-->

Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited MAX Telkomsel

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa telkomsel mengeluarkan Paket Internet UnlimitedMAX yang bisa sahabat beli hingga 5 kali dalam satu bulan. Meskipun dilabeli dengan internet unlimited, akan tetapi kuota unlimited yang ditawarkan oleh telkomsel tersebut terbagi menjadi dua jenis.
Kuota unlimited yang pertama adalah kuota internet unlimited dengan FUP (Fair Usage Policy). Jadi sahabat tetap bisa mengakses internet sepuasnya meski kuota internet nasional dan kuota internet lokal yang sahabat miliki sudah habis. Meski sepuasnya, kecepatan yang akan sahabat terima setelah kuota nasional dan lokal habis adalah 128 Kbps.

Perlu sahabat ketahui bahwa 128 Kbps (Kilobits per second) sama dengan 16 KBps (Kilobytes per second). Dengan kecepatan tersebut, tentu saja sahabat tidak akan bisa leluasa untuk mengakses beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang mumpuni seperti streaming Video, Musik, dan Game Online.

Kuota unlimited yang kedua adalah kuota internet apps (real unlimited). Jadi kuota jenis ini akan memberikan kecepatan internet normal selama paket Unlimited MAX yang sahabat miliki masih dalam keadaan aktif. Sebagai informasi bahwa semakin mahal paket unlimitedMAX yang sahabat beli, maka semakin banyak unlimited Apps yang bisa sahabat nikmati.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah aplikasi-aplikasi yang bisa sahabat akses secara unlimited tanpa penurunan kecepatan meski kuota internet nasional dan lokal dari paket internet unlimited MAX yang sahabat miliki sudah habis:
  • Aplikasi WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 20K.
  • Aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 30K dan 50K.
  • Aplikasi YouTube, MAXstream, Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 70K, 100K, dan 120K.

Dari paparan yang sudah saya sampaikan di atas mengenai 2 jenis kuota unlimited yang terdapat pada paket unlimitedMAX Telkomsel, maka sekilas bisa sahabat lihat mengenai kelebihan dan kekurangan dari paket tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut saya ringkas mengenai kelebihan dan kekurangan dari paket unlimited MAX.

Kelebihan

Dengan adanya kuota unlimited apps real unlimited tanpa FUP membuat sahabat tetap bisa mengakses beberapa aplikasi tanpa adanya penurunan kecepatan. Sahabat juga tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan 128Kbps (di luar aplikasi yang tercover unlimited apps) setelah kuota internet nasional dan lokal yang sahabat miliki habis.

Selain kuota internet yang unlimited, harga yang ditawarkan dalam paket unlimited MAX juga bisa dibilang cukup murah apabila dibandingkan dengan harga paket internet telkomsel pada umumnya. Pilihan paket yang bervariasi juga membuat sahabat bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan internet dan budget yang sahabat miliki.

Kekurangan

Dengan adanya FUP yang membuat kecepatan internet akan diturunkan menjadi 128Kbps setelah kuota internet nasional dan lokal habis, tentu saja akan membuat kenyamanan sahabat dalam mengakses internet beberapa aplikasi menjadi terganggu. Kalau menurut saya kecepatan 128Kbps itu terasa sangat lambat.

Kuota internet lokal yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan kuota nasional tentu saja akan menjadi masalah apabila sahabat adalah orang yang sering bepergian keluar kota. Kuota lokal hanya bisa sahabat nikmati di area tertentu (tempat sahabat mengaktifkan paket internet telkomsel unlimitedMAX).

Paket unlimitedMAX tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna telkomsel, akan tetapi paket tersebut hanya bisa dinikmati oleh pelanggan yang umur kartunya belum genap 6 bulan. Selain itu, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa paket tersebut hanya bisa dibeli maksimal 5 kali dalam satu bulan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari paket internet unlimited MAX, setidaknya ada satu hal yang bisa diapresiasi dari paket tersebut. Adanya ‘real unlimited’ meskipun hanya pada beberapa aplikasi saja, tetap saja cukup menggembirakan bagi pelanggan telkomsel yang membutuhkan akses internet unlimited tanpa memikirkan Kuota Internet. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited MAX Telkomsel
  1. Balasan
    1. Saat ini tidak ada Kak, akan tetapi Kakak tetap bisa mengakses TikTok dengan kecepatan 128kbps (tetapi saya jamin tidak lancar). Kaau ingin kuota TikTok unlimited, Kakak bisa beli kuota ketengan unlimited TikTok 😊

      Hapus
  2. Saya Pernah beli Paket 20k UnliMax
    Setelah kuota utama habis biasanya masih bisa buat login ke game PUBG
    Tapi stelah bbrpa minggu gak bisa
    Akhirnya saya beli lagi tuh paket yg sama
    Dan stelah kuota utama nya habiss saya fikir akan bisa sperti paket yg pertama walau hanya bbrpa minggu

    Tapi skrg malah tidak bisa diakses sma skali buat game online 😭😭 gimana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, berdasarkan informasi yang saya dapatkan, sepertinya kebijakan telkomsel berubah. Semula kecepatan setelah FUP adalah 128Kbps, sekarang berubah menjadi 64kbps. Tentu saja dengan kecepatan seperti itu, maka akan sangat lambat sekali. Mungkin penyebabnya hal tersebut Kak 😁

      Hapus
    2. Tapi ketika pertama kali beli paket itu bisa akses ka walau cuma ada sekitar mau 2 minggu . Saya fikir mungkin FUP nya sudah melampaui batas

      Maka dari itu saya membeli lagi paket trsbut tapi ketika kuota utama sudah habis ternyata malah sama tidak bisa aksess jugaa

      Hapus
    3. Kemungkinan waktu itu kebijakan tentang kecepatannya masih 128kbps Kak, jadi masih bisa meski agak lambat 😀

      Hapus
    4. Memangnya kebijakannya baru banget dirubah kak??

      Hapus
    5. Memangnya kebijakannya baru banget dirubah kak??

      Hapus
    6. Saya baca tadi di paket combo sakti UnlimitedMAX berubah kecepatannya setelah FUP hanya menjadi 64kbps. Menurut saya dengan kecepatan seperti itu, ya sama aja bohong 😅

      Hapus
  3. Kalaupun Fup Dirubah Jadi 64kbps.
    Harusnya pas setelah kuota utama saya habis . Masih stay di 128kbps. Dong kak .
    Gimana yahh apa harus membeli kartu baruu dengan kuota yang sama ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dirubah menjadi 64kbps, ya otomatis yang semula 128kbps akan berubah menjadi 64Kbps Kak. Bisa dibayangkan 8kbps seperti apa?

      Hapus
    2. Oh sperti itu kak
      Disini bru sya paham
      Apa kebijakanya dirubah nya baru2 ini kak??

      Hapus
    3. Saya malah baru baca tadi pagi Kak 😁 Setelah Kakak berkomentar, saya kaitkan kemungkinan hal itu adalah penyebabnya Kak. Coba beli GamesMAX saja kalau hoby Game Online Kak.

      Hapus
    4. Oke kak
      Kalopun sya beli GamesMax kayanya harus didorong sma kuota utama juga kak
      Begitu klo sya liat informasi dari gamers pengguna2 tsell

      Hapus
    5. Iya benar Kak. Kalau menurut saya, apabila pengguna Tsel ingin membeli paket atau kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, maka sangat disarankan untuk memiliki kuota utama Kak. Hal tersebut dilakukan agar nantinya kalau punya pulsa reguler, maka tidak tersedot untuk pemakaian internet.

      Hapus
  4. Oke kak trimksih bnyk atas informasi nyaa .
    Dan dgn sngt cepat respon nya 🙏🙏 .
    Smoga berkah dan brmanfaat buat org2 yg cari2 infoo 🙏🙏

    BalasHapus