Pengertian FUP (Fair Usage Policy) Paket Internet Unlimited

Ketika sahabat membeli paket internet unlimited, pasti harapan sahabat adalah internet yang sahabat pakai tidak bisa habis (unlimited) meskipun dipakai sepuasnya. Meskipun demikian, banyak juga dari para pengguna internet di Indonesia yang tidak mengetahui bahwa dibalik internet unlimited yang digunakan, tersebut terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu berupa peraturan penggunaan data internet (FUP). Hampir semua paket internet unlimited yang disediakan oleh provider kartu cellular menawarkan paket internet unlimited dengan FUP yang berbeda-beda. Agar sahabat pembaca paham mengenai FUP dalam paket internet unlimited, maka akan saya berikan contoh mengenai Fair usage policy pada paket internet.

fup-pada-paket-internet-unlimited
Sebagai contoh semisal sahabat membeli paket internet unlimited 1 bulan dengan FUP 2GB dari salah satu operator seluler di Indonesia (indosat, telkomsel, xl, tri atau operator seluler lainnya). Maksud dari pembelian paket sahabat tersebut adalah sahabat bisa menggunakan data internet sepuasnya tanpa dibatasi kuota (unlimited) selama satu bulan dengan kecepatan maksimal selama penggunaan kuota internet sebelum mencapai 2GB (FUP). Karena paket internet yang sahabat beli adalah  unlimited, maka meskipun sudah mencapai FUP tetapi sahabat masih bisa internetan sepuasnya tetapi dengan kecepatan yang berubah sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh penyedia jasa operator seluler. Semisal sebelum mencapai FUP kecepatan internet yang sahabat pakai adalah 14Mbps, kemudian setelah mencapai FUP kecepatan internet sahabat menjadi 64Kbps atau 128Kbps (tergantung dari operator masing-masing). Untuk mengetahui kecepatan internet dan jumlah pemakaian kuota internet, sahabat bisa menggunakan aplikasi bandwidth Meter pada komputer dan juga menggunakan aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet pada smartphone android yang bisa sahabat bisa membaca artikel saya aplikasi android untuk mengetahui kecepatan dan kuota internet.

Setelah sahabat sudah memahami pengertian FUP pada internet unlimited, maka sahabat harus pandai-pandai dalam memilih paket internet unlimited yang akan sahabat gunakan. Banyak para pengguna internet unlimited yang sering tidak tau penyebab kecepatan internet tiba-tiba kecepatannya berkurang alias lemot, sehingga perlu mengetahui tentang hal ini. Selain mengetahui tentang Fair usage policy, sahabat juga perlu mengetahui cara menghitung kuota internet. Untuk lebih memahami tentang cara menghitung kuota internet, sahabat bisa membaca artikel saya cara menghitung kuota data internet.

Pengertian FUP (Fair Usage Policy) Paket Internet Unlimited