-->

Pengalaman Belanja di Tokopedia Menggunakan Jenius Pay

Berawal dari keinginan saya untuk membeli sebuah TV BOX Android, akhirnya saya memutuskan untuk membelinya di salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia (Tokped). Setelah selesai memilih barang berdasarkan spesifikasi dan harganya, selanjutnya untuk mendapatkan barang tersebut, tentu saja saya harus menyelesaikan pembayaran barang tersebut.
Sebenarnya ada banyak metode yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Tokopedia seperti menggunakan OVO, KlikBCA, BCA KlikPay, BRI e-Pay, OCTO Clicks, JakOne Mobile Bank DKI, LinkAja, dan lain sebagainya. Meski demikian, hari ini saya memutuskan untuk membayar sekaligus mencoba melakukan pembayaran menggunakan Jenius Pay.

Cara / Tutorial

Sangat mudah dan sederhana, berikut adalah cara untuk melakukan pembayaran di Tokopedia menggunakan Jenius Pay:
  • Setelah selesai memilih barang yang akan dibeli dan kemudian yakin untuk membeli barang tersebut, selanjutnya sahabat akan dibawa ke halaman pembayaran. Pada halaman tersebut, silakan pada kolom Metode pembayaran, sahabat pilih [Lihat Semua].
  • Pada halaman Metode Pembayaran, silakan sahabat pilih [Jenius Pay].
  • Sahabat akan dibawa lagi ke halaman Pembayaran. Silakan sahabat memasukkan $Cashtag Jenius yang sahabat miliki. Langkah selanjutnya, silakan sahabat pilih tombol [Bayar].
  • Tetap di halaman pembayaran, selanjutnya akan muncul petunjuk urutan cara pembayaran menggunakan Jenius Pay.
  • Langkah selanjutnya, silakan sahabat buka aplikasi Jenius di HP yang sahabat gunakan. Pastikan bahwa saldo di rekening Jenius BTPN yang sahabat miliki mencukupi untuk melakukan pembayaran. Selanjutnya, silakan sahabat buka notifikasi yang posisinya berada di pojok kanan atas.
  • Pada halaman notifikasi akan muncul Permintaan dari Tokopedia yang meminta uang sebesar harga yang sudah disepakati waktu belanja di Tokopedia. Untuk menyelesaikan pembayaran, silakan sahabat pilih tombol [BAYAR].
  • Pada halaman Jenius Pay akan muncul informasi mengenai total pembayaran, informasi saldo, dan lain sebagainya. Silakan sahabat pilih [LANJUT] untuk melanjutkan pembayaran.
  • Akan muncul halaman yang berisi konfirmasi pembayaran. Kalau sahabat sudah yakin ingin menyelesaikan pembayaram, silakan sahabat pilih tombol [BAYAR].
  • Akan muncul halaman yang menginformasikan bahwa pembayaran sudah selesai.
  • Apabila sahabat cek di aplikasi Tokopedia, maka otomatis status pembayaran “sudah dibayar”, selanjutnya tinggal menunggu respon dari penjual untuk pengiriman barang.

Catatan

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang sering saya kunjungi untuk melakukan transaksi pembelian. Kebetulan saya memiliki saldo di dompet digital OVO, jadi saya bisa gunakan saldo tersebut untuk mengurangi biaya pembayaran di Jenius Pay. Jadi apabila sahabat memiliki saldo OVO, maka saldo tersebut bisa digabungkan dengan alat pembayaran lain di Tokopedia.

Biasanya kalau saya melakukan pembelian di Tokopedia, saya akan mendapatkan cashback berupa OVO Point. Meski tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi belanja, akan tetapi setidaknya poin yang terkumpul tersebut bisa digunakan untuk melakukan pembelian pulsa. Jadi apabila sahabat memiliki OVO point yang banyak, silakan sahabat tukar dengan pulsa atau lainnya.

Kalau sahabat melakukan transaksi di Tokopedia menggunakan OVO, maka jumlah cashback yang sahabat dapatkan biasanya akan lebih besar apabila dibandingkan dengan sahabat melakukan pembayaran menggunakan metode lain yang tersedia di Tokopedia. Meski demikian, pembayaran pakai metode apapun saya kira tidak ada masalah asalkan lancar.

Menurut saya, melakukan pembayaran di Tokopedia menggunakan metode pembayaran Jenius Pay sangat mudah dilakukan. Yang terpenting adalah sahabat memiliki Rekening Jenius BTPN dan tentunya dalam rekening tersebut juga sudah terdapat saldo yang mencukupi untuk melakukan pembayaran barang belanja yang sahabat beli.

Ketika sahabat melakukan pembayaran menggunakan Jenius Pay di Tokopedia, maka akan ada biaya administrasi tambahan Rp 1.000 yang sudah masuk dalam tagihan pembayaran. Bagi sahabat yang ingin membuat rekening Jenius BTPN, maka sahabat bisa melakukannya secara online. Jadi sahabat bisa membuatnya hanya dengan duduk di rumah tanpa harus datang ke Bank.

Untuk memulai membuat Rekening Jenius BTPN, sahabat bisa memulainya dengan download aplikasi Jenius secara gratis di Google Play Store (Bagi sahabat pengguna Android), dan di App Store (Bagi sahabat pengguna iPhone). Salah satu yang saya sukai dari Jenius adalah tidak adanya biaya Administrasi bulanan yang dibebankan kepada nasabah. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Belanja di Tokopedia Menggunakan Jenius Pay