Jaringan 5G Mulai Beroperasi! Kapan Ganti HP?

Hari ini (Kamis,27 Mei 2021) secara resmi 5G sudah bisa dinikmati secara komersil di beberapa wilayah di Indonesia. Telkomsel adalah operator seluler pertama yang berhak untuk menyediakan layanan data internet 5G yang kecepatannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya (4G). Bisa dikatakan bahwa hari ini adalah sejarah bahwa era 5G dimulai di Indonesia.

Cepat atau lambat, implementasi perluasan jaringan 5G di Indonesia bakal dilakukan di seluruh tanah air, sehingga hal tersebut juga akan mempengaruhi penjualan smartphone di Indonesia. Kalau saat ini sebagian besar smartphone yang dijual di pasaran rata-rata adalah smartphone dengan jaringan 4G, maka tentunya lambat laun hal tersebut akan segera bergeser.
Andaikan perluasan jaringan 5G sudah merata diberbagai wilayah di Indonesia (termasuk di daerah yang sahabat tempati), tentunya agar bisa menikmati layanan data internet dengan kualiatas dan kecepatan yang lebih baik, sahabat saya sarankan untuk mengganti smartphone yang sebelumnya belum mendukung jaringan 5G menjadi smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G.

Jadi bagi sahabat yang saat ini berencana untuk membeli HP baru, akan tetapi HP yang sebelumnya masih cukup bisa berfungsi dengan baik, saya sarankan agar tidak buru-buru untuk membeli Gadget baru. Saat ini HP dengan support jaringan 5G bisa dibilang harganya belum ‘merakyat’ karena kalau tidak salah saat ini harga termurahnya adalah lebih dari 3 Juta Rupiah.

Seiring percepatan pemerataan jaringan 5G di Indonesia, tentunya akan semakin banyak juga bermunculan smartphone 5G dengan harga yang murah seperti layaknya harga smartphone 4G pada saat ini. Tentu saja hal tersebut akan terjadi karena seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan secara global yang sebagian besar menggunakan jaringan 5G.

Kalau ada pertanyaan “Kapan sebaiknya ganti HP 5G?”, maka jawaban saya adalah tunggu dulu hingga daerah yang sahabat tempati tercover dengan baik jaringan 5G. Kalau sahabat saat ini beli HP baru dengan harga yang mahal (akan tetapi belum mendukung 5G), saya kira kalau dikemudian hari di daerah sahabat tercover jaringan 5G, maka sahabat juga akan segera membeli smartphone baru.

Kebetulan sejak tahun 2012, saya dan suami hanya melakukan pembelian smartphone 3G dua buah (Acer Z110 & Samsung Galaxy Mega 6.3), smartphone 4G dua buah (Xiaomi Mi MAX & Infinix Hot 8), dan rencananya akan kembali membeli smartphone yang support dengan jaringan 5G setelah daerah yang saya tempati tercover jaringan 5G. Semoga membantu dan bermanfaat.

Jaringan 5G Mulai Beroperasi! Kapan Ganti HP?
  1. Saya rencananya mau mengganti smartphone dgn yang 5G. Rasanya udah gak sabaran ni. Keliatannya akan lebih kenceng 5G iya mba. Salam kenal iya mba Evi😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Kak Ike 😊

      Iya, pasti lebih kencang yang 5G Kak 😊 kecepatan internetnya bisa 10x lipat dibandingkan dengan 4G.

      Hapus