Pengertian dan Fungsi Pulsa Safe Indosat Im3 Ooredoo

Indosat Im3 Ooredoo memiliki fitur yang belum dimiliki oleh operator seluler lainnya yang disebut dengan Pulsa Safe. Dengan adanya pulsa safe, memungkinkan pengguna layanan internet indosat tetap bisa berselancar menggunakan internet meskipun kuota internetnya sudah habis. Selain itu pulsa safe juga bisa menjadi pelindung agar pulsa yang sahabat miliki tidak habis setelah kuota internet yang sahabat miliki habis.
Jadi pengertian dari pulsa safe indosat im3 ooredoo adalah fitur yang bisa menolong pengguna kartu indosat agar tetap bisa internetan meski kuotanya sudah habis & untuk melindungi pulsa agar tidak habis akibat kelebihan pemakaian internet. Jadi pulsa safe bisa berfungsi sebagai kuota internet cadangan dan juga bisa sebagai pembatas pemakaian pulsa.

Agar lebih jelas dan bisa memahami fungsi dari pulsa safe indosat, nanti akan saya berikan contoh fungsi dari pulsa safe indosat im3 saat menjadi cadangan kuota internet dan juga menjadi sebagai pembatas pemakaian pulsa. Saat ini ada beberapa paket internet indosat im3 ooredoo yang terlindungi pulsa safe indosat, yaitu sebagai berikut:
Paket
Tarif Pulsa Safe
Im3 Ooredoo Starter Pack
Rp 10.000 / Hari
Paket Yellow
Gratis
Paket Unlimited
Rp 10.000 / Hari
Paket Freedom Combo
Rp 10.000 / Hari
Paket Freedom Internet
Gratis
Bila sahabat lihat tabel di atas, maka sahabat bisa melihat ada 2 macam tarif pulsa safe. berikut adalah perbedaan antara pulsa safe (gratis) dan pulsa safe (Rp 10.000/hari):

Pulsa Safe (Gratis)

  • berfungsi sebagai pulsa cadangan, sehingga setelah kuota internet yang sahabat miliki habis, maka sahabat masih tetap bisa menggunakan internet dengan pulsa safe tersebut.
  • Internet gratis yang diberikan oleh pulsa safe kecepatannya tidak full dan ada kuotanya (pemakaian wajar). Sebagai contoh pulsa safe (gratis) pada paket yellow kuotanya hanya 50MB dan kecepatannya hanya 64kbps.
  • Setelah pulsa safe gratis habis, maka otomatis koneksi internet akan dihentikan.

Pulsa Safe (Rp 10.000/hari)

  • Berfungsi sebagai pembatas pemakaian pulsa. Contoh: Apabila pulsa reguler yang sahabat miliki adalah 40 Ribu, dan ketika kuota internet yang sahabat miliki habis maka otomatis maksimal pulsa yang akan terpotong hanya 10 Ribu.
  • Kecepatan dari pulsa safe adalah normal dan tarifnya adalah Rp 5/KB. Dengan begitu kuota pulsa safe (Rp 10.000) adalah 2000KB atau 2MB.
  • Setelah pulsa safe (2MB) habis, maka koneksi internet otomatis akan terputus dan tidak menyedot pulsa lagi.

Menurut saya pulsa safe yang dikeluarkan oleh indosat im3 ooredoo tidak terlalu istimewa dan kurang membantu pelanggannya. Bayangkan saja meski gratis, kuota 50MB dengan kecepatan 40Kbps bisa digunakan untuk apa? Pulsa 10 Ribu hanya dapat kuota 2MB itu menurut saya mahal banget hehehe...

Berdasarkan beberapa pengalaman pengguna indosat im3 ooredoo yang mengeluhkan tentang pulsa safe, saya kira akan lebih baik apabila Indosat ooredoo menerapkan apabila pelanggannya tidak memiliki kuota internet, maka koneksi internet otomatis akan terputus dan tidak menyedot pulsa reguler. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengertian dan Fungsi Pulsa Safe Indosat Im3 Ooredoo
  1. Kalo semisal kuota habis dan kita enggak ada pulsa/kurang untuk pulsa safe apakah tetap dihentikan internetnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung Kakak menggunakan pulsa safe yang mana? Kalau yang free, ya tetap bisa dipakai Kak. Masalahnya adalah speednya sangat lambat 😁

      Hapus
    2. Aku gk ada pulsa tapi bisa internetan ktanya pake pulsa safe. Itu ngutang dlu apa gimana si

      Hapus
    3. Tenang saja tidak ngutang Kak 😊
      Selama bisa dipakai, dipakai saja 😊

      Hapus
  2. Balasan
    1. Jangan ambil resiko dengan pulsa safe Kak. Mending pakai yang kuota reguker saja.

      Hapus
    2. Gimana cara pake kuota reguler ka ? Pilih paket yang mana ?

      Hapus
    3. Kalau ingin beli yang hanya kuota reguler (utama), beli yang paket Freedom Kak. Ingat, hanya Freedom (tanpa ada embel-embel lainnya Kak) 😊

      Hapus
  3. Bagaimanapun yg namanya PT tetap tak mau rugi...apalagi indosat...banyak iklan yang bergentayangan..menawarkan produk kuota....tetep aja ludes..kuota ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai pengguna, kita harus jeli dalam melihat suatu promosi Kak 😊

      Hapus
  4. Paket saya masih 13gb, tapi pulsa safe nya malah aktif. Tau gak cara ngatasinnya gimana? Soalnya masa aktif paket udah mau abis jadi takut munazir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau dari mana kalau pulsa safenya aktif Kak? Pulsa safe akan aktif setelah kuota lainnya habis Kak.

      Hapus
    2. Ya taulah, kan di apk myim3 tertera jumlah pulsa safe nya.. Dan kuota utama malah ga berkurang

      Hapus
    3. aku pakai apknya dr dlu ga ada keteranagan pulsa safe(?) kuota bonus kali yang kaka lihat, jadi yang berkurang yg bonus dulu, kalau habis baru yg utama yg kesedot.. atau pulsa yg cashback biasanya kepakai duluan.

      Hapus
  5. Pulsa safe udah aktif duluan. Kuota utama malah ga aktif. Gimana sih urutan pemakaiannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulsa safe akan aktif setelah paket utama habis Kak. Apakah Kakak beli paket dobel? Maksudnya sebelum paket yang pertama masa aktifnya sudah habis, Kakak beli paket baru?

      Hapus
  6. Kak kemaren beli koutta 4gb terus besoknya beli 3gb, itu nambah apa hilang, kok sekarang tak cek udah habis padahal baru seminggu..
    Mohon di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung paket yang dibeli Kak. Sama atau tidak jenisnya?

      Hapus
  7. Ribet amat, lebih baik seperti di akhir artikel ini, contoh provider tri, kuota habis langsung berhenti koneksi internetnya dan gak nyedot pulsa walau data selulernya on.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Selain Tri, operator by.U juga demikian. Ketika kuota internet habis, maka akan berhenti internetnya dan tidak memalak pulsa reguler.

      Hapus
  8. Saya mau tanya, kuota internet sya masih bnyak, tetapi btas pemakaian wajarnya sudah maksimal,dan ada keterangan pulsa safe di aktifkan!pertanyaan saya knapa gak kuota internet saja yg dihabiskan, kenapa harus pulsa safe yg diaktifkan, tlg dojlesakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak,

      Sebelumnya bisa dijelaskan terlebih dahulu Paket yang Kakak beli? Apakah kuota yang Kakak dapatkan terbagi-bagi kuotanya? Semisal iya, apakah ada salah satu kuota yang unlimited? Kalau melihat kalimat yang Kakak sampaikan tadi, kemungkinan ada salah satu kuota unlimited yang sudah mencapai FUP (batas pemakaian wajar). Makanya sampai sekarang saya kurang suka dengan yang namanya pulsa safe tersebut Kak. Kalau sistemnya bagus, seharusnya tanpa pulsa safe maka yang terpakai adalah kuota internet utama dulu (bukan pulsa safe). Kecepatan normal kalau Kakak beli kuota Extra. Emang ribet kalau kuotanya dibagi-bagi Kak 😁

      Hapus
  9. Paket q 9GB kok kena pulsa save...internetan jadi lemot layanan gak memuaskanπŸ‘ŽπŸ‘Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur saja saya juga bingung kenapa layanan pulsa safe terus dipertahankan ditengah banyaknya pelanggan yang kecewa. Mungkin Kakak perlu membeli paket Xtra Kuota agar kecepatannya kembali normal.

      Hapus
  10. Mengapa Pulsa safe saya tdk bisa Buat Buka aplikasi bpjstk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tidak bisa Kak, akan tetapi kecepatan pulsa safe tidak memungkinkan untuk membuka aplikasi BPJSTK Kak 😁

      Hapus
  11. Kalo gt percuma Ya pake Pulsa safe

    BalasHapus
  12. Ohh aku pake freedom yang 25gb.. pantes udah abis masih bisa dipake takut ngutang .. ternyata ini fungsinya beli mahal punya cadangan

    BalasHapus
  13. Kak kalok new freedom internet itu menurut kakak gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti freedom internet Kak, hanya saja ada pulsa safe nya juga. Meski begitu, Saya lebih memilih paket tersebut dibandingkan dengan paket freedom U atau freedom unlimited.

      Hapus
  14. Sebelumnya saya beli paket new freedom internet yang 5GB/sebulan, tapi belum sampai sebulan paket saya abis. Lalu saya beli lagi Paket new freedom internet yang 13GB, terus saya internetan kok lambat banget, bahkan nonton video whatsapp pun lemot banget, apa lagi main IG parah banget. Apakah mungkin pulsa safe dari yang 5GB masih aktif ya.. Tau gak cara ngatasinnya gimana? Sayangkan 13GB gk kepake. Mohon bantuannya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indosat IM3 memang membingungkan sistemnya Kak. Banyak kejadian yang membingungkan ketika kecepatan sangat lambat. Bisa jadi karena pulsa safe dan bisa jadi karena jaringan memang sedang lambat Kak. Harusnya kalau ada kuota utama, pulsa safe-nya otomatis akan berhenti Kak. Kalau untuk lebih jelasnya, saya sarankan Kakak hubungi CS Indosat saja ya...

      Hapus
  15. Saya kan beli paket 5gb untuk 3 hr .. lah isinya 3gb/3hr kuota utama + 2gb/3hr kuota extra .. maksudnya gmn ya kuota extta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tulisannya hanya kuota Extra, berarti kuota tersebut adalah kuota tambahan (bonus) Kak. Kuota tersebut akan terpakai terlebih dahulu sebelum menggunakan kuota utama Kak. Jadi dinikmati saja :)

      Hapus
  16. saya aktifkan paket 50GB tapi kenapa ada pulsa safe... paket saya ngak jalan kecepatan lemot banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang mengalami hal seperti itu Kak, solusinya adalah silakan hubungi CS Indosat IM3 ya Kak :)

      Hapus
  17. Hallo kak.. mau tanya, cara berhenti dari pulsa safe gimana ya.??
    Ceritanya gini saya beli paket internet 7gb/7hari (pulsa safe). Belum ada 7hari paketnya udah saya unreg karena koneksi lamban. Setelah unreg otomatis berhenti berlangganan dong tapi kok pulsa saya malah berkurang dikit demi sedikit, padahal data tidak terkoneksi.
    Apakah itu termasuk dari pulsa safe
    Udah telfon CS katanya suruh turunin mobile koneksi ke 2G
    Tolong penjelasannya kak.. bingung dengan pulsa safe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulsa safe itu hanya bekerja ketika data diaktifkan Kak. Jadi harusnya pulsa tidak terpotong asalkan tidak terhubung dengan internet.

      Saya juga bingung maksudnya CS tersebut Kak. Apa hubungannya antara 2G dengan pengurangan pulsa pada kondisi data posisi Off.

      Harusnya CS Indosat bisa memberikan solusi dibandingkan saya Kak 😊

      Hapus
    2. Emboh kak, marai bingung
      10 tahun pake indosat ngene-ngene wae, sinyale elik wkw

      Hapus
    3. Coba sambil pakai operator lain Kak 😁

      Operator² yang baru juga bagus² Kak 😊

      Hapus
  18. Kuota bonus udah abis dan ada paket freedom unl. baru beli tapi kenapa lambat ya apa itu efek pulsa safe?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau efek pulsa safe adalah setelah kuota habis Kak. Memang agak membingungkan sistemnya Indosat IM3, karena banyak orang yang mengalami hal yang sama dengan Kakak. Coba Kakak hubungi CS Indosat saja untuk kepastiannya Kak 😊

      Hapus
  19. Inikan saya kasusnya sama nih tiba tiba ada pulsa safe yang aktif padahal baru beli kuota jadinya internetan lambat betul. Nah apakah pulsa itu ada batasnya yg jika kita gunakan terus akan habis kemudian akan kembali ke normal atau bagaimana? Mau unreg takutnya hilang paket yang baru beli tadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau setahu saya, ketika pulsa safe jalan solusinya adalah Kakak beli Extra kuota agar kecepatan menjadi normal kembali Kak 😊

      Kecepatan normal apabila paket yg sudah ada pulsa safe nya habis masa aktifnya Kak.

      Hapus
    2. Memang benar ya indosat kacau betul urutannya..btw thanks penjelasannya

      Hapus
    3. Kadang memang membuat pelanggan Gemez Kak 😁 Iya, sama-sama Kak 😊

      Hapus
  20. Haduh lama lama indosat kek T** ,, masak kuota 20Gb udah habis terus ada pulsa safe , ane isi lagi 20Gb , kok malah kcepatan lemot parah , bikin bete

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Paket sebelumnya yang sudah habis kuotanya dinonaktifkan dulu Kak 😊

      Hapus
  21. Kak cara menghapus kuota safe gimana sih? Soalnya udah beli kuota tapi kuota nya nggak berkurang malah kuota safe yang aktif,jaringan nya jadi lemot banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Paket sebelumnya dinonaktifkan Kak. Kalau di aplikasi myIM3 bisa dihentikan Kak.

      Hapus
  22. Gan, saya beli kuota longlife yang 2 bulan terus kuota bulan ke-1 habis.
    Terus saya dapat kuota bantuan dari sekolah tapi gk kepakai karena pulsa safe aktif.
    Itu solusinya gmn ya?
    Kalo paket longlife di nonaktifkan, apakah akan menghentikan paket bulan ke-2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut sedih mendengarnya Kak. Setahu saya, kalau kita memiliki kuota internet, kemudian mendapatkan kuota bantuan kemendikbud maka yang akan terpakai terlebih dahulu adalah kuota bantuan terlebih dahulu. Kuota bantuan kan masa aktifnya 1 bulan Kak, jadi apa tidak akan lebih enak kalau menunggu hingga kuota longlife ditambahkan lagi pada bulan kedua?

      Atau Kakak coba beli paket Extra Indosat agar internetan menjadi normal kembali Kak. Setelah itu, coba lihat kuota mana yang terpakai dahulu. Apakah kuota bantuan kemendikbud atau kuota extra Indosatnya.

      Kalau menurut saya, kalau paket Longlife nya dihentikan, maka yang bulan kedua juga akan ikut berhenti Kak. Kalau masih ragu, maka Kakak bisa hubungi CS Indosat IM3 :)

      Hapus
  23. Jujur saya sedih sekali, beli paket freedom pulsa safe katanya, saya beli 38 GB trus lemot sekali jalannya😒 padahal butuh perjuangan penuh untuk beli paketan 38 GB ya Allah sedih, positif saja mungkin belum rejekinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, jangan sedih dulu ya... 😊

      Jadi, selama Kakak masih memiliki kuota utama 38GB, harusnya kecepatannya masih normal Kak. Mungkin saja penyebab lemot adalah karena sinyal atau jaringan di tempat Kakak sedang kurang bagus. Selain itu, bisa juga pengaruh paket yang sebelumnya belum dinonaktifkan Kak. Semoga segera kencang kembali ya...

      Hapus