Baca Dulu! Sebelum Berlangganan Kartu Halo Unlimited 80 Ribu

Saat ini Kartu Halo merupakan produk satu-satunya kartu pascabayar yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Sesuai dengan jenisnya, pembayaran biaya penggunaan jasa telekomunikasi seperti internet, telepon, dan SMS dibayarkan setelah pemakaian. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan penggunaan pada produk kartu prabayar Telkomsel seperti Kartu As, Simpati, Loop, dan Kartu by.U.

Baru-baru ini Telkomsel kembali mengeluarkan paket baru dalam Kartu Halo yang dinamakan dengan Halo Unlimited 80 Ribu. Dilihat dari namanya, sepintas akan terlihat bahwa paket tersebut akan ditawarkan dengan biaya Rp 80.000/bulan (belum termasuk PPN 10%) dan akan diberikan kuota unlimited (sepuasnya).
Dilihat dari nama, biaya langganan, dan kuota yang ditawarkan (unlimited), sepertinya paket tersebut sangat murah dan menarik. Akan tetapi sebelum sahabat memutuskan untuk menggunakan atau mulai berlangganan paket tersebut, ada baiknya apabila sahabat membaca beberapa poin yang akan saya sampaikan mengenai kartu Halo Unlimited 80 Ribu di bawah ini.

[1] Benefit

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Telkomsel, ketika sahabat mengaktifkan kartu Halo Unlimited 80rb maka sahabat akan mendapatkan beberapa benefit berupa kuota Internet, Apps, Roaming, Nelpon, dan SMS. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah besarnya kuota yang akan sahabat dapatkan setelah berlangganan Kartu Halo Unlimited 80.000.

Kuota

Jumlah

Internet utama

10 GB

Internet roaming

100 MB

Internet daily Apps

Unlimited

Telpon semua operator

60 Menit

SMS semua operator

100 SMS


[2] Internet Unlimited Daily Apps

Dalam hal ini yang dimaksud dengan unlimited adalah bukan untuk mengakses semua aplikasi dan website. Kuota internet unlimited daily Apps hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Line, Tokopedia, Shopee, Lazada, serta aplikasi yang terdaftar di MAXstream, GamesMAX, dan MusicMAX.

Selain itu, ada FUP (Fair Usage Policy) dalam kuota internet unlimited daily Apps. Selama periode tagihan (billing cycle), sahabat hanya bisa menikmati akses internet pada aplikasi daily Apps dengan kecepatan normal sebelum penggunaannya mencapai kuota 3GB. Setelah melewati 3GB, selanjutnya sahahabat hanya akan mendapatkan kecepatan maksimal 1Mbps (Megabits per second).

Perlu sahabat garis bawahi bahwa bukan berarti sahabat akan mendapatkan kecepatan stabil 1Mbps, akan tetapi kecepatan yang disampaikan tersebut (1Mbps) adalah kecepatan maksimal setelah penggunaan kuota 3GB untuk mengakses beberapa aplikasi yang tergabung dalam Daily Apps. Jadi sangat memungkinkan apabila sahabat mendapatkan kecepatan dibawahnya.

[3] Skema Kuota Unlimited

Menurut saya skema pada Kartu Halo Unlimited 80rb sangat tidak menguntungkan penggunanya. Jadi dalam syarat dan ketentuan yang berlaku diketahui bahwa kuota unlimited Daily Apps akan terpakai apabila kuota internet utama sudah habis. Selanjutnya, Telkomsel juga menyarankan agar pelanggannya membeli kuota ekstra setelah kuota internet utama sudah habis.

Dengan adanya skema yang memprioritaskan penggunaan kuota internet utama dibandingkan dengan kuota daily Apps, maka bisa saya katakan bahwa Telkomsel ‘tidak berniat’ dalam memberikan kuota unlimited Daily Apps. Hal itu sama saja memaksa pelanggan untuk cepat menghabiskan kuota internet utama agar bisa menikmati kuota daily Apps.

[4] Biaya Bulanan

Biaya paling sedikit selama 1 bulan ketika sahabat berlangganan kartu Halo Unlimited Rp 80.000 adalah Rp 88.000 dengan rincian biaya paket bulanan (Rp 80.000) + PPN 10% (Rp 8.000). Syarat agar sahabat hanya membayar tagihan minimal, maka pemakaian kuota tidak boleh melebihi dari jatah kuota yang sudah ada dalam paket Halo unlimited 80 ribu.

Itu artinya bahwa sahabat harus pandai-pandai mengatur penggunaan kuota internet utama, telpon, dan SMS yang sahabat miliki. Apabila sahabat ingin menikmati kuota unlimited daily Apps maka sahabat harus menghabiskan kuota utama dan harus membeli kuota ekstra agar bisa tetap lancar dalam berkomunikasi. Dengan begitu tentunya tagihan kartu Halo sahabat akan bertambah.

Catatan

Saya melihat ada ‘jebakan’ marketing dalam promo pada paket unlimited 80K Kartu Halo. Dengan adanya FUP dan skema prioritas penggunaan kuota internet unlimited Apps yang tidak terlalu menguntungkan konsumen, maka hal tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan sahabat untuk berlangganan atau tidak Kartu Halo Unlimited 80 Ribu.

Meski demikian, apabila sahabat sudah merasa cukup dengan kuota internet 10GB, kuota nelpon 60 menit, dan kuota 100 SMS kesemua operator, maka tidak ada salahnya apabila sahabat berlangganan paket kartu Halo unlimited 80rb. Perlu sahabat ketahui bahwa kuota, tarif, dan skema dari paket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Semoga membantu dan bermanfaat.

Baca Dulu! Sebelum Berlangganan Kartu Halo Unlimited 80 Ribu