Cara Agar Kuota Lokal Bisa Digunakan

Apakah sahabat saat ini mengalami kuota lokal yang sahabat miliki tidak bisa digunakan? Bagi sahabat pengguna kartu yang ada kuota lokalnya seperti kartu telkomsel, Tri (3), dan Indosat IM3 ooredoo, pastinya gemas ketika memiliki kuota lokal akan tetapi kuota tersebut tidak bisa sahabat gunakan sama sekali. Untuk menjawab permasalahan tersebut, saya akan mencoba membagikan tips cara agar kuota lokal yang sahabat miliki bisa digunakan.

Pengertian

Kuota lokal adalah kuota yang hanya bisa digunakan di suatu wilayah / tempat yang telah ditetapkan jangkauannya oleh provider berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang diberlakukan. Jadi secara sederhana, kuota lokal hanya bisa sahabat gunakan di area tertentu yang telah ditentukan oleh penyedia jasa telekomunikasi yang sahabat gunakan.

Fungsi

Sebagai salah satu jenis kuota internet, tentu saja fungsi dari kuota lokal adalah untuk mengakses jaringan internet yang disediakan oleh provider internet seluler. Biasanya kuota lokal memiliki fungsi yang sama seperti kuota utama yaitu bisa digunakan untuk melakukan kegiatan apa saja menggunakan jaringan internet.

Jadi dengan menggunakan kuota lokal, maka sahabat tetap bisa melakukan browsing internet, video streaming, bermain game, chatting, belanja online, dan layanan internet lainnya. Yang membedakan antara kuota internet lokal dengan kuota internet utama (reguler) hanya pada cara penggunaannya saja.

Cara Menggunakan

Berbeda dengan kuota internet utama (reguler) yang bisa digunakan dimana saja di seluruh Indonesia, kuota lokal hanya bisa digunakan di daerah atau wilayah lokal tertentu saja. Yang sering jadi permasalahan adalah pelanggan tidak tahu dimana kuota lokal yang dimiliki bisa digunakan. Seperti yang saya sampaikan di awal tadi bahwa setiap operator seluler memiliki map atau jangkauan sendiri-sendiri, jadi antara provider satu dengan lainnya tidak sama.

Ada beberapa operator seluler yang menginformasikan tetang cakupan area lokal yang dimaksud dalam suatu daerah melalui website atau melalui pesan SMS ketika penggunanya mendapatkan kuota lokal, akan tetapi juga ada yang provider yang tidak menginformasikan secara jelas tentang cakupan wilayah penggunaan kuota lokal. Untuk mengetahuinya dengan jelas dan pasti, sahabat bisa menghubungi Customer service dari penyedia jasa operator seluler tersebut.

Permasalahan & Solusi

Menurut saya ada beberapa permasalahan yang membuat kuota lokal yang sahabat miliki tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi. Berikut adalah permasalahan dan cara atau solusi agar kuota lokal yang sahabat miliki bisa digunakan.

[1] Lokasi Tidak Sesuai

Kalau sahabat mengaktifkan kuota internet yang ada kuota lokalnya sebelum bepergian ke wilayah atau daerah yang cukup jauh jaraknya, saya kira hal tersebut adalah sebagai salah satu penyebab kuota lokal yang sahabat miliki nantinya tidak bisa digunakan. Sebagai contoh sahabat mengaktifkan paket internet yang ada kuota lokalnya ketika berada di Jakarta, kemudian sahabat langsung bepergian dari Jakarta ke Surabaya.

Dengan kejadian tersebut, maka otomatis kuota lokal yang sahabat miliki tidak akan bisa digunakan di Surabaya. Untuk mengantisipasinya, usahakan sahabat mengaktifkan paket internet yang terdapat kuota lokalnya di daerah yang akan sahabat tempati dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu maka kuota internet lokal yang sahabat miliki akan bisa digunakan.

[2] Salah Membeli Voucher

Ada voucher khusus yang hanya bisa digunakan di daerah tertentu saja (sebagai contoh voucher kuota telkomsel). Apabila sahabat membeli Voucher Telkomsel daerah Jabodetabek, kemudian sahabat menggunakan voucher tersebut di luar daerah tersebut seperti Yogyakarta atau lainnya, otomatis voucher tersebut nantinya tidak bisa diaktifkan.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada sahabat, maka sebelum membeli voucher internet pastikan sahabat bertanya kepada penjualnya “Vouchernya berlaku atau bisa digunakan di daerah mana saja?”. Tentu saja setelah bertanya, sahabat bisa memutuskan apakah sahabat akan membeli voucher tersebut atau tidak.

[3] Salah Membeli Paket

Ketika sahabat membeli paket internet yang ada kuota lokalnya melalui konter pulsa, biasanya penjualnya hanya langsung mengeksekusinya tanpa memberitahukan terlebih dahulu mengenai paket tersebut diinject dari mana. Hal tersebut sangat sulit diketahui karena agen pulsa biasanya mengambil sumber dari distributor pulsa yang berbeda-beda.

Sebagai contoh ada distributor pulsa yang menginformasikan bahwa kuota lokal pada suatu paket internet Tri hanya bisa digunakan di wilayah Jabodetabek, akan tetapi biasanya penjual akan abai dan berpikiran bahwa yang penting kuota utamanya bisa digunakan. Mereka mungkin berpikir bahwa kuota lokal hanya bonus saja, sehingga ketika tidak bisa digunakan ya tidak apa-apa.

Solusinya adalah sebelum membeli paket internet yang terdapat kuota lokalnya, pastikan bahwa sahabat bertanya bahwa kuota lokalnya bisa digunakan di daerah mana. Biasanya kalau distributornya dekat dengan daerah yang sahabat tempati, biasanya kuota lokalnya bisa juga digunakan di daerah sahabat.

[4] Lupa Restart HP

Karena kuota lokal berhubungan dengan lokasi, maka tentu saja yang menjadi parameter dalam penggunaan kuota tersebut adalah lokasi yang tersetting di smartphone yang sahabat miliki. Apabila sahabat kemarin berada di Surabaya, kemudian saat ini berada di Semarang, maka kalau sekarang ingin mengaktifkan paket yang terdapat kuota lokalnya, restartlah (matikan kemudian hidupkan) terlebih dahulu HP yang sahabat gunakan.

Tujuannya adalah supaya posisi HP yang terekam (terdeteksi) oleh jaringan telkomsel (yang sebelumnya masih di Surabaya) akan diperbarui ke lokasi yang terbaru yaitu Semarang. Sehingga ketika sahabat mengaktifkan paket internet yang ada kuota lokal (Semarang) maka kuotanya akan bisa digunakan di daerah Semarang dan sekitarnya.

Dari hal-hal yang sudah saya sampaikan di atas, ketika sahabat membeli kuota internet yang di dalamnya terdapat kuota internet lokal, saya harapkan seluruh kuota yang sahabat dapatkan bisa digunakan semua. Untuk lebih mengenal mengenai kuota lokal dari berbagai provider, sahabat bisa membaca tulisan saya lainnya yang berkaitan dengan Kuota Lokal Telkomsel, Tri, dan Indosat IM3 Ooredoo. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Agar Kuota Lokal Bisa Digunakan