Kuota freedom apps fun 12GB sebulan saya juga tidak bisa di gunakan, sudah berkali-kali chat dan berkali-kali di cek oleh admin Indosat nya tapi ttp tidak ada perubahan. Tolong ini gimanaa sayang banget kalo sampe kebuang😭
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      23 Oktober, 2023
      Jujur saya juga bingung harus jawab gimana Kalau semisal Kakak sudah menghubungi CS Indosat akan tetapi kuotanya belum bisa digunakan. Saya sendiri saat ini masih menggunakan paket freedom apps fun 12GB (30 hari), dan kuotanya tetap bisa terpakai, bahkan sekarang tinggal 1GB (mau habis).

      Memang benar ketika Paket Freedom Apps Fun 12GB diaktifkan dan kita tidak memiliki Paket Freedom Interet, maka ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diakses. Untuk lebih jelasnya, Kakak bisa baca tulisan saya lainnya yang berjudul [Pengalaman Menggunakan Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3 Ooredoo]
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Anonim
    Anonim
    30 September, 2023
    gak bisa buat watsap ,cuma YouTube FB doang, rugi deh
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 September, 2023
      Kalau Kakak membelinya Freedom Apps YouTube maka yang bisa diakses hanya aplikasi YouTube saja Kak. Apabila Kakak mengaktifkan Freedom Apps Fun maka aplikasi yang bisa diakses adalah aplikasi Netflix, Viu, YouTube, Joox, Reso, Spotify, FB, IG, Snapchat, dan TikTok.

      Semisal Kakak ingin bisa akses semua plikasi (termasuk WA) maka bisa beli Paket Freedom Internet.
  13. Anonim
    Anonim
    25 September, 2023
    Saya membeli paket freendum fun apps 20k 12gb tpi tidak bisa digunakan?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 September, 2023
      Kalau untuk akses aplikasi Netflix, Viu, YouTube, Joox, Reso. Spotify, Facebook, Instagram, Snapchat, dan TikTok, seharusnya bisa Kak. Apakah untuk buka aplikasi yg saya sebutkan tersebut juga tidak bisa?
    2. Anonim
      Anonim
      30 September, 2023
      Saya juga tidak bisa di gunakan sama sekali paket saya pdhl baru beli dan pulsa saya berkurang
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 September, 2023
      Bisa diinformasikan lebih detail kondisinya Kak? Semisal Kakak membeli Kuota Apps yang jenis apa? Kemudian apakah Kakak juga memiliki paket lainnya yang masih aktif? Rencananya saya juga mau membeli lagi paket freedom apps fun untuk membuktikan apakah paket tersebut sedang bermasalah atau tidak πŸ™‚
    4. Syaikh
      Syaikh
      04 November, 2023
      Sama saya jg seperti itu. Paket freedom apps fun (youtube, ig, fb dll) gk bisa digunakan
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 November, 2023
      Kalau berdasarkan pengalaman saya, kuotanya bisa dipakai untuk buka YouTube, IG, FB, TikTok, dan lainnya yg tercover paket freedom Apps Fun Kak.

      Memang sih, ketika kita hanya memiliki satu paket yang aktif (freedom Apps Fun), maka ketika buka Spotify terdeteksi offline dan tentunya kuota ga bisa digunakan.
    6. Unknown
      Unknown
      10 November, 2023
      Saya juga gabisa di gunakan kak , yang pake apps fun , padahal mau nonton Netflix malah kuota yg kepotong bukan yang khusus Netflix nya ..
    7. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 November, 2023
      Kalau Netflix kebetulan saya tidak berlangganan dan belum pernah mencoba mengaksesnya menggunakan kuota Freedom Aps Fun Kak. Saran saya, segera hubungi CS Indosat agar segera dibantu keluhannya Kak. Sayang sekali kalau untuk akses Netflix akan tetapi kuotanya tidak bisa digunakan.
    8. Unknown
      Unknown
      13 Desember, 2023
      Saya habis beli paket freendom apss fun 12gb 20k tpi gabisa di pakai solusinya gimana kakk
    9. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      14 Desember, 2023
      Saya sudah memberikan ulasan dan membagikan pengalaman saya di blog ini ketika menggunakan paket freedom Apps Fun 12GB baik ketika digunakan secara tunggal ataupun digunakan bersamaan dengan paket lain (freedom internet).

      Hasilnya adalah paket freedom Apps Fun 12GB bisa digunakan. Hanya saja ketika paket tersebut digunakan tunggal, maka jangan harap bisa akses aplikasi WhatsApp, Line, atau browsing Google, karena yang didukung hanya beberapa aplikasi saja.

      Kalau Kakak memiliki pengalaman lain (yang berbeda dengan yang saya alami), solusi dari saya adalah sebaiknya Kakak hubungi CS Indosat IM3 Ooredoo untuk menyelesaikan permasalahannya.

      Semoga kuotanya bisa digunakan πŸ™‚
  14. Unknown
    Unknown
    10 Maret, 2022
    Saya beli paket Kouta frendum u yg 10000 ko TDK bisa digunakan buat Vidio kenapa ya.dan kalau malam jam satu malam bisa emangnya saya perlu buat malam kalau siang TDK bida
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 Maret, 2022
      Hai Kak, untuk kuota freedom U harusnya ada kuota utama dan bisa digunakan full 24 Jam tanpa batasan waktu penggunaannya. Apabila Paket freedom U Kakak masih baru dan ketika dicek kuota utamanya masih tersedia, maka Kakak wajib komplain apabila kuotanya tidak bisa dipakai untuk akses Vidio di Jam tertentu.
  15. Unknown
    Unknown
    08 Maret, 2022
    ko lemot ya pake kuota apps fun , ngirim story wa pun ngga ke kirim
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 Maret, 2022
      Apakah jaringan internet ditempat Kakak sedang gangguan? Apakah kuota utama Kakak masih ada? Bisa jadi penyebabnya Pulsa Safe yang membuat kecepatan menjadi lambat.
  16. Unknown
    Unknown
    23 Desember, 2021
    Kenapa Kuota apps tidak bisa di gunakan?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      23 Desember, 2021
      Jenis kuota Apps yang Kakak miliki apa?
    2. Unknown
      Unknown
      13 Februari, 2024
      Freedom apps games 12gb 100% tdk bs di gunakan, sedikitpun tdk bisa, padahal yg tertera sudah jelas MobileLegendBangBang, free fire, dan PUBG, lantas buat apa saya buang cuma2 20rb klo gak berguna sama skali?
  17. Unknown
    Unknown
    17 Juli, 2021
    Apakah streaming di facebook menggunakan kuota utama atau kuita aplikasi saya beli paket freedom u 2 gb+7.5 aplikasi
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      19 Juli, 2021
      Kalau Server videonya dari Facebook, harusnya menggunakan Kuota Aplikasi Kak.
  18. Unknown
    Unknown
    20 Juni, 2021
    Saya baru beli paket freedom internet kuota utama 12G dan belum bisa digunakan. Sebelumnya sy pakai paket internet kuota dobel 5+5G dengan pulsa safe. Tapi semua kuotanya baik kuota utama 1 dan 2 juga kuota zone sdh habis. Bagaimana cara saya supaya kuota 12G tsb bisa digunakan?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 Juni, 2021
      Hentikan paket internet dobel kuota 5+5GB Kak. Selama paket tersebut masih aktif, maka yang akan dipakai adalah pulsa safe yang sangat lemot dan mungkin hampir tidak terasa kecepatannya 😊
    2. Unknown
      Unknown
      11 Agustus, 2021
      Cara menghentikan paket sebelum nya gimana a kak?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 Agustus, 2021
      Coba melalui aplikasi MyIM3 Kak.
  19. Unknown
    Unknown
    14 Juni, 2021
    Sy juga beli paket Indosat fun TDK bisa dipakai makanya searc gmna caranya agar terpakai , no cs Indosat brpa ya kk ? Sy cek ini internetan pakai pulsa safe yg super lemot.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      14 Juni, 2021
      Coba hubungi nomor 185 Kak 😊
    2. Unknown
      Unknown
      15 Juni, 2021
      Sudah KK dan begitulah jawabnya pulsa ku TDK mencukupi , ku wa juga indostnya to blsan wa robot trus baru aja mau ngobrol dg agennya sdh balik LG dijawab robot pokoknya gemesin bgt Indosat , biasanya sy beli kuota internet tp coba freedom apps to malah ndk bisa dipakai ini nanti HBS tglnya sia sia deh kuotaku
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 Juni, 2021
      Apakah selain paket freedom Apps Fan, masih ada paket yang masih berjalan Kak? Kalau saya lihat, Kakak menggunakan pulsa safe yang merupakan fitur dari paket sebelumnya. Kemungkinan itu yang membuat kuotanya tidak berfungsi Kak.
  20. Unknown
    Unknown
    27 April, 2021
    Jadi cara nya gimn ya kak? Ini aku baru beli freedom apps fun jugaa yg 10gb, tp pas coba buka yutub gabisa kak gimn ya cara nya pliss, nanya ke cs tp gangerti 😭😭
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 April, 2021
      Kalau benar bahwa CS nya tidak bisa memberikan solusi, maka ganti kartu saja Kak. Kalau sinyal di daerah Kakak yang terbaik adalah Indosat Oredoo maka saya sarankan pakai kartu MPWR saja ;)
  21. Unknown
    Unknown
    01 April, 2021
    Paket kuota freedom fun 10 gb gk bisa di pakai
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 April, 2021
      Kasusnya sama dengan komentar di atas Kak. Coba hubungi CS Indosat IM3 untuk menyelesaikannya Kak :)
    2. Unknown
      Unknown
      24 April, 2021
      Gabisa
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 April, 2021
      Waduh... Kalau Indosat Ooredoo yang memiliki layanan saja tidak bisa memberikan solusi, trus mau gimana lagi Kak? :)

      Eh, maksudnya tidak bisa menghubungi CS Indosat Ooredoo atau memang CS nya tidak bisa membantu?
    4. Unknown
      Unknown
      30 Agustus, 2021
      Cara nya gimana ka

    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Agustus, 2021
      Hubungi nomor 185 menggunakan nomor Indosat Im3 yang digunakan untuk meghubungi CS Kak.
    6. Unknown
      Unknown
      20 Desember, 2021
      Iyh punya aku juga GK bisa d pakai
    7. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 Desember, 2021
      Ikut sedih mendengarnya karena kasus ini dah lama terjadi. Coba hubungi CS Indosat Kak.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Anonim
    Anonim
    03 Februari, 2021
    Freedom fun 10 giga tidak bisa di pakai
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Februari, 2021
      Silakan Kakak lihat gambar di atas, kuotanya bisa dipakai kok Kak 😊

      Coba Kakak hubungi CS Indosat IM3 saja 😊
    2. Unknown
      Unknown
      15 April, 2021
      Gk bisa kak
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 April, 2021
      Sudah hubungi CS Indosat IM3 Kak?