Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel (Simpati, Loop, dan Kartu As)

Bila sahabat membeli paket internet telkomsel maka sahabat akan menemukan berbagai macam atau jenis kuota yang berbeda-beda, salah satunya adalah kuota lokal. Kuota ini bisa sahabat temukan ketika membeli perdana ataupun membeli paket internet tertentu menggunakan Dial UMB *363# ataupun menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Karena kuota tersebut bersifat unik dan hanya bisa digunakan di daerah tertentu saja, maka agar sahabat tidak bingung dan mengerti mengenai paket internet tersebut, pada kesempatan kali ini akan saya bahas cara menggunakan kuota lokal di kartu simpati, loop, dan juga kartu as.

Kuota lokal adalah kuota internet yang diberikan oleh telkomsel kepada pelanggannya ketika membeli perdana atau juga membeli paket internet tertentu. Biasanya kuota lokal tersebut bisa digunakan disemua jaringan telkomsel seperti 2G, 3G, dan 4G. Bukan hanya itu saja,  paket tersebut bisa juga digunakan full 24 Jam tanpa pembagian waktu, sehingga kuota lokal mirip dengan kuota flash. Yang membedakan antara kuota flash dan kuota lokal hanya pada jangkauan geografisnya saja. Kalau kuota flash bisa digunakan di seluruh Indonesia, maka kuota flash hanya bisa digunakan di zona tertentu saja.

Kuota lokal internet telkomsel dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kuota lokal dan kuota lokal 4G. Perbedaan dari 2 jenis kuota tersebut adalah kalau kuota lokal bisa digunakan disemua jaringan telkomsel, sedangkan kuota lokal 4G hanya bisa digunakan pada jaringan 4G saja. Persamaan antara keduanya adalah bahwa kuota tersebut hanya bisa digunakan di area tertentu saja yaitu pada wilayah dimana paket tersebut didapatkan (ketika membeli paket internet) atau ketika membeli paket data. Bila sahabat mendapatkan kuota tersebut dalam perdana kartu, maka kuota lokal pada perdana tersebut hanya berlaku di daerah kartu tersebut diproduksi.

Sebagai contoh nomor saya adalah nomor Jawa Tengah yang saya beli sekitar 2 tahun lalu di salah satu konter perdana di Klaten). Saat ini saya berada di Merauke (Papua) dan ketika saya membeli paket internet di sini saya mendapatkan kuota local data. Pertanyaannya adalah dimana kuota internet lokal data saya tersebut bisa digunakan? Jawabannya adalah kuota tersebut hanya bisa digunakan di Merauke (karena saya membelinya di Merauke).

Contoh selajutnya adalah saya membeli perdana Simpati (nomor Madura) Jawa Timur. Dalam kartu perdana tersebut terdapat kuota lokal sebesar 2GB. Kartu tersebut saya bawa dan akan saya pakai di Samarinda (Kalimantan Timur), maka kuota lokal data tersebut tidak bisa saya gunakan di Samarinda, karena kuota tersebut hanya bisa digunakan di area Madura saja.

Cara menggunakan kuota lokal data telkomsel sebenarnya sama saja dengan kuota flash. Yang membedakan hanya areanya saja. Kalau kuota flash bisa digunakan di seluruh Indonesia, sedangkan kuota lokal hanya bisa sahabat gunakan di daerah tertentu saja (di daerah ketika paket tersebut dibeli atau diaktifkan). Semoga membantu dan bermanfaat…
Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel (Simpati, Loop, dan Kartu As) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar