Mengenal Istilah Abonemen Telkomsel

Berbicara mengenai Abonemen Telkomsel, maka sebelumnya harus sahabat ketahui arti dari kata abonemen itu sendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa arti abonemen adalah hal berlangganan dan juga bisa dimaknai dengan uang untuk berlangganan. Jadi bisa diketahui bahwa abonemen berkaitan erat dengan hal berlangganan.

Kalau merujuk arti dari abonemen, maka secara sederhana bisa diketahui bahwa arti Abonemen Telkomsel adalah uang yang harus dibayarkan untuk berlangganan layanan dari Telkomsel. Selanjutnya apabila mengacu dari produk yang dimiliki oleh Telkomsel, maka yang paling dekat dengan hal tersebut adalah produk pasca bayar Telkomsel yaitu Kartu Halo.
Sebagai informasi bahwa Halo Telkomsel atau yang sering disebut dengan Kartu Halo adalah produk / layanan telekomunikasi seluler pasca bayar yang dimiliki oleh Telkomsel. Jadi sesuai dengan namanya (pasca bayar) maka biaya yang harus sahabat keluarkan adalah setelah pemakaian layanan dalam periode waktu tertentu (Billing Cycle) yaitu 30 hari sekali.

Sebagai kartu pasca bayar, maka dalam Halo Telkomsel juga terdapat abonemen (biaya untuk berlangganan). Jadi meski dipakai atau tidak dipakai layanan dari kartu tersebut, maka pelanggan harus membayar abonemennya. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan ketika sahabat menggunakan layanan prabayar Telkomsel yang memang tidak ada abonemennya.

Besarnya abonemen pada kartu pasca bayar Halo Telkomsel tentunya ditentukan dari paket yang pelanggan miliki. Jadi besarnya abonemen antara kartu pasca bayar Halo Telkomsel yang satu dengan yang lain besarnya berbeda-beda. Biasanya semakin besar benefit yang sahabat dapatkan, maka semakin besar juga biaya abonemen (bulanannya).

Sebagai contoh, saat ini ada beberapa pilihan paket Halo Telkomsel yang ditawarkan oleh Telkomsel. Salah satu paket yang pernah saya ulas adalah Paket Kartu Halo Unlimited 80 Ribu. Maksud dari 80 Ribu dalam paket tersebut adalah biaya abonemennya adalah Rp 80.000/bulan (belum termasuk PPN 10%). Kalau dihitung termasuk PPN adalah Rp 80.000 + Rp 8.000 = Rp 88.000.

Apabila Abonemen pada kartu pasca bayar Halo Telkomsel adalah Rp 100.000, maka belum tentu jumlah uang yang harus sahabat bayarkan setiap bulannya adalah Rp 100.000 + PPN. Perlu sahabat ketahui bahwa 100 Ribu tersebut adalah biaya abonemen atau biaya minimal yang harus sahabat keluarkan.

Tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan kartu Halo adalah biaya abonemen bulanan + biaya tambahan (tergantung penggunaan sahabat). Biaya tambahan tersebut biasanya terjadi apabila kuota dalam paket yang sahabat miliki tidak mencukupi, sehingga sahabat membeli paket lainnya diluar paket bawaan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Istilah Abonemen Telkomsel