Arti FUP Pada Paket Internet Unlimited Telkomsel

Sering kali ketika sahabat pengguna kartu Telkomsel membeli paket internet unlimited, dalam syarat dan ketentuan yang berlaku disebutkan ada FUP (Fair Usage Policy). Apa itu FUP Paket internet unlimited Telkomsel? Arti FUP internet Telkomsel adalah pembatasan kecepatan internet setelah pemakaian kuota tertentu.
Jadi ketika sahabat sudah menggunakan kuota internet dalam jumlah tertentu, selanjutnya sahabat masih tetap bisa mengakses layanan internet sepuasnya dengan kecepatan yang telah ditentukan (sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Telkomsel). Biasanya kecepatan yang diberikan setelah FUP bisa saya katakan sangat lambat (maksimal 128 Kbps).

Sebagai contoh sahabat membeli Paket Internet Unlimited Telkomsel FUP 50GB dengan masa aktif 30 Hari, maka sahabat akan menikmati kecepatan internet dengan kecepatan normal selama kuota 50GB yang sahabat miliki belum habis. Apabila di hari ke 10 kuota 50GB tersebut habis, maka sahabat akan tetap bisa mengakses layanan internet selama 20 hari kedepan akan tetapi kecepatannya diturunkan.

Berapa kecepatan yang didapatkan setelah FUP? Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa biasanya kecepatan yang akan sahabat dapatkan setelah FUP bisa dikatakan sangat lambat. Tentu saja sebelumnya kecepatan setelah FUP sudah diinformasikan oleh penyedia jasa internet dalam syarat dan ketentuan yang berlaku (S&K).

Sebagai contoh, dalam syarat dan ketentuan yang berlaku disebutkan bahwa kecepatan yang diberikan oleh operator setelah mencapai FUP adalah 32Kbps (Kilobits per second). Maka perlu sahabat ketahui bahwa kecepatan akses internet yang akan sahabat dapatkan maksimal hanya 4KBps (Kilobytes per second).

Kalau menurut saya, dengan kecepatan tersebut maka sahabat tidak akan bisa mengakses internet dengan lancar dan normal. Mungkin sahabat masih bisa kirim pesan Text melalui aplikasi kirim pesan cepat seperti WhatsApp, akan tetapi ketika sahabat mengirim pesan gambar atau video, maka sahabat akan kesulitan karena kecepatannya yang sangat tidak mendukung.

Oleh karena itu, apabila sahabat mendapatkan penawaran paket internet unlimited dengan FUP yang dalam syarat dan ketentuan berlaku disebutkan bahwa kecepatan setelah FUP adalah sekitar 32 – 64Kbps, maka saya sarankan agar sahabat tidak terlalu berharap dengan kecepatan internet unlimited setelah FUP.

Apabila sahabat ingin menggunakan paket internet unlimited, maka saya sarankan agar sahabat memilih Paket internet unlimited yang tanpa FUP. Tentu saja dengan tanpa adanya aturan pembatasan kecepatan setelah FUP, maka sahabat akan lebih nyaman dalam mengakses layanan internet. Semoga membantu dan bermanfaat.

Arti FUP Pada Paket Internet Unlimited Telkomsel