Cara Berhenti Berlangganan / Menutup Kartu Halo Telkomsel

Sebelumnya saya pernah menggunakan kartu halo telkomsel. Saya tertarik menggunakan kartu halo telkomsel karena pada saat itu ada promo kartu yang saya perhatikan tarifnya sangat murah, yaitu dengan bulanan 55Ribu setiap bulan (sudah termasuk PPN) saya mendapatkan kuota internet 4GB (bisa digunakan di jaringan 2G, 3G, dan 4G), kuota 300 Menit Nelpon sesama nomor telkomsel, dan kuota 300 SMS kesesama nomor telkomsel. Untuk kuota internet, nelpon, dan sms tersebut bisa digunakan 24 jam tanpa batasan waktu. 

Promo dari kartu halo yang saya ikuti tersebut tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu:
Tarif promo berlaku 12 bulan (1 tahun) sejak kartu tersebut dibuat.
  • Setelah tarif promo berakhir, maka akan berubah ke tarif dasar yaitu hanya mendapatkan kuota internet 20MB dan kuota nelpon 300 menit dan kuota 300 sms kesesama nomor telkomsel.
  • Bila pelanggan ingin berhenti berlangganan kartu halo sebelum masa kontrak habis, maka pelanggan wajib membayar penalty. Sebagai contoh pelanggan sudah memakai selama 8 bulan dan ingin berhenti, maka pelanggan wajib membayar penalty 4 bulan yaitu sebesar 55 Ribu x 4 bulan = 220 Ribu.


Karena pada saat itu tarif promo kartu halo saya sudah berakhir, sehingga saya memutuskan untuk berhenti berlangganan / menutup kartu halo telkomsel saya. berikut adalah syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menutup kartu halo:
  • Membawa kartu identitas (KTP)
  • Membayar tagihan terakhir kartu halo telkomsel


Setelah syarat-syarat sudah saya siapkan, selanjutnya saya datang ke grapari untuk menutup kartu halo telkomsel yang sudah saya pakai. Sesampai di Grapari, saya ditanya sama petugas keperluan saya datang ke grapari telkomsel. Setelah saya jelaskan maksud dan tujuan saya, selanjutnya saya disuruh menunjukkan KTP dan menyebutkan nomor kartu halo yang akan saya tutup. Kemudian data dicocokkan oleh petuga grapari

Setelah data yang saya cocokkan dinyatakan sama, selanjutnya saya diminta untuk menyerahkan sim card kartu halo yang akan saya tutup dan membayar tagihan terakhir. (perlu sahabat ketahui bahwa tagihan akan terus berjalan selama kartu belum ditutup).

Setelah saya berikan sim card kartu halo dan membayar tagihan terakhir kartu halo saya, selanjutnya petugas memproses penonaktifkan / pemberhentian dengan sim card saya. Oh iya, sebelum kartu halo telkomsel saya dinyatakan ditutup, saya disuruh tanda tangan di formulir (pentupan kartu halo telkomsel) yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat…

Cara Berhenti Berlangganan / Menutup Kartu Halo Telkomsel
  1. Mau tanya kalau baru 1bln, trus bayar tagihannya,, apa bisa langsung di nonaktipkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja selama pada awal membuat kartu halo tidak ada ikatan kontrak seperti promo yang harus diikuti selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. Kalau ada kontraknya berarti harus membayar penalty untuk menutupnya.

      Hapus
  2. Tanya dong Jika kartu halo pasca prabayar sudah di non aktifkan apakah kartu nya bisa di gunakan kembali seperti kartu biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dinonaktifkan, otomatis kartu halonya sudah tidak bisa digunakan lagi mbk @Titin. Oh iya, pada waktu menutup, kartunya diminta oleh petugas grapari. Semoga membantu...

      Hapus
  3. mba evy saya pelanggan krtu halo udah 2 thn ini,tapi akhir2 ini ketika bonusx habis dn saya kembali mmbyr tgihan yg tlh di kirm oleh phk telkomsel lalu sya aktifkn mnjdi kartu prabyar yg aktf hnya paket internetx sedangkan pket nelpon dan smsx nda aktf hingga pembyran tgihaan bln berikut,mengapa begitu bu? inilh yg mmbuat saya ingin berhenti jd pelanggan.rugi saya mmbayar paket 137.500 tiap bln hnya pket intrnetx yg aktf.mhn petunjuk mba evy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak bisa merubah kartu pasca bayar telkomsel menjadi kartu prabayar. Yang benar adalah merubah mode pascabayar menjadi mode prabayar dan sebaliknya. Mode tersebut biasanya disediakan oleh Halo Hybrid, meski begitu kita tetap membayar tagihan setiap bulannya. Kalau Mas/Mbak berada pada mode prabayar, maka tidak bisa menikmati benefit (bonus) yang disediakan pada mode pasca bayar. Solusi agar bisa menikmati bonus adalah dengan beralih ke mode pasca bayar dengan cara Ketik *888*767# lalu tekan Call/ Dial. Semoga membantu...

      Hapus
  4. Tapi kalau masih di hari yang sama apa bisa di batalkan pasca bayar nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan dibatalkan, tetapi bisa ditutup. Kalau ingin menutupnya, yang penting biaya administrasinya dibayar dulu. Tapi saya sarankan kalau ingin menutup, pakai dulu paketannya sampai habis dulu (biar tidak mubadzir) hehehe...

      Hapus
  5. Saya kemaren di saat cetak kartu yang hilang. Trs d tawarin isi pulsa paket tlp atau internet atau beli kartu halo ,
    Krn uang pas2an cman 70rb trpksa ambil kartu halo. Di pkir2 ribet juga klo di batalkan kira2 kena biaya pembatalan kartu halo gak yea. Mksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tepat adalah biaya penutupan kartu halo. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar tidaknya penutupan kartu halo (baru), yaitu:
      1. Jenis paket yang dipilih (biasanya biaya bulanannya berbeda-beda). Ada yang 50rb/bulan, dan lain sebagainya.
      2. Paket promo atau bukan? Kalau paket promo, maka harus membayar biaya penalti. Kalau promonya 6 bulan, untuk menutupnya ya harus bayar abonemen 6 bulan meski baru digunakan 1 bulan.

      Semoga membantu.

      Hapus
  6. Sehingga mbak nya ganti kartu ya?? Apa ga bisa nomer kita tetap aktif? Saya sudah pakai nomer ini hampir 8 th, tapi saya pindah ke kartu halo. Biaya jadi membengkak. Jika berhenti, maka nomer nya tidak akan aktif lagi mbak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kartu (halo) nya ditutup maka tidak bisa digunakan lagi mbak @Nafisa. Saran saya, bagi siapa saja yang ingin menggunakan kartu halo, lebih baik membuat kartu baru. Jangan migrasi dari kartu prabayar (simpati, as, atau loop) ke kartu pasca bayar (halo). Karena setelah berubah menjadi kartu pasca bayar, maka kedepan tidak bisa dirubah lagi menjadi kartu prabayar.

      Hapus
    2. Iya bener mbak, saya nyesel sudah migrasi kartu karena terlena sama promosi. 😢
      Jadi ga bisa kembali jadi kartu prabayar.

      Hapus
    3. Tidak apa-apa mbak... yang sudah ya sudah :) buat pengalaman saja :D

      Hapus
    4. Beneran kartunya nnti no nya gk bisa dipakai lagi ya??? Ribet juga dong urus urus ke bank!! 😭 tau gitu gk ganti

      Hapus
    5. Iya, kartu pascabayar (Halo) tidak bisa dirubah menjadi kartu prabayar (simpati, as, dan loop). Maksudnya ke Bank mau apa? Untuk bayar tagihan kan mudah (banyak caranya) & kalau mau nutup kartu, tinggal ke Grapari terdekat saja.

      Hapus
  7. Nasibb sya juga sama kya mbak nafisah urohmah,, berniat mau stop halo tpi nomernya gabisa aktif lg ya...syang sama nomernya soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat pengalaman gan...
      Untuk sahabat pengguna telkomsel yang lain, saran saya adalah lebih baik kalau sahabat ingin menggunakan kartu halo, silakan membuat kartu baru saja.

      Hapus
  8. Saya baru mengaktifkan KartuHalo, tp saya merasa dirugikan setelah saya tahu paket yang disebutkan sebesar 5 GB all network ternyata masih terbagi konten. Saya ingin berhenti dan saya pun mengikhlaskan nomor saya. Kalau saya buang kartu saya ini dan tidak membayar tagihan, apakah nomor itu terblokir dengan sendirinya? Kalau iya, saya tidak peduli. Maka, saya akan membuangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akan terblokir mas. Lebih lengkapnya, mas @Wahyu bisa baca tulisan saya di https://www.infodantips.com/2019/01/akibat-jika-tagihan-kartu-halo-tidak-dibayar.html

      Hapus
  9. Mba, mau tanya. Ceritanya kan kemarin mau benerin kartu as yg udh hangus. Tp bisanya diganti sama kartu halo. Nah, setelah saya baca beberapa review byk yg mengeluh karena pake kartu halo. Nah kartu halo saya belum pernah saya pasang dihp sama sekali. Apa nnti setiap bulan kena tagihan atau tidak ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah jadi kartunya berarti sudah berlangganan. Meski kartunya belum dipasang ataupun tidak dipakai sama sekali, tetap saja akan terkena tagihan. Saran saya, dipakai saja kartunya (daripada tidak dipakai tetapi tetap bayar tagihan). Jangan beranggapan Negatif terlebih dahulu tentang kartu halo. Suatu produk pasti ada kelebihan dan kelemahannya. Semoga membantu gan ...

      Hapus
  10. Saya hampir 6 bln langganan semakin kesini semakin berat kalo sy berhenti apa ada biaya lagi ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada biaya tambahan selain melunasi tagihan terakhir dari kartu Halo yang digunakan. Kecuali kalau ada perjanjian di awal ada kontrak bahwa pengguna harus menggunakan kartu Halo dalam waktu tertentu, maka akan dikenakan biaya Penalti. Coba baca juga: https://www.infodantips.com/2018/09/mengenal-penalti-kartu-halo-telkomsel.html

      Hapus
  11. Aturan telkomsel ini mesti di rubah.ada yg blm mengerti mngenai kartu halo atau pascabayar.saya waktu itu migrasi dr prabayar ke pascabayar melalui telfon oleh pihak telkomsel.sy oke2 kn sja.skrg syg mau pindan ke prabayar lagi gx bisa.grapari jg jauh.aturan telkomsel ini mempersulit.wktu migrasi bisa lewat tlfon.tpi mau kmblikan lgi tidak bisa.ketika pelanggan tidak sanggup lgi mnggunakn kartu prabayar dikarenakan tagihan nya yg besar bgaimana itu bisa di paksakan.mohon segera di tindaklanjuti demi kemudahan dan kepuasan pelanggan.buat kebijakan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, petugas seharusnya menginformasikan terlebih dahulu kepada pelanggan kartu prabayar yang ditawari untuk migrasi ke kartu Halo. Termasuk kelebihan, kelemahan, serta resiko bila menggunakan produk kartu Pascabayar (Halo). Semoga telkomsel membacanya :)

      Hapus
  12. Kartu halo ngga bisa buat kirim sms itu knpa ..gagal terus..tante sya br pake dan masih awam..kl mau tau kontrak atau ga nya krtu halo itu dmn liat nya.mohon info nya

    BalasHapus