Kesan Aneh Saya Terhadap Samsung Galaxy Tab S8 5G

Setelah unit Tablet Samsung Galaxy Tab S8 5G sudah diambil oleh suami saya di Erafone BEC (Bandung Electronic Center) menggunakan surat kuasa pengambilan barang, akhirnya tablet Android pesanan saya tersebut sudah saya terima dan bisa saya gunakan. Alhamdulillah barang tersebut saya terima dalam kondisi yang bagus tanpa kekurangan apapun.

Karena Galaxy Tab S8 5G adalah tablet pertama dan merupakan device Android termahal saya (hingga saat ini), maka tentu saja gadget tersebut meninggalkan kesan yang cukup mendalam buat saya. Setelah saya menggunakan perangkat tablet tersebut selama beberapa hari, maka hari ini saya ingin membagikan kesan aneh saya terhadap Samsung Galaxy Tab S8 5G tersebut.

Tidak Disertakan Kepala Charger

Berbeda dengan perangkat Android saya sebelumnya yang pernah saya beli yaitu Acer Z110, Samsung Galaxy Mega 6.3, Xiaomi Mi Max, dan Infinix Hot 8 yang semuanya menggunakan Port Micro USB, maka Port USB yang digunakan pada perangkat tablet Galaxy Tab S8 5G adalah Port USB Type C. Meski berbeda, saya tetap memaklumi karena perkembangan teknologi memang seperti itu.

Yang membuat terlihat aneh dari paket penjualan Galaxy Tab S8 5G adalah tidak disertakannya kepala charger dalam paket penjualan. Selain itu kabel data yang disertakan bukanlan USB 2.0 to USB Type C, akan tetapi USB Type C to Type C, sehingga kepala charger yang biasanya saya gunakan tidak bisa dipakai menggunakan kabel data bawaan Galaxy Tab S8 5G.

Untungnya saya baru saja membeli Earbud Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro yang kabel data bawaannya nya menggunakan USB 2.0 to Type C. Dengan demikian saya bisa menggunakan kabel datanya untuk mengecas Galaxy tab S8 5G menggunakan kepala charger Infinix Hot 8 yang Port-nya menggunakan USB 2.0.

Tidak Ada Jack Audio 3.5

Apabila disandingkan antara Galaxy Tab S8 5G dengan Xiaomi Mi Max maka akan terlihat bahwa Xiaomi Mi Max lebih tipis dibandingkan Galaxy Tab S8 5G. Meski demikian, berbeda dengan Xiaomi Max yang terdapat port jack audio 3.5, pada Galaxy Tab S8 5G tidak terdapat port yang berfungsi untuk menghubungkan dengan perangkat headset.

Untuk mensiasatinya, saya sengaja membeli Earbuds Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro. Dengan menggunakan produk tersebut, saya bisa melakukan kuliah secara online menggunakan Zoom tanpa harus menggunakan speaker dan mic pada tablet. Selain itu untuk dengerin musik, nonton film, dan video streaming saya juga lebih nyaman menggunakan Earbud Lenovo tersebut.

Keyboard Tidak Ada Trackpad

Dalam pembelian Galaxy Tab S8 5G disertakan bonus Book Cover Keyboard Slim. Kebetulan ketika saya menggunakan Laptop, saya terbiasa menggunakan trackpad, sehingga agak aneh juga ketika menggunakan keyboard yang tidak ada trackpadnya. Untuk mensiasatinya saya harus menggunakan Mouse untuk mempermudah aktivitas saya dalam menggunakan Tablet tersebut.

Kebetulan saya memiliki USB OTG akan tetapi portnya adalah micro USB sehingga tidak bisa digunakan pada Galaxy Tab S8. Oleh karena hal tersebut, saya memerlukan OTG USB Type C untuk menghubungkan Mouse Wireless Logitech saya dengan tablet tersebut. Agar lebih simpel, sepertinya saya perlu mempertimbangkan untuk membeli Mouse Bluetooth tanpa dongle.

Oh iya, ada satu hal lagi yang membuat saya geleng-geleng kepala dan tersenyum sendiri. Untuk mengisi daya Galaxy Tab S8 5G menggunakan kepala charger bawaan Infinix Hot 8 (10 Watt) dibutuhkan waktu sekitar 9 Jam dari 8% hingga 100%. Mungkin saya perlu membeli charger fast charging 45Watt agar pengisiannya menjadi cepat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kesan Aneh Saya Terhadap Samsung Galaxy Tab S8 5G