Baca Dulu Sebelum Membeli Paket Internet Unlimited

Mendengar paket internet unlimited pastinya sahabat akan berharap bahwa kuota internet yang akan didapatkan bisa digunakan sepuasnya dan tidak akan habis-habis. Memang benar bahwa paket internet unlimited yang ditawarkan oleh operator seluler bisa digunakan sepuasnya, akan tetapi tahukah sahabat bahwa kecepatan internet yang diberikan operator bisa berkurang kemudian menjadi sangat lambat?

Pada dasarnya ada dua jenis paket unlimited yang ditawarkan oleh provider yaitu Internet True Unlimited dan Internet Unlimited dengan FUP. Internet true unlimited bisa digunakan sepuasnya dan kecepatannya tidak akan menurun meski digunakan terus menerus. Intinya internet true unlimited adalah paket internet unlimited yang sangat diidamkan oleh pengguna internet. Biasanya paket internet true unlimited harganya cukup mahal.

Berbeda dengan paket internet true unlimited, paket internet unlimited dengan FUP biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut tentu saja sangat wajar karena paket internet unlimited dengan FUP meskipun internetnya bisa digunakan sepuasnya, akan tetapi kecepatan yang didapatkan tidak selamanya akan maksimal. FUP membuat kecepatan internet menjadi dikurangi setelah mencapai batas pemakaian tertentu.

Biasanya paket internet unlimited dengan FUP memiliki batas kuota tertentu yang biasanya disamarkan informasinya oleh provider. Kadang mereka menyelipkannya pada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi banyak orang yang kurang teliti dengan adanya pembatasan kecepatan setelah mencapai FUP tersebut. Oh iya, bagi sahabat yang kurang familiar dengan FUP (Fair Usage Policy), maka sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang [Pengertian FUP Paket Internet Unlimited]

Tentu saja syarat dan ketentuan paket internet unlimited dengan FUP yang disediakan oleh tiap operator berbeda-beda. Sebagai contoh Tri memberikan kuota internet unlimited dengan FUP 1GB, kemudian setelah mencapai penggunaan kuota 1GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 256kbps. Contoh lainnya, Indosat IM3 Ooredoo juga memberikan paket unlimited dengan FUP 1GB dan kecepatannya akan diturunkan menjadi 64kbps setelah penggunaannya mencapai 1GB.

Dulu saya pernah menemukan paket true unlimited yang sempat saya tulis di tulisan saya sebelumnya yang berjudul [Real unlimited tanpa FUP! Paket XL Home Unlimited up to 1Gbps]. Sedangkan paket internet unlimited dengan FUP bisa sahabat temukan di Paket internet Axis, Tri, Indosat, Axis, dan lain sebagainya. Saya juga pernah menulis tentang [FUP Indihome Membuat Kecepatan Internet Menurun]

Biasanya ada beberapa operator yang tidak menginformasikan kapan kecepatan akan diturunkan, akan tetapi hanya menginformasikan kecepatan akan diturunkan setelah pemakaian wajar. Sekarang saya yakin setelah sahabat membaca tulisan ini, sahabat tidak akan heran lagi ketika menggunakan paket internet unlimited, kemudian kecepatannya berkurang drastis setelah pemakaiannya mencapai kuota tertentu. Semoga membantu dan bermanfaat.

Baca Dulu Sebelum Membeli Paket Internet Unlimited