Mengenal Paket Freedom Apps Indosat IM3 Ooredoo

Hadir tanpa adanya layanan Pulsa Safe (yang banyak dikeluhkan oleh pelanggan), Paket Freedom Apps ditawarkan oleh Indosat IM3 Ooredoo kepada para pelanggannya. Hadir dengan harga mulai dari Rp 3.800, Freedom Apps memberikan beberapa pilihan variasi dan harga yang bisa sahabat pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Pengertian & Fungsi

Paket Freedom Apps Indosat IM3 Ooredoo adalah paket yang didalamnya terdapat kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi tertentu (tergantung dari paket yang dipilih). Jadi fungsi dari Paket Freedom Apps adalah untuk mengakses aplikasi tertentu yang sudah ditentukan oleh Indosat IM3 Ooredoo.

Pilihan & Harga

Ada 2 macam paket Freedom Apps yang ditawarkan oleh Indosat IM3 Ooredoo yaitu Freedom Apps FUN dan Freedom Apps Edu. Sesuai dengan namanya bahwa Freedom Apps FUN bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi yang sering dipakai dalam keseharian, sedangkan Freedom Apps EDU bisa digunakan untuk menunjang kerja dan belajar secara online.

[1] Freedom Apps FUN

Aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota Freedom Apps FUN adalah YouTube, Netflix, Vidio, VIU, Instagram, TikTok, FreeFire, AOV, KlikDokter, AloDokter, RCTI+, Joox, Spotify, FB, Twitter, Snapchat, WhatsApp, PUBG, COD, GoJek, Grab, TokoPedia, BukaLapak, dan Shopee. Ada 3 pilihan paket Freedom Apps FUN yang ditawarkan oleh Indosat IM3 Ooredoo, yaitu sebagai berikut.

Kuota

Masa Aktif

Harga

2GB

7 Hari

Rp 11.800

6GB

15 Hari

Rp 24.800

10GB

30 Hari

Rp 39.800


[2] Freedom Apps EDU

Aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota Freedom Apps Edu adalah Google Classroom, Google Meet, Zoom, Microsoft Teams, WebEx, Ruangguru, Quippers, Zenius, Cakap, Rumah Belajar, Sekolahmu, Ayo Belajar, dan beberapa portal universitas yang bisa sahabat lihat [Di sini]. Ada 4 pilihan paket Freedom Apps EDU yang ditawarkan oleh Indosat IM3 Ooredoo, yaitu seperti yang tertera pada tabel di bawah ini:

Kuota

Masa Aktif

Harga

2GB

2 Hari

Rp 3.800

6GB

7 Hari

Rp 9.800

10GB

15 Hari

Rp 14.800

30GB

30 Hari

Rp 24.800


Cara Menggunakan

Kuota Apps akan terpakai ketika sahabat mengakses aplikasi yang tercover dalam paket Freedom Apps. Kuota Apps yang terdapat dalam Paket Freedom Apps FUN atau EDU bisa digunakan secara bersamaan dengan semua paket yang disediakan oleh Indosat IM3 Ooredoo, kecuali paket Freedom U dan paket Edukasi yang memang sudah memiliki akses sepuasnya ke beberapa aplikasi.

Cara Membeli

Untuk mengaktifkan Paket Freedom Apps FUN maupun EDU, sahabat bisa melakukannya dengan mudah melalui kode dial UMB *123# atau kode *123*445#. Sahabat juga bisa membelinya melalui menu Kuota Apps yang terdapat di aplikasi myIM3. Sahabat bisa mendapatkan aplikasi myIM3 secara gratis di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan di App Store (bagi pengguna iPhone).

Catatan

Apabila sahabat memiliki pulsa reguler dan berniat membeli paket Freedom Apps FUN atau EDU, maka saya sarankan agar sahabat memiliki kuota utama. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi agar pulsa reguler tidak tersedot karena adanya akses layanan ke pihak ketiga yang berada dalam aplikasi atau background aplikasi lainnya yang berjalan di Gadget yang sahabat gunakan.

Untuk cek pemakaian kuota Apps FUN dan EDU, sahabat bisa melakukannya dengan mengakses kode dial *123# atau menggunakan aplikasi myIM3. Saya pribadi adalah orang yang tidak terlalu suka dengan paket yang dibagi-bagi penggunaannya, meski demikian keputusan untuk membeli paket tersebut atau tidak, sahabat yang menentukan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Paket Freedom Apps Indosat IM3 Ooredoo
  1. Kalau kuota sudah di beli, tapi tidak bisa di gunakan itu bagaimana ya solusinya ?

    BalasHapus
  2. Sudah tlpn cs 2 kali katanya mau di bantu supaya paket bisa di gunakan tapi apa daya sampe sekarang tak ada jawaban lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut sedih mendengarnya Kak ☹️
      Kok Cs nya tidak responsif ya... Kalau Cs nya saja tidak bisa, trus siapa lagi. Oh iya, apa ada paket yang masih aktif (tetapi kuotanya sudah habis) Kak?

      Hapus
  3. Ka emang kalo mau beli paket Freedom apss EDU harus ada freedom combo yg aktif? Saya transaksi selalu gagal dengan pemberitahuan pulsa tdk cukup/dlm masa tenggang. Padahal pulsanya lebih dan masa aktif masih lama. Nanya ke beberapa cs nya pendapat sama analisanya beda-beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdasarkan informasi yang saya ketahui, kuota Apps Edu bisa digunakan bersamaan dengan paket freedom lainnya (kecuali freedom U) Kak. Seharusnya yang paling tahu dan bisa memberikan solusi mengenai permasalahan Kakak adalah CS Indosat IM3 Ooredoo. Kalau jawabannya berbeda-beda malah saya pertanyakan "Beneran CS atau bukan itu?". Coba hubungi lagi CS nya Kak :)

      Hapus
  4. Freedom apps fun apakah kita bisa nonton youtube sepuasnya tanpa batasan? Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Kak. Jadi untuk akses YouTube ya tetap pakai kuota Freedom Apps Fun Kak :)

      Hapus
    2. Kalau udh beli fun tapi gk bisa dipake youtub gimana dong solusi

      Hapus
    3. Coba dulu akses YouTube menggunakan browser Kak. Kalau tetap tidak bisa, silakan hubungi CS Indosat Ooredoo Kak.

      Hapus
    4. keterangannya aplikasi bebas kuota padahal, di provider kadang2 gampang banget ngibulnya kalo ga teliti sebelum beli

      Hapus
    5. Benar Kak. Harus teliti kuncinya :)

      Hapus
  5. udah beli paket fredom apk fun tapi tdkbisa digunakan .mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih bisa Kak. Apakah ada paket lain yang sudah habis kuotanya (akan tetapi masih aktif) Kak? Kalau ada, nonaktifkan paketnya Kak.

      Hapus
    2. Gabisa dinonaktifkan kak gimn yaa? Kakak cara nonaktifkannya gimanaa yaa

      Hapus
    3. Coba masuk ke aplikasi myIM3 kemudian hentikan salah satu paket yang akan dihentikan Kak :)

      Hapus
  6. Mending mana Ya Sama Freedom internet ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ingin bebas penggunaannya, mending Freedom Internet Kak 😊

      Hapus
  7. kalau thetring paket apps edu ke hp yang lain apakah bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara teori harusnya bisa Kak. Dicoba saja gapapa 😊

      Hapus
  8. Saya beli Freedom Apps Edu 30 hari gak bisa waktu saya pakai sama sekali ke aplikasi ruangguru gak bisa sama sekali, padahal saya coba wa sama playstore lancar, ada solusinya tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buka WA dan Play Store lancar, malah kuota yang terpakai bukan kuota Freedom Apps Edu Kak. Jujur saja memang penggunaan kuota di kartu Indosat IM3 Ooredoo cukup membingungkan Kak. Banyak yang mengeluh... Saya sarankan Kakak hubungi CS Indosat IM3 saja Kak untuk menyelesaikannya.

      Hapus
  9. Jika beli kuota free apps jika kuotanya abis apakah bisa menikmati kuota free apps itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takutnya kalau kuota pada paket yang satunya habis (semisal freedom internet), maka yang akan berjalan adalah pulsa safe Kak. Nanti jadi sangat lemot Kak... Saran saya antisipasi hal tersebut Kak. Sebaiknya ketika membeli paket Freedom Apps juga harus dibarengi dengan memiliki kuota utama Kak.

      Hapus
  10. Gimana caranya agar kuota edukasi bisa jadi kuota reguler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pengaturannya menggunakan VPN Kak, tapi ilegal 😊

      Hapus