Mengenal Kuota Nonton Telkomsel

Bagi sahabat pengguna kartu Telkomsel Prabayar yang mendapatkan Kuota Nonton atau Kuota Nonton Lokal, Apakah sahabat sudah mengetahui mengenai kuota tersebut? Pengertian Kuota Nonton Telkomsel adalah kuota internet khusus yang bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi Chat, Medsos, Musik, Game, dan hiburan streaming.

Fungsi

Kuota Nonton Telkomsel berfungsi untuk mengakses aplikasi WhatsApp (WA), LINE, TikTok, MusicMAX, GamesMAX, Facebook (FB), Instagram (IG), YouTube, MAXstream, Disney+ Hotstar, Viu, Lionsgate Play, Amazon Prime Video, dan Vidio. Jadi saya yakin bahwa kuota nonton akan habis terpakai mengingat aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sering digunakan sehari-hari.

Sebagai informasi bahwa aplikasi yang tergabung dalam MusicMAX adalah aplikasi LangitMusik, Spotify, JOOX, WeSing, Resso, dan Smule. Sedangkan aplikasi yang tergabung dalam GamesMAX adalah Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Black Desert Mobile, Marvel Super War, Life After, Rise of Nowlin, Arena of Valor, LINE Let’s Get Rich, dan Shellfire.

Jenis

Ada dua jenis Kuota Nonton Telkomsel yaitu umum dan lokal. Kuota Nontol Lokal Telkomsel adalah kuota nonton yang memiliki fungsi yang sama dengan kuota lokal (umum), akan tetapi kuota tersebut hanya bisa digunakan di area atau tempat paket tersebut diaktifkan. Jadi, kelemahan dari kuota nonton lokal adalah tidak bisa digunakan apabila sahabat berpindah-pindah tempat.

Oleh karena hal tersebut, maka sangat disarankan apabila sahabat ingin mengaktifkan paket yang didalamnya terdapat Kuota Nonton Lokal, maka usahakan bahwa sahabat mengaktifkannya sendiri di daerah sahabat tinggal. Kalau saran saya adalah hindari membeli paket secara inject karena dikawatirkan kuota lokalnya nanti tidak bisa digunakan.

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan kuota nonton Telkomsel caranya sangat mudah dan sederhana. Jadi ketika sahabat memiliki kuota nonton dan juga kuota internet utama secara bersamaan, maka ketika sahabat mengakses internet menggunakan aplikasi WhatsApp, YouTube, Facebook, dan aplikasi lainnya yang tergabung dalam kuota nonton, maka otomatis kuota nonton sahabat akan berkurang.

Bagaimana cara menggunakan kuota nonton lokal Telkomsel? Caranya hampir sama dengan ketika sahabat menggunakan kuota nonton (umum), yang membedakan adalah kalau kuota nonton (biasa) bisa sahabat gunakan di seluruh wilayah Indonesia, sedangkan untuk kuota nonton lokal Telkomsel hanya bisa digunakan di daerah atau wilayah tempat mengaktifkan paketnya saja.

Cara Cek Kuota

Cara paling mudah dan sederhana untuk mengetahui sisa kuota nonton Telkomsel adalah dengan cara mengakses kode dial UMB *888#. Sahabat juga bisa mengecek kuota nonton yang sahabat miliki dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi tersebut bisa sahabat dapatkan secara gratis melalui Google Play Store (Pengguna Android) dan App Store (Pengguna iOS).

Catatan

Kuota nonton bisa digunakan kapan saja full 24 Jam tanpa pembagian waktu penggunaannya. Selain itu, kuota tersebut juga bisa digunakan di seluruh jaringan Telkomsel seperti 2G, 3G, 4G, dan 5G. Kuota nonton bisa sahabat gunakan diseluruh Indonesia, kecuali kuota nonton lokal yang hanya bisa digunakan di daerah tempat atau lokasi mengaktifkan paket. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Kuota Nonton Telkomsel
  1. Jadi kuota nonton lokal saya bisa untuk wa kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kak... Selain WA masih banyak lagi (seperti yang saya sebutkan di atas) Kak 😊

      Hapus
    2. saya beli paket unlimited max yg harga 125rb dpat Kouta nonton 15gb tapi kok yg kepotong Kouta utamanya yg 50gb ya pdhal sy mengaktifkanya di rumah dan beli perdana nya di Deket rumah sy ngak pindah2 gimana itu kak? Apakah Telkomsel tipu2 ini? Atau gimana?

      Hapus
    3. Pembuatan kartu perdananya dibuat di area mana Kak? Apakah di daerah Kakak juga? Bisa digunakan asal memang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku Kak.

      Hapus
  2. Kebetulan saya pedagang pulsa.. msh penasaran dgn kuota lokal Telkomsel.. test gunakan YouTube,FB namun msh kuota utama yg terpotong.. saya sendiri yg isi paket nya melalui aplikasi linkaja.. trims,mohon pencerahan nya suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdasarkan pengalaman saya menggunakan kuota nonton (bukan lokal), kuota tersebut terpakai ketika akses YouTube, WA, FB, dan aplikasi lainnya yang sudah saya sampaikan dalam tulisan di atas Kak. Kalau kuota nonton Lokal, harusnya memiliki fungsi yang sama Kak. Yang perlu dicermati adalah syarat dan ketentuan yang berlaku dalam paket tersebut Kak. Bisa jadi permasalahannya pada prioritas penggunaan kuota ataupun juga bisa pada kartu perdana yang dibeli Kak.

      Hapus