Indosat

Review Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3

Evy Nurvitasari
2 Komentar
Beranda
Indosat
Review Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3
Apabila sebelumnya saya sudah membagikan cerita saya yang berjudul [Pengalaman Menggunakan Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3 Ooredoo], maka sekarang saya akan memberikan ulasan atau review tentang Paket Freedom Apps Fun. Adapun review yang akan saya sampaikan berfokus pada fungsi, pilihan, harga, kuota, kelebihan, kekurangan, dan aturan (S&K) dari produk tersebut.

[1] Fungsi

Secara fungsi bisa dikatakan bahwa paket freedom Apps Fun sangat bisa diandalkan oleh sahabat pengguna kartu IM3 yang gemar streaming video, audio, dan bermain media sosial. Kenapa demikian? Karena Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3 bisa digunakan untuk mengakses aplikasi YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, Snapchat, Netflix, Viu, Spotify, Joox, dan Resso.

Selain aplikasi yang saya sebutkan di atas, maka sahabat tidak bisa mengaksesnya menggunakan kuota freedom Apps Fun. Jadi apabila ada yang bertanya “Apakah Freedom Apps Fun bisa digunakan untuk aplikasi WhatsApp (WA)?” Maka sangat jelas bahwa jawabannya adalah Tidak Bisa. Dari segi fungsi bisa dikatakan fungsi paket freedom Apps Fun Cukup Terbatas.

[2] Pilihan & Harga

Saat ini hanya tersedia dua pilihan Paket Freedom Apps Fun yang ditawarkan oleh Indosat IM3. Yang pertama adalah Freedom Apps Fun 3GB (masa aktif 7 Hari) dengan harga Rp 10.000, sedangkan yang kedua adalah Freedom Apps Fun 12GB (masa aktif 30 Hari) dengan harga Rp 20.000. Dari segi pilihan bisa dikatakan bahwa pilihan paket freedom Aps Fun sangat sedikit.

Ketika melihat harga dari kedua pilihan paket Freedom Apps Fun, maka akan terlihat sangat berbeda jauh benefitnya. Kuota 3GB Freedom Apps Fun dengan masa aktif 7 hari dihargai 10 Ribu, sedangkan kuota 12GB masa aktif 30 hari dihargai 20 Ribu. Jadi bisa dikatakan bahwa selisih harga dari dua pilihan paket freedom Apps Fun sangat tidak adil alias jomplang.

[3] Kuota

Saya akan menghitung harga per 1GB berdasarkan kuota yang akan didapatkan ketika sahabat melakukan pembelian Paket Freedom Apps Fun Indosat IM3. Sahabat juga bisa belajar membandingkan besarnya kuota internet dengan membaca tulisan saya lainnya yang berjudul [Cara Menghitung Kuota Data Internet]
  • Harga kuota 1GB dari Paket Freedom Apps Fun 3GB adalah Rp 10.000 : 3GB = Rp 3.333/GB.
  • Harga kuota 1GB dari Paket Freedom Apps Fun 12GB adalah Rp 20.000 : 12GB = Rp 1.667/GB.
Dari perhitungan yang sudah saya lakukan di atas, maka harga kuota per 1GB (Rp 1.667) untuk Paket Freedom Apps Fun 12GB bisa dikatakan cukup murah. Sedangkan harga kuota per 1GB (Rp 3.333) untuk Paket Freedom Apps Fun 3GB bisa dikatakan kurang murah. Jadi dilihat dari segi harga kuota Paket Freedom Apps Fun bisa dikatakan cukup murah apabila yang dibeli adalah yang 12GB.

[4] Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Paket Freedom Apps Fun khususnya yang 12GB menawarkan harga yang cukup murah yaitu Rp 20.000 dengan masa aktif yang cukup panjang yaitu 30 hari. Paket Freedom Apps Fun bisa berjalan bersamaan dengan Paket Freedom Internet, sehingga kombinasi keduanya bisa membuat pengeluaran sahabat dalam membeli paket internet menjadi lebih hemat.
review-paket-freedom-apps-fun

Kekurangan dari Paket Freedom Apps Fun adalah pilihan paket yang disediakan sangat sedikit yaitu 2 pilihan. Kekurangan lainnya dari paket tersebut adalah berdasarkan pengalaman saya menggunakan paket freedom apps fun secara tunggal (tidak bersamaan dengan paket freedom internet), ternyata ada aplikasi yang tidak bisa dijalankan (Spotify).

[5] Aturan S&K

Prioritas penggunaan kuota ketika Paket Freedom Apps Fun berjalan secara bersamaan dengan Paket Freedom Internet adalah kuota dari Paket Freedom Apps Fun (Entertainment) akan terpakai terlebih dahulu ketika yang diakses adalah aplikasi YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, Snapchat, Netflix, Viu, Spotify, Joox, dan Resso.

Dengan begitu, maka setelah kuota Freedom Apps Entertainment habis, selanjutnya sahabat tetap bisa mengakses internet dan semua aplikasi menggunakan kuota freedom internet. Hal tersebut tentunya merupakan hal yang positif bagi sahabat yang sering mengakses aplikasi yang tercover Paket Freedom Apps Fun.

Jadi, saya melihat bahwa aturan yang diterapkan pada Paket Freedom Apps Fun tidaklah ribet dan cenderung menguntungkan penggunanya. Saya sendiri sudah menggunakan Paket Freedom Apps Fun bersamaan dengan Paket Freedom Internet, dimana hasilnya sangat memuaskan karena kuotanya bisa terpakai semua. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

2 komentar

  1. Anonim
    Anonim
    03 November, 2023
    gitukah? anjir wording di aplikasinya misleading berarti "use these apps without using any quota" lmao
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 November, 2023
      Itu bahasanya menurut saya memang 'menjebak' Kak 😃