Tarif Seluler Telkomsel

Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited MAX Telkomsel

Evy Nurvitasari
69 Komentar
Beranda
Tarif Seluler
Telkomsel
Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited MAX Telkomsel
Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa telkomsel mengeluarkan Paket Internet UnlimitedMAX yang bisa sahabat beli hingga 5 kali dalam satu bulan. Meskipun dilabeli dengan internet unlimited, akan tetapi kuota unlimited yang ditawarkan oleh telkomsel tersebut terbagi menjadi dua jenis.
Kuota unlimited yang pertama adalah kuota internet unlimited dengan FUP (Fair Usage Policy). Jadi sahabat tetap bisa mengakses internet sepuasnya meski kuota internet nasional dan kuota internet lokal yang sahabat miliki sudah habis. Meski sepuasnya, kecepatan yang akan sahabat terima setelah kuota nasional dan lokal habis adalah 128 Kbps.

Perlu sahabat ketahui bahwa 128 Kbps (Kilobits per second) sama dengan 16 KBps (Kilobytes per second). Dengan kecepatan tersebut, tentu saja sahabat tidak akan bisa leluasa untuk mengakses beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang mumpuni seperti streaming Video, Musik, dan Game Online.

Kuota unlimited yang kedua adalah kuota internet apps (real unlimited). Jadi kuota jenis ini akan memberikan kecepatan internet normal selama paket Unlimited MAX yang sahabat miliki masih dalam keadaan aktif. Sebagai informasi bahwa semakin mahal paket unlimitedMAX yang sahabat beli, maka semakin banyak unlimited Apps yang bisa sahabat nikmati. Info: Saat ini sudah ada FUP sehingga tidak Real Unlimited lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah aplikasi-aplikasi yang bisa sahabat akses secara unlimited tanpa penurunan kecepatan meski kuota internet nasional dan lokal dari paket internet unlimited MAX yang sahabat miliki sudah habis:
  • Aplikasi WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 20K.
  • Aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 30K dan 50K.
  • Aplikasi YouTube, MAXstream, Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, GamesMAX, dan MusicMAX bisa sahabat nikmati sepuasnya dengan kecepatan normal apabila sahabat membeli paket unlimitedMAX 70K, 100K, dan 120K.

Dari paparan yang sudah saya sampaikan di atas mengenai 2 jenis kuota unlimited yang terdapat pada paket unlimitedMAX Telkomsel, maka sekilas bisa sahabat lihat mengenai kelebihan dan kekurangan dari paket tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut saya ringkas mengenai kelebihan dan kekurangan dari paket unlimited MAX.

Kelebihan

Dengan adanya kuota unlimited apps real unlimited tanpa FUP membuat sahabat tetap bisa mengakses beberapa aplikasi tanpa adanya penurunan kecepatan. Sahabat juga tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan 128Kbps (di luar aplikasi yang tercover unlimited apps) setelah kuota internet nasional dan lokal yang sahabat miliki habis.

Selain kuota internet yang unlimited, harga yang ditawarkan dalam paket unlimited MAX juga bisa dibilang cukup murah apabila dibandingkan dengan harga paket internet telkomsel pada umumnya. Pilihan paket yang bervariasi juga membuat sahabat bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan internet dan budget yang sahabat miliki.

Kekurangan

Dengan adanya FUP yang membuat kecepatan internet akan diturunkan menjadi 128Kbps setelah kuota internet nasional dan lokal habis, tentu saja akan membuat kenyamanan sahabat dalam mengakses internet beberapa aplikasi menjadi terganggu. Kalau menurut saya kecepatan 128Kbps itu terasa sangat lambat.

Kuota internet lokal yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan kuota nasional tentu saja akan menjadi masalah apabila sahabat adalah orang yang sering bepergian keluar kota. Kuota lokal hanya bisa sahabat nikmati di area tertentu (tempat sahabat mengaktifkan paket internet telkomsel unlimitedMAX).

Paket unlimitedMAX tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna telkomsel, akan tetapi paket tersebut hanya bisa dinikmati oleh pelanggan yang umur kartunya belum genap 6 bulan. Selain itu, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa paket tersebut hanya bisa dibeli maksimal 5 kali dalam satu bulan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari paket internet unlimited MAX, setidaknya ada satu hal yang bisa diapresiasi dari paket tersebut. Adanya ‘real unlimited’ meskipun hanya pada beberapa aplikasi saja, tetap saja cukup menggembirakan bagi pelanggan telkomsel yang membutuhkan akses internet unlimited tanpa memikirkan Kuota Internet. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

69 komentar

  1. Okta
    Okta
    03 Juni, 2022
    Kak bedanya unlimited Max sma internet Max apa ya??
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 Juni, 2022
      Maaf Kak Okta baru sempat membalas 🙂

      Untuk Unlimited MAX kan internetnya unlimited (meski ada FUP), akan tetapi untuk internet MAX setahu saya internetnya tidak unlimited Kak. Jadi kalau kuotanya habis maka untuk akses internet bisa memakai pulsa, atau kalau tidak ada pulsa maka tidak bisa internetan.

      Sebagai gambaran, Kak Okta bisa baca tulisan saya lainnya yang berjudul [Mengenal Paket Internet MAX Telkomsel]
  2. Unknown
    Unknown
    18 Agustus, 2021
    Gan knpa kuota lokal nya gak bisa di gunain ya?
    Sementara pemakaian di area pembelian , mohon bantuannya gan
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      19 Agustus, 2021
      Maksudnya area pembelian itu bagaimana Kak? Apakah pemakaian sesuai dengan produksi (area penjualan) kartu perdana? Kalau iya, dan kuota lokalnya tidak bisa digunakan, maka perlu ditanyakan ke CS Telkomsel Kak. Coba baca artikel [Cara Agar Kuota Lokal Bisa Digunakan]
  3. Unknown
    Unknown
    04 Agustus, 2021
    Kak kalau saya isi yg 70gb harga 125ribu, itu gimana ya kak hasil nya? Saya dapet info dari SMS Telkom
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 Agustus, 2021
      Hasil apa Kak? Kalau dapat penawaran paket tersebut, berarti nomor Kakak mendapatkan promo paket tersebut 😊
  4. Unknown
    Unknown
    28 Juli, 2021
    Internet max apakah sama
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Juli, 2021
      Beda Kak... untuk Internet MAX, Kakak bisa baca di [Mengenal Paket Internet MAX Telkomsel]
  5. Unknown
    Unknown
    23 Juli, 2021
    Kalo Kuota 25 Gb Dan lokal
    Sudah habis,Apakah Masih Bisa Buat Youtube Kak?Sekarang?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      23 Juli, 2021
      Bisa, tapi kecepatannya sangat lambat Kak 😊
  6. Santi
    Santi
    05 Juli, 2021
    Kuota nonton lokal itu untuk aplikasi apa aja ya?kalo saya buat YouTube ato viu koq gak berkurang,malah kuota utama yg berkurang
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Juli, 2021
      Kalau kuota nonton Telkomsel bisa digunakan untuk akses aplikasi banyak kak seperti YouTube, WA, LINE, Facebook, dll. Sedangkan kuota lokal itu hanya bisa digunakan di area tertentu Kak. Untuk lebih lengkapnya bisa baca di [Mengenal Kuota Nonton Telkomsel]
  7. Unknown
    Unknown
    26 Juni, 2021
    Saya beli kuota perdana 25GB,tapi unlimited max sya lemot ya.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      27 Juni, 2021
      Kalau kuota internet utamanya masih ada dan tetap lemot, kemungkinan karena jaringan di tempat Kakak memang sedang bermasalah. Setahu saya ada kuota lokalnya juga, jadi jangan sampai kuota lokalnya tidak bisa digunakan karena perdana yang Kakak beli dari daerah lain.
  8. Unknown
    Unknown
    22 Juni, 2021
    Punya saya tidak dapat digunakan kenpa yah
    Mohon bantuan nya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Juni, 2021
      Yang tidak bisa digunakan kuotanya atau apanya Kak?
  9. Unknown
    Unknown
    12 Juni, 2021
    Saya aktipkan unlimitid max yang 25 di bekasi,tapi kuota nasional habis langsung lemot parah padahal kuota lokal masih 23gb
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Juni, 2021
      Saya curiga kuota lokalnya belum terpakai Kak 😊
  10. dim han
    dim han
    27 Mei, 2021
    sekarang udah ga "real unlimited" :'( dari awal bulan kemarin yg apps pilihhannya juga ada fup nya, jadi ga unlimited bah parah bet pokonya :( https://www.telkomsel.com/SPUnlimitedMAX
    semoga aja ntar diilangin lagi fup di apps pilihannya, aamiin
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      27 Mei, 2021
      Aamiin, segera real unlimited kembali ya Kak :)

      Terima kasih atas informasinya Kak, ternyata benar (sekarang dibatasi kuota unlimited Apps nya).
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    09 Mei, 2021
    Pantas lemot ternyata diturunin 128kbps, bahkan 64kbps. Otw cari kartu lain ini mah. Hehehe.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 Mei, 2021
      Kalau sinya terbaik Telkomsel, saya rekomendasikan kartu by.U Kak. Sama-sama pakai jaringan Telkomsel ;)
    2. Unknown
      Unknown
      15 Mei, 2021
      Apakah di by u ada unlimitid kak?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 Mei, 2021
      Ada Kak (tanpa FUP), harganya malah mulai 1 ribuan. Coba cek di tulisan saya lainnya Kak [Paket Unlimited by.U Mulai Rp 1000]
  13. Unknown
    Unknown
    03 Mei, 2021
    saya beli yg 70k tpi kok lemot bgt, biasanya kalo leg itu cuma sebentar, ini leg nya lama bgt, padahal saya baru beli
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Mei, 2021
      Kalau memiliki kuota internet utama, akan tetapi koneksinya lemot, berarti kemungkinan besar masalah teknis Kak. Mungkin sedang gangguan Kak 😊
  14. Unknown
    Unknown
    04 April, 2021
    Saya beli paket unlimited max yang 70k untuk WhatsApp lemot knp ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 April, 2021
      Harusnya kalau menurut S&K kecepatannya normal Kak. Kemungkinan besar mungkin karena jaringannya Kak.
  15. Unknown
    Unknown
    06 Maret, 2021
    Klo untuk bermain game sangat lah leg,dan kuota ny hanya bisa di buka melalu in apak tikrok Instagram,ada pun apk yg lemot untuk di buka ia lah play store,google,game,yt
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Maret, 2021
      Sudah saya sampaikan 128Kbps itu lemot Kak 😁
  16. Wisteria
    Wisteria
    03 Februari, 2021
    Unlimited Max yg saya beli harga 70 rb
    Tapi setiap nonton youtube kuota internet Dan lokal saya selalu berkurang
    Bisa dijelaskan?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Februari, 2021
      Hai Kak Wisteria :)
      Unlimited YouTube akan terpakai setelah kuota utama dan lokal habis terpakai Kak :)
  17. HENDI KURNIAWAN
    HENDI KURNIAWAN
    30 Januari, 2021
    Kak itu kalo internet lokal udh abis yang unlimited max masih bisa buat YouTube kan tapi kecepatan nya di Batesi apa gimana?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 Januari, 2021
      Kalau Paket yang Kakak beli harganya 70rb, 100rb, atau 120rb, maka Kakak masih bisa akses YouTube dengan kecepatan normal setelah kuota lokal dan utama habis Kak.
    2. Unknown
      Unknown
      03 April, 2021
      Jika saya beli yang 120 apa tiktok termasuk ke unlimited?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 April, 2021
      Sudah saya sampaikan bahwa TikTok tidak termasuk ya Kak 😊
    4. Unknown
      Unknown
      26 Juni, 2021
      Tapi saya beli yang 70rbu kuota utama hbis kuota unlimited max sya lemot benget
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      27 Juni, 2021
      Kalau Kakak masih memiliki kuota aplikasi, maka beberapa aplikasi yang dibuka bisa normal kecepatannya Kak. Kalau selain itu, ya pasti super lemot karena hanya maksimal kalau bukan 128Kbps ya 64Kbps Kak 😊
  18. Johan
    Johan
    24 Desember, 2020
    Unlimited tiktok nya kepake ga nih?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      24 Desember, 2020
      Aplikasi TikTok tidak masuk dalam List unlimited Kak :)
  19. Unknown
    Unknown
    30 Oktober, 2020
    Apakah yang 25gb juga ada fup kak, jadi buat youtube ntar lemot gitu?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 Oktober, 2020
      Yg 25GB juga ada FUP Kak, akan tetapi kalau untuk mengakses aplikasi YouTube tidak akan ada Penurunan kecepatan Kak 😊
  20. Unknown
    Unknown
    13 Oktober, 2020
    Oke kak trimksih bnyk atas informasi nyaa .
    Dan dgn sngt cepat respon nya 🙏🙏 .
    Smoga berkah dan brmanfaat buat org2 yg cari2 infoo 🙏🙏
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Aamiin, terima kasih Kak 😊
  21. Unknown
    Unknown
    13 Oktober, 2020
    Kalaupun Fup Dirubah Jadi 64kbps.
    Harusnya pas setelah kuota utama saya habis . Masih stay di 128kbps. Dong kak .
    Gimana yahh apa harus membeli kartu baruu dengan kuota yang sama ??
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Kalau dirubah menjadi 64kbps, ya otomatis yang semula 128kbps akan berubah menjadi 64Kbps Kak. Bisa dibayangkan 8kbps seperti apa?
    2. Unknown
      Unknown
      13 Oktober, 2020
      Oh sperti itu kak
      Disini bru sya paham
      Apa kebijakanya dirubah nya baru2 ini kak??
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Saya malah baru baca tadi pagi Kak 😁 Setelah Kakak berkomentar, saya kaitkan kemungkinan hal itu adalah penyebabnya Kak. Coba beli GamesMAX saja kalau hoby Game Online Kak.
    4. Unknown
      Unknown
      13 Oktober, 2020
      Oke kak
      Kalopun sya beli GamesMax kayanya harus didorong sma kuota utama juga kak
      Begitu klo sya liat informasi dari gamers pengguna2 tsell
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Iya benar Kak. Kalau menurut saya, apabila pengguna Tsel ingin membeli paket atau kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu, maka sangat disarankan untuk memiliki kuota utama Kak. Hal tersebut dilakukan agar nantinya kalau punya pulsa reguler, maka tidak tersedot untuk pemakaian internet.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    13 Oktober, 2020
    Saya Pernah beli Paket 20k UnliMax
    Setelah kuota utama habis biasanya masih bisa buat login ke game PUBG
    Tapi stelah bbrpa minggu gak bisa
    Akhirnya saya beli lagi tuh paket yg sama
    Dan stelah kuota utama nya habiss saya fikir akan bisa sperti paket yg pertama walau hanya bbrpa minggu

    Tapi skrg malah tidak bisa diakses sma skali buat game online 😭😭 gimana ya kak
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Hai Kak, berdasarkan informasi yang saya dapatkan, sepertinya kebijakan telkomsel berubah. Semula kecepatan setelah FUP adalah 128Kbps, sekarang berubah menjadi 64kbps. Tentu saja dengan kecepatan seperti itu, maka akan sangat lambat sekali. Mungkin penyebabnya hal tersebut Kak 😁
    2. Unknown
      Unknown
      13 Oktober, 2020
      Tapi ketika pertama kali beli paket itu bisa akses ka walau cuma ada sekitar mau 2 minggu . Saya fikir mungkin FUP nya sudah melampaui batas

      Maka dari itu saya membeli lagi paket trsbut tapi ketika kuota utama sudah habis ternyata malah sama tidak bisa aksess jugaa
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Kemungkinan waktu itu kebijakan tentang kecepatannya masih 128kbps Kak, jadi masih bisa meski agak lambat 😀
    4. Unknown
      Unknown
      13 Oktober, 2020
      Memangnya kebijakannya baru banget dirubah kak??
    5. Unknown
      Unknown
      13 Oktober, 2020
      Memangnya kebijakannya baru banget dirubah kak??
    6. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Saya baca tadi di paket combo sakti UnlimitedMAX berubah kecepatannya setelah FUP hanya menjadi 64kbps. Menurut saya dengan kecepatan seperti itu, ya sama aja bohong 😅
    7. Bang andre
      Bang andre
      05 Mei, 2021
      Kalo kita beli kartu unlimited max apakah sama aja ada batas wajar?
    8. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 Mei, 2021
      Iya Kak, ada batas pemakaian wajar atau FUP. Setelah kuota habis, kecepatannya akan diturunkan (kecuali penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu) Kak :)
    9. Khodi
      Khodi
      13 Mei, 2021
      Maksudnya bisa akses Facebook tanpa penurunan kecepatan?
      Kakak pernah coba kartu unlimited max?
    10. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      15 Mei, 2021
      Maksud dari akses Facebook tanpa penurunan kecepatan adalah aplikasi tersebut tetap bisa diakses dengan kecepatan normal Kak. Kebetulan di daerah saya tidak tersedia paket UnlimitedMAX, jadi saya belum pernah menggunakannya. Jadi informasi yang saya sampaikan dalam tulisan ini adalah berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku yang diinformasikan oleh Telkomsel dalam paket tersebut Kak :)
    11. Unknown
      Unknown
      31 Mei, 2021
      Biarpun kk nda pernah coba, tapi penjelasan kk udah detail banget kayak org yg udh pernah pake, saya stuju dan artikel kk bener banget menyangkut kuota unlimeted Max tsel ini
    12. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Mei, 2021
      Terima kasih Kak ;)
  24. Unknown
    Unknown
    12 Oktober, 2020
    Unlimited tiktoknya ada?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 Oktober, 2020
      Saat ini tidak ada Kak, akan tetapi Kakak tetap bisa mengakses TikTok dengan kecepatan 128kbps (tetapi saya jamin tidak lancar). Kaau ingin kuota TikTok unlimited, Kakak bisa beli kuota ketengan unlimited TikTok 😊
    2. Unknown
      Unknown
      16 Juli, 2021
      apakah mobile legend bisa ka
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 Juli, 2021
      Bisa Kak. karena Mobile Legend masuk di GamesMAX 😊
    4. Unknown
      Unknown
      22 Desember, 2021
      jika buat aplikasi gojek driver(Gopartner) internta normal atau lambat
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Desember, 2021
      Normal apabila kuota utamanya masih tersedia Kak 😊