Review TWS Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro

Sudah lebih dari 3 bulan saya menggunakan TWS (True Wireless Stereo) pertama saya yang merupakan produk dari Lenovo yaitu thinkplus LivePods LP1 Pro. Tentunya dengan pemakaian yang sudah cukup lama tersebut, saya kira saat ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk memberikan ulasan tentang produk TWS Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro. 
Karena Lenovo LP1 Pro merupakan produk TWS pertama saya, maka pada review ini saya tidak akan membandingkan produk tersebut secara teknis dengan produk TWS lainnya. Review yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan Spesifikasi, kualitas produk, dan kemudahan penggunaan produk.

Spesifikasi

TWS Lenovo LP1 Pro terdiri dari dua bagian yaitu Charging case (tempat penyimpanan untuk mengisi daya) dan TWS Lenovo LP1 Pro. Berikut akan saya sampaikan spesifikasi dari kedua bagian tersebut:
[1] TWS Lenovo LP1 Pro
  • Versi Bluetooth 5.1.
  • Jarak jangkauan sekitar 10Meter.
  • Kapasitas baterai 30mAh.
  • Waktu pengisian daya sekitar 1,5 Jam.
  • Waktu penggunaan sekitar 5 Jam.

[2] Charging case Lenovo LP1 Pro
  • Kapasitas baterai 250mAh.
  • Waktu pengisian daya sekitar 1,5 Jam.

Dilihat dari spesifikasi produk dan casing pengisi daya yang saya sebutkan di atas ,bisa dikatakan bahwa produk TWS Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya dalam hal kuliah online via Zoom atau hanya sekedar mendengarkan musik melalaui Spotify dan juga menonton video via YouTube atau lainnya.

Kualitas

Kualitas produk dari TWS Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro ditentukan dari kesesuaian antara spesifikasi yang dijanjikan dengan performa nyatanya. Setelah saya bandingkan antara spesifikasi yang disajikan dan fakta ketika saya gunakan produk tersebut, maka bisa diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang mencolok antara spesifikasi dan kinerja produk Lenovo LP1 Pro.

Berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan Lenovo LP1 Pro, daya tahan baterai dari TWS tersebut bisa dikatakan cukup lama. Mungkin waktu paling lama ketika saya menggunakan Lenovo LP1 Pro adalah ketika saya melakukan kuliah online via Zoom sekitar 4 Jam. Selama pemakaian tersebut baterai masih sisa dan belum ada tanda-tanda akan low battery.

Begitu juga ketika saya melakukan pengisian daya TWS Lenovo LP1 Pro menggunakan casing-nya, seingat saya tidak sampai 1,5 Jam TWS tersebut sudah penuh baterainya. Untuk kualitas suara yang dihasilkan bisa saya katakan standar dan menurut saya sepertinya lebih bagus suara yang dihasilkan melalui headset dengan kabel (bukan wireless).

Untuk daya tahan Lenovo TWS LP1 Pro mungkin bisa saya katakan cukup baik. Hal tersebut terbukti ketika salah satu TWS (bagian kiri) secara tidak sengaja jatuh ke air di kedalaman 40cm selama kurang lebih sekitar 3 detik dan produknya tetap aman (tidak rusak) hingga saat ini. Setidaknya hingga pemakaian selama 3 bulan ini belum ada penurunan kualitas dari produk Lenovo LP1 Pro.

Kemudahan Penggunaan

Untuk ukuran orang awam termasuk saya yang sebelumnya belum pernah menggunakan TWS, sepertinya tidak akan mengalami kesulitan ketika pertama kali menggunakan produk Lenovo LP1 Pro. Ketika TWS LP1 Pro sahabat keluarkan dari casingnya maka otomatis Bluetooth dari produk tersebut akan aktif.

Jadi ketika ada perangkat seperti smartphone, laptop, atau lainnya yang Bluetooth-nya aktif maka Lenovo LP1 Pro akan terdeteksi dan bisa dihubungkan atau pairing dengan perangkat tersebut. Untuk menonaktifkan Bluetooth dari Lenovo LP1 Pro juga sangat mudah, yaitu sahabat tinggal memasukkannya kedalam casing, maka otomatis Bluetooth akan nonaktif.

Untuk pengisian daya TWS Lenovo LP1 Pro juga sangat mudah. Jadi ketika sahabat memasukkan TWS Lenovo LP1 Pro ke casing, maka otomatis TWS tersebut akan terisi dayanya. Tentu saja dengan catatan bahwa charging case tersebut baterainya belum habis. Bagaimana apabila baterai di casing sudah habis? Ya tentu saja pengisian daya tidak bisa dilakukan.

Tenang saja, apabila posisi casing nya kehabisan baterai maka sahabat bisa mengisi casing tersebut sambil mengisi TWS yang berada di dalamnya. Dalam paket penjualan sudah disediakan kabel USB Type C akan tetapi untuk kepala chargernya tidak ada. Untuk solusinya sahabat bisa menggunakan kepala charger yang sering sahabat gunakan untuk mengecas smartphone sahabat.

Kesimpulan

TWS Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro memiliki kualitas yang cukup baik dan sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan. Selain itu, pengoperasian dari TWS Lenovo LP1 Pro juga bisa dibilang cukup mudah meski sebelumnya sahabat belum pernah menggunakan perangkat TWS. Lenovo LP1 Pro juga tahan banting terbukti ketika masuk dalam air perangkatnya tetap aman.

Apabila saya melihat harga TWS di pasaran, maka bisa dikatakan bahwa harga TWS untuk Lenovo LP1 Pro tergolong tidak murah. Sekitar tiga bulan yang lalu saya membeli LP1 Pro di salah satu market place dengan harga Rp 229.000. Tentu saja harga tersebut bisa berubah-ubah dan cenderung turun mengingat perkembangan teknologi yang cepat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Review TWS Lenovo thinkplus LivePods LP1 Pro