Perbandingan Telkomsel Prabayar Vs Pascabayar

Rata-rata penyedia jasa telekomunikasi seluler di Indonesia menawarkan dua layanan model pembayaran yaitu prabayar dan pascabayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan gambaran mengenai Telkomsel Prabayar vs Telkomsel Pascabayar. Bagus mana? Silakan sahabat simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian

Telkomsel Prabayar adalah kartu seluler yang model pembayarannya dilakukan di awal sebelum layanannya bisa digunakan. Jadi setelah membeli pulsa atau paket, layanannya bisa digunakan. Jenis kartu ini adalah model yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Telkomsel hingga saat ini. Contoh produk dari model prabayar Telkomsel adalah Kartu As, Simpati, Loop, dan by.U.
Telkomsel Pascabayar adalah kartu seluler yang model pembayarannya dilakukan di akhir penggunaan setelah layanannya digunakan. Jadi setelah dalam periode tertentu (biasanya dalam satu bulan) layanannya sahabat gunakan, selanjutnya sahabat baru melakukan pembayaran layanan. Contoh produk dari model pascabayar Telkomsel adalah Kartu Halo Telkomsel.

Fungsi

Kalau dilihat dari segi fungsi, baik kartu prabayar atau kartu pascabayar Telkomsel memiliki fungsi yang sama. Keduanya bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet, melakukan panggilan telepon, dan juga mengirimkan pesan SMS. Jadi kalau dilihat dari segi fungsi, antara kartu prabayar dan pascabayar Telkomsel memiliki fungsi yang sama.

Tarif

Biasanya Kartu Halo Pascabayar akan memberikan tarif yang cukup menggoda terhadap calon pelanggannya ketika diawal promosi. Setelah dalam jangka waktu tertentu (bisa 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan) maka tarifnya akan berubah menjadi normal dan biasanya kesan dari penggunanya berubah menjadi mahal.

Kalau Kartu Prabayar Telkomsel tarifnya juga bisa beruba-ubah, akan tetapi tarifnya cederung lebih murah apabila dibandingkan dengan tarif yang diberikan oleh Kartu Halo (pascabayar). Banyak promo yang diberikan pada kartu prabayar Telkomsel, apalagi kalau sahabat menggunakan [Trik Agar Nomor Sering Mendapatkan Promo Paket Murah Telkomsel].

Cara Membayar

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa untuk menggunakan layanan Telkomsel prabayar, maka sahabat perlu melakukan isi ulang pulsa atau melakukan pembelian paket. Untuk nominal pulsa atau paket yang ingin sahabat aktifkan jumlahnya adalah bebas sesuka penggunanya. Bahkan apabila nomornya tidak sahabat isi pulsa dalam jangka satu bulan juga tidak apa-apa.

Dalam kartu Pascabayar sahabat tetap harus membayar tagihan setiap bulannya meski layanannya sahabat gunakan atau tidak digunakan. Biaya pokok bulanan dari kartu pascabayar (Halo Telkomsel) biasa disebut dengan abonemen. Selain biaya abonemen, sahabat juga harus membayar biaya pemakaian apabila ada penggunaan layanan diluar paket bulanan yang sudah sahabat pilih.

Cara Menutup Kartu

Untuk menutup kartu pasca bayar Halo telkomsel, sahabat harus datang ke GraPARI dengan membawa simcard, kartu identitas, kartu keluarga (apabila diperlukan), dan juga uang untuk melakukan pelunasan tagihan kartu Halo. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa membaca tulisan saya yang berjudul [Cara Berhenti Berlangganan Kartu Halo Telkomsel].

Tidak serumit ketika sahabat menutup kartu pascabayar, untuk menutup atau UNREG kartu prabayar Telkomsel bisa dilakukan dengan mudah. Sahabat bisa menutupnya sendiri tanpa harus datang ke GraPARI. Selain itu sahabat juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk menutup kartu prabayar. Baca juga [Berhasil! Cara Mudah UNREG Kartu Telkomsel Lewat SMS].

Migrasi Kartu

Sahabat bisa migrasi atau pindah layanan dari model prabayar ke model pascabayar. Sebaliknya, sahabat tidak bisa melakukan migrasi layanan dari kartu pascabayar (Halo Telkomsel) menjadi model kartu prabayar. Kedengarannya tidak adil ya? Kalau menurut saya memang tidak adil, karena kadang pelanggan prabayar merasa ‘dijebak’ ketika disuruh migrasi ke Kartu Halo.

Kesimpulan

Baik kartu prabayar Telkomsel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja apabila sahabat sudah membaca apa yang sudah saya paparkan di atas maka saya yakin bahwa sahabat sudah memiliki gambaran yang cukup mengenai perbandingan antara kartu prabayar dan pascabayar Telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat.

Perbandingan Telkomsel Prabayar Vs Pascabayar