-->

Pengertian Kuota Internet Unlimited

Apa itu kuota internet unlimited? Mungkin ada beberapa sahabat pembaca yang belum mengerti dengan istilah tersebut. Agar sahabat bisa memiliki gambaran tentang istilah tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada sahabat tentang pengertian, macam, kelebihan, dan kekurangan dari kuota internet unlimited.

Pengertian

Bagi sahabat pengguna kartu seluler Telkomsel, Indosat IM3 Ooredoo, Smartfren, Tri, dan XL Axiata, pasti pernah mendengar istilah paket internet unlimited. Pengertian dari paket internet unlimited adalah paket internet yang memberikan akses internet sepuasnya tanpa batasan kuota. Sedangkan kuota internet unlimited adalah kuota internet yang diberikan tidak ada batasannya.

Macam Pilihan

Sepengetahuan saya hingga saat ini, ada dua jenis kuota unlimited yang sering ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

[1] True Unlimited

Sebenarnya saya lebih senang mengistilahkan kuota internet true unlimited dengan istilah real unlimited karena memang seperti itu seharusnya kuota internet unlimited. Jadi pengertian dari kuota true unlimited adalah kecepatan internet yang diberikan oleh provider dari awal hingga akhir masa berlaku paket tersebut batas kecepatannya tidak pernah diturunkan.

Sebagai contoh adalah ketika saya membeli paket internet unlimited 5 Mbps (Megabits per second) dengan masa aktif 30 Hari, maka selama 1 bulan tersebut, kualitas kecepatan internet yang akan saya dapatkan adalah batas kecepatannya akan selalu sama yaitu 5 Mbps. Contoh paket tersebut bisa sahabat lihat di [Mengenal Paket Real Unlimited 1 Mbps by.U Sebulan Hanya Rp 100.000]

[2] Unlimited FUP

Kuota internet unlimited FUP (Fair Usage Policy) adalah bagian dari paket internet unlimited yang sering dipakai sebagian besar operator seluler di Indonesia. Pengertian dari kuota internet unlimited FUP adalah kuota internet yang diberikan oleh operator tanpa batas, akan tetapi ada penurunan kecepatan internet setelah pemakaian internet dalam jumlah tertentu.

Contohnya adalah ketika saya membeli paket internet unlimited FUP 30GB, maka biasanya akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu setelah pemakaian 30GB maka kecepatan akan diturunkan sesuai kebijakan mereka. Biasanya penurunan kecepatannya tidak tanggung-tanggung, ada yang 128Kbps (Kilobits per second), bahkan ada yang hanya 64Kbps.

Kelebihan

Karena unlimited, maka kelebihan dari kuota internet unlimited adalah terletak pada kuotanya yang tidak akan habis meski dipakai terus menerus. Intinya adalah selama paket internet kuota unlimitednya masih aktif, otomatis sahabat akan tetap bisa internetan sepuasnya. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan bagi sahabat karena tidak harus memikirkan kuota yang digunakan.

Kekurangan

Meski kuotanya unlimited (tidak akan habis), bukan berarti kuota internet unlimited tidak memiliki kelemahan. Karena ada 2 jenis kuota internet unlimited, maka berikut adalah kekurangan dari kedua jenis kuota unlimited tersebut:
  • Kekurangan dari paket / kuota internet True (real) unlimited adalah kecepatan internet yang ditawarkan dari awal hingga akhir sudah ditentukan dan dibatasi. Biasanya, ada beberapa pilihan paket internet real unlimited yang ditawarkan oleh provider. Semakin mahal harga yang ditawarkan, maka kecepatannya akan semakin kencang.
  • Kekurangan dari paket / kuota internet unlimited FUP adalah ketika pemakaian sudah mencapai pemakaian tertentu, maka kecepatan internet akan diturunkan (tergantung dari kebijakan provider yang mengeluarkan produk). Kalau saya lihat dari beberapa paket unlimited, biasanya penurunan kecepatannya akan sangat drastis, bahkan ada yang diturunkan hingga 64Kbps atau 8KBps.

Biasanya harga dari kuota internet unlimited FUP lebih murah dibandingkan dengan yang true (real) unlimited. Saran saya, sebelum sahabat membeli paket internet kuota unlimited dengan FUP, perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku tentang kecepatan internet yang diberikan setelah batas pemakaian tertentu.

Semisal kecepatan internet setelah FUP kecepatan maksimalnya hanya 64Kbps, saya kira dengan kecepatan tersebut untuk pemakaian smartphone dengan beberapa aplikasi yang terpasang di dalamnya tidak akan terlalu terasa manfaatnya. Maksud saya adalah dengan kecepatan segitu maka hampir tidak akan ‘berguna’ bagi penggunanya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengertian Kuota Internet Unlimited