-->

Mengenal Paket Internet Telkomsel UnlimitedMAX

Ditengah persaingan bisnis jasa telekomunikasi seluler di Indonesia yang semakin sengit, para operator seluler berlomba-lomba untuk menggaet pengguna jasa telekomunikasi. Demikian juga dengan Telkomsel, untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan baru, telkomsel mengeluarkan paket internet Unlimited MAX.
Meski dilabeli dengan internet unlimited, akan tetapi ada beberapa hal yang harus sahabat ketahui mengenai paket unlimitedMAX Telkomsel. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian, jenis kuota, harga, cara membeli, dan catatan mengenai paket internet unlimited MAX.

Pengertian

Paket unlimitedMAX Telkomsel adalah paket internet unlimited yang khusus diberikan kepada pelanggan baru telkomsel yang umur kartunya tidak lebih dari 6 Bulan. Jadi bagi sahabat pengguna kartu telkomsel lama (termasuk saya) bisa dipastikan saat ini tidak bisa membeli paket tersebut, kecuali ada kebijakan baru dari Telkomsel mengenai nomor yang bisa membelinya.

Bagi sahabat yang ingin menikmati paket internet unlimitedMAX Telkomsel, sedangkan nomor yang sahabat miliki sudah lebih dari 6 bulan, maka sahabat bisa membeli perdana Telkomsel yang bisa digunakan untuk membeli paket unlimited MAX. Sahabat bisa membelinya di konter atau marketplace yang menjual perdana yang bisa digunakan untuk membeli paket tersebut.

Jenis Kuota & Kecepatan

Meski unlimited, paket internet unlimitedMAX Telkomsel terdiri dari beberapa jenis kuota. Berikut adalah jenis, fungsi dan kecepatan dari masing-masing jenis kuota dari paket unlimited MAX:
  • Kuota nasional yaitu kuota internet yang bisa digunakan untuk mengakses konten apa saja, bisa digunakan full 24 Jam di semua jaringan (2G, 3G, dan 4G), serta bisa digunakan diseluruh wilayah Indonesia. Kecepatan dari kuota nasional adalah normal.
  • Kuota lokal yaitu kuota internet yang secara fungsi hampir sama dengan kuota utama, hanya saja yang membedakan adalah kuota tersebut hanya bisa digunakan di wilayah tertentu saja. kecepatan dari kuota lokal adalah normal.
  • Kuota unlimited Apps (lokal kuota) adalah kuota internet yang khusus hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Line, Facebook, Instagram, Youtube, MAXStream, GamesMAX, dan MusicMAX. Kecepatan dari kuota Apps adalah normal.
  • Kuota internet unlimited adalah kuota internet yang bisa digunakan untuk bisa mengakses apa saja (setelah kuota nasional dan lokal habis). Kecepatan dari kuota ini adalah 128Kbps (Kilobits per second) atau 16KBps (Kilobytes per second).

Harga & Pembagian kuota

Ada 6 jenis paket internet unlimitedMAX yang ditawarkan oleh Telkomsel. Seperti biasanya bahwa semakin mahal harga dari paket internet, maka semakin banyak juga kuota yang akan sahabat dapatkan. Berikut adalah harga dan pembagian kuota dari paket unlimited MAX:

[1] UnlimitedMAX 20K
  • Kuota Nasional 0.5GB
  • Kuota Lokal 2.5GB
  • Unlimited Apps WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX
  • Harga Rp 20.000

[2] UnlimitedMAX 30K
  • Kuota Nasional 1GB
  • Kuota Lokal 6GB
  • Unlimited Apps Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX
  • Harga Rp 30.000

[3] UnlimitedMAX 50K
  • Kuota Nasional 2GB
  • Kuota Lokal 13GB
  • Unlimited Apps Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX
  • Harga Rp 50.000

[4] UnlimitedMAX 70K
  • Kuota Nasional 2GB
  • Kuota Lokal 23GB
  • Unlimited Apps Youtube, MAXstream, Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX
  • Harga Rp 70.000

[5] UnlimitedMAX 100K
  • Kuota Nasional 3GB
  • Kuota Lokal 35GB
  • Unlimited Apps Youtube, MAXstream, Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX
  • Harga Rp 100.000

[6] UnlimitedMAX 120K
  • Kuota Nasional 5GB
  • Kuota Lokal 50GB
  • Unlimited Apps Youtube, MAXstream, Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX
  • Harga Rp 120.000

Cara Membeli

Untuk membeli paket internet unlimitedMAX Telkomsel bisa dilakukan menggunakan beberapa cara. Berikut adalah 4 cara membeli paket unlimited MAX:
  • Dengan menggunakan kode dial UMB *363#
  • Dengan menggunakan kode dial *181# dan aplikasi Digipos.
  • Dengan memilih menu internet di aplikasi myTelkomsel.
  • Dengan mengunjungi outlet Telkomsel terdekat.

Catatan

Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa paket Internet UnlimitedMAX Telkomsel bisa dibeli oleh nomor telkomsel yang umurnya belum sampai 6 bulan, sehingga paket tersebut bisa dibeli hingga 6 bulan (sejak pertama kali pembelian kartu perdana). Dalam satu bulan, sahabat bisa membeli paket tersebut maksimal 5x. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Paket Internet Telkomsel UnlimitedMAX
  1. Apakah paket ini bisa di pakai d kota selain yang di tentukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kak (kecuali kuota lokalnya). Kebetulan dalam paket ini kuota lokalnya lebih besar dibandingkan dengan kuota utama (nasional) Kak.

      Hapus
  2. Apakah paket ini bisa di pakai untuk game online sperti FF PUBG ML dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kok punya saya tidak bisa buka youtube

      Hapus
    2. Ingat, Hanya paket internet UnlimitedMAX 70rb, 100rb, dan 120rb yang bisa mendapatkan unlimited Youtube dengan kecepatan penuh Kak. Kalau yang dibeli selain itu, akses Youtube tetap masih bisa, akan tetapi sangat lambat. Oh iya, kalau kuota utamanya habis, akses youtube via browser ya Kak :)

      Baca di: [Pengalaman Kuota Ketengan YouTube Tidak Bisa Digunakan]

      Hapus
  3. apakah paket untuk Unlimited Apps berbasis kuota lokal juga, maksudnya hanya lancar pada tempat/kota registrasi kartu kalau dibawa keluar kota akan sangat lambat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pemahaman saya, Iya Kak. Karena merupakan kuota lokal, maka hanya bisa digunakan di lokasi tertentu agar bisa mendapatkan kecepatan maksimal. Sehingga kalau digunakan di luar kota, maka akan memakai kecepatan yang 128kbps Kak.

      Hapus
    2. oh begitu yah.. pantesan saja, saya registrasi dan beli paket ini di kota 1, saya pakai youtube aman2 saja, setelah berpindah ke kota yang satunya, kuota nasionalnya kepake sampai habis, dan setelah itu, ya betul untuk akses youtubenya menjadi sangat lambat yah kisaran itu 16KB/s untuk ngangkat 240p saja di youtube sangat keteteran loading dmana mana.. :(

      Hapus
  4. Berarti kalau kartu perdana ini sudah 6 Kita tidak bisa beli paket unlimited lagi ya,maaf kurang mengerti😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang saya jelaskan dalam artikel ini bahwa paket ini bisa dibeli dalam 6 bulan sejak pengaktifan kartu perdana, meski demikian bisa jadi ada kebijakan Telkomsel tentang pembelian paket ini. Yang pasti, bisa digunakan untuk membeli selama 6 bulan Kak 😁

      Hapus
  5. Kak mau tanya ini saya beli di shopee, udah chat penjual untuk daerah JATIM tapi dikirim daerah JABAR dan gk mau tanggung jawab...apakah kartunya bisa dipakai di daerah jatim ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sepengetahuan saya, kuota lokal Telkomsel bisa digunakan di daerah ketika pengguna mengaktifkan paketnya. Jadi kalau menurut saya, meski kartunya adalah kartu Jawa Barat, akan tetapi karena kartunya diaktifkan di Jawa Timur dan diaktifkan di Jawa Timur, maka seharusnya kuota lokalnya bisa digunakan di Jatim Kak. Tapi sekali lagi, itu hanya analisis saya Kak. Semoga analisis saya benar, dan bisa digunakan ya Kak ;)

      Hapus
  6. Kuota lokalnya daerah mana aja ya kak,punya saya ga bisa di pake yang lokal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada penjelasan khusus dari telkomsel mengenai kuota lokal dalam Paket Internet UnlimitedMAX Kak, akan tetapi kalau sepengetahuan saya, kuota lokal Telkomsel bisa digunakan di tempat mengaktifkan paketnya. Seandainya tidak bisa digunakan kuota lokalnya di tempat mengaktifkan paket, maka saya sarankan untuk menghubungi CS Telkomsel Kak.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Apa iya sampai 6x beli, punya adik aku cuma 1x beli dah ilang tuh paket, maka udah terlanjur isi pulsa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam syarat dan ketentuan yang berlaku memang disebutkan bisa dibeli selama 6 bulan sejak pembelian kartu perdana. Selain itu dalam sebulan maksimal bisa dibeli hingga 5x Kak 😊

      Hapus
  9. kak tulisannya balinusra, tapi kenapa cuma lombok sama mataram aja kak, apa di bali bisa dipake kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya BaliNusra itu adalah kelompok wilayah pembuatan kartu Kak. Kalau masalah lokasi yang bisa membeli paket tersebut hanya beberapa daerah yang ditentukan saja Kak. Mungkin untuk pertanyaan Kak Merry, agar jawabannya lebih pasti, saya sarankan Kakak hubungi CS Telkomsel saja sebelum membeli kartunya Kak 😊

      Hapus
  10. Mbak, bisikin link paketannya donk, saya cuma bisa beli via dial *363*838# tapi di cek di myTelkomsel gk ada :(
    Kali aja mbak tau link paketnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Dani, maaf saya belum menemukan link yang mengarah langsung ke aplikasi MyTelkomsel 😊

      Hapus
  11. Heran katanya unlimited tapi kok tiap bulan ngisi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Maksudnya gimana Kak? BUkannya rata-rata paket masa aktifnya adalah 1 bulan? Ya wajar kalau tiap bulan isi pulsa Kak :)

      Hapus
  12. Halo kak. Apa memang benar paket UnlimitedMax ini ada kuota unlimited yg bisa akses apa saja?

    Soalnya deskripsi paket di *363# tidak tercantumkan yg unlimited bebas akses yg 128kbps itu. Jd emang bener ada atau tidak? Soalnya saya mau coba beli karena harganya agak murah daripada yg combo sakti.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Kak, untuk unlimitedMAX terdapat akses unlimited bebas akses dengan kecepatan 128Kbps. Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa kecepatan tersebut sangat lambat hehehe...

      Saran saya pastikan pulsa regulernya habis atau sisakan sedikit saja setelah membeli paket ini. Hal tersebut dilakukan untuk antisipasi kalau sistemnya Telkomsel Error Kak.

      Hapus
    2. Untuk pulsa bukan masalah, karena saya bayarnya pake linkaja hehehe . .

      Baik kak. Terima kasih penjelasannya.

      Hapus
    3. Sama-sama Kak ;)

      Iya, kalau pakai LinkAja lebih aman karena tidak ada sisa pulsa Kak :)

      Hapus
  13. kak mau nanyak saya kan beli unlimited max yg 20 ribu kuota utamanya 3 GB, nanti pas yg 3 GB saya habis apakah masih bisa internetan lagi saya kak?? kan katanya unlimited!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tetap bisa Internetan dengan kecepatan 128Kbps Kak 😁

      Kalau untuk beberapa aplikasi, tetap menggunakan kecepatan normal.

      Hapus
  14. kalo sudah max 5x pembelian unlimited max, apa akan muncul paket combo saktiny & unlimited apps?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah itu, saya belum mengetahuinya Kak (karena tidak disebutkan dalam syarat dan ketentuan). Intinya adalah kebijakan masalah promo, sepenuhnya tergantung dari operator. Jadi Wait & See aja Kak :)

      Hapus
  15. Saya buka yutub ig wa dll kok kuota yg termakan yg kuota lokalny yah? Bukan unlimitednya.. saya beli yg 120k

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota unlimited terpakai setelah kuota lainnya (termasuk lokal dan utama) habis Kak 😁

      Hapus