Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Dulu! Sebelum Membeli Kuota Happy Unlimited 52GB

Bagi sahabat pengguna kartu Tri (3) yang melihat penawaran kuota Happy Unlimited 52GB dengan harga Rp 85.000 / Rp 70.000 (harga promo), sebaiknya sahabat mempelajari terlebih dahulu tentang penawaran kuota tersebut sebelum membelinya. Jangan sampai setelah sahabat membelinya, selanjutnya sahabat menyesal karena kuota yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Pembagian Kuota

Ada 3 kuota yang terdapat dalam kuota Happy unlimited 52GB kartu Tri. Kuota yang pertama adalah kuota internet, kuota yang kedua adalah kuota aplikasi streaming, sedangkan kuota yang ketiga adalah unlimited aplikasi streaming dengan kecepatan terbatas. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembagian kuota Happy unlimited 52GB yang diawarkan oleh provider Tri Indonesia:
  • Kuota internet (utama) bulanan sebesar 22GB bisa sahabat gunakan untuk akses konten internet apa saja. Jadi dengan kuota tersebut, maka sahabat bisa browsing, streaming, download, main game, bermain medsos, dan lain sebagainya.
  • Kuota Aplikasi Streaming (YouTube, VIU, dan Netflix) maksimal 30GB bisa sahabat gunakan untuk streaming YouTube, VIU, dan Netflix. Ingat! Yang perlu sahabat ketahui adalah bahwa kuota ini hanya bisa sahabat gunakan 1GB/hari setelah kuota internet habis.
  • Kuota unlimited Aplikasi Streaming (YouTube, Viu, dan Netflix) bisa digunakan setelah pemakaian kuota aplikasi mencapai 1GB. Saya yakin bahwa kecepatannya tidak akan bisa disa diandalkan untuk melakukan streaming, apalagi saat ini Tri tidak menginformasikan kecepatannya secara jelas.

Kuota Real Yang Didapatkan

Berapa kuota yang sesungguhnya didapatkan setelah membeli kuota unlimited Happy Tri 52GB? Jawabannya adalah tergantung dari cara pemakaian internet yang sahabat lakukan. Kalau menurut saya, sangat tidak mungkin bahwa sahabat bisa menggunakan semua kuota tersebut dalam satu bulan. Kenapa?

Alasannya sangat sederhana, karena kuota aplikasi dengan total 30GB hanya diberikan sehari 1GB dan hanya bisa digunakan setelah kuota internet utama (22GB) habis. Apa sahabat akan menghabiskan 22GB tersebut dalam waktu kurang dari 24 Jam hanya demi bisa menggunakan kuota streaming 1GB/hari selama 30 hari?

Saya yakin sahabat tidak akan mengorbankan kenyamanan dalam mengakses internet dengan menghabiskan kuota internet utama. Pastinya sahabat akan menggunakan seperlunya agar kuota internetnya tidak cepat habis (sehingga tidak boros). Sebagai gambaran, berikut saya contohkan penggunaan dari kuota Happy unlimited 52GB.

Tanggal 1 sahabat mengaktifkan Happy unlimited 52GB dengan masa aktif 30 Hari. Pada tanggal 21 kuota internet utama 22GB sahabat habis, sehingga pada tanggal tersebut sahabat bisa langsung menggunakan kuota streaming (YouTube, VIU, dan Netflix) sebesar maksimal 1GB. Selanjutnya selama 9 hari (Tanggal 22-30) sahabat tetap bisa menggunakan kuota streaming 1Gb/hari.

Dengan pemakaian seperti yang saya contohkan di atas, sahabat hanya akan mendapatkan kuota maksimal 22GB kuota internet + maksimal 10GB kuota streaming (YouTube, VIU, dan Netflix). Jadi, saya yakin sahabat sudah bisa menghitung dan memprediksi berapa yang akan terpakai apabila sahabat membeli kuota Happy unlimited 52GB.

Beli atau Tidak?

Tentu saja keputusan untuk membeli kuota Happy unlimited 52GB sepenuhnya ada di tangan sahabat sebagai pengguna. Yang jelas untuk saat ini meski tanpa kuota streaming 30GB, dengan kuota internet 22GB (30 hari) harga Rp 70.000 / Rp 85.000 menurut saya dibandingkan dengan paket lainnya, harga untuk kuota sebesar itu sudah cukup murah.

Sebagai perbandingan dengan harga paket lainnya, sahabat bisa membaca tulisan saya [Bagus Mana? Kuota Happy Vs Kuota AON]. Sahabat juga bisa melirik Kuota Home Tri dengan kuota yang besar, akan tetapi dibagi-bagi juga kuotanya. Untuk informasi terbaru mengenai promo dan tarif paket Tri, sahabat bisa membaca tulisan saya lainnya di label [Tri]. Semoga membantu dan bermanfaat.

12 komentar untuk "Baca Dulu! Sebelum Membeli Kuota Happy Unlimited 52GB"

  1. Makasih bang infonya, syg udah beli duku baru baca ini

    BalasHapus
  2. Maaf kak saya blm begitu jelas karna blm pernah pake.. Klo yg 22gb sudah habis berati kan tgl yg 32gb..mksut saya yg 32gb bisa dipke untuk WA ig dan fb engga? Apa cuma bisa untuk youtube dan yg tdi dsebutkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang 30GB hanya bisa digunakan untuk VIU, YouTube, dan Netflix Kak. Kalau digunakan untuk akses WA dan FB ga bisa (setelah kuota 22GB habis).

      Hapus
  3. ka kan kuota 22 gb itu di bagi menjadi 18 gb bulanan dan 4 gb reguler nah kenapa yaa yang 18 gb nya tidak bisa di pakai sama kuotaa youtubenyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota 22GB nya tidak dibagi Kak. 22GB kuota utama + kuota streaming 30GB.Jadi totalnya 52GB Kak 😄

      Hapus
    2. Kuota 22gb nya di bagi kak ternyata.
      22gb=18gb(bulanan)+4gb(regular)
      1gb/hari
      Dan masalah nya saat kuota 4gb nya habis, kita gak bisa makai kuota 18gb nya dan ada notif login ke tri seakan kuota nya habis tapi masih ada 18gb (bulanan), saya sudah cek di pesan dgn ketik info kuota dan hasilnya tidak berubah masih 18gb(bulanan) begitu juga saat saya membuka bima+ keterangan nya sama saja seperti yang di pesan juga tidak bisa di berhentikan ataupun di stop kuota nya, jadi intinya setelah pakai 4gb regular dan tersisa 18gb kuota sudah di katakan habis oleh pihak tri. Tolong di selesaikan masalahnya kak

      Hapus
    3. Terima kasih atas informasinya. Duh, saya ikut prihatin atas kasus yang Kakak alami. Untuk masalah hal ini, sebaiknya jangan ragu untuk komplain ke CS Tri Indonesia Kak. Semoga permasalahannya segera teratasi dan terselesaikan Kak.

      Hapus
  4. Kira - kira kalau di beliin always lagi, unlimited youtube masih tersedot atau ngambil always on yg baru y. Secara tri kan bisa aktif banyak paket dlm satu nomor 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya berjalan sendiri-sendiri Kak. Untuk akses YouTube harusnya pakai kuota yang 1GB per hari itu 😊

      Hapus
  5. Menurut keterangan dari pihak Tri, khusus untuk Perdana Happy Unlimited 52 GB, akses internet bisa dilakukan secara unlimited dengan ketentuan Fair Usage Policy (FUP).

    Mekanismenya, apabila pelanggan mengakses layanan yang tercakup dalam kuota streaming, maka kuota streaming akan dipakai terlebih dahulu (hingga 1 GB per hari). Setelah habis, maka kuota utama (22 GB) akan dipakai.

    Apabila semua kuota telah habis, pengguna Perdana Happy Unlimited 52 GB tetap bisa mengakses internet, tapi dengan kecepatan FUP yang diturunkan menjadi 128 Kbps.

    https://tekno.kompas.com/read/2021/07/29/14360017/tri-rilis-kartu-perdana-happy-unlimited-kuota-52-gb-harga-rp-70000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya Kak. Akan tetapi tanpa bermaksud mengabaikan informasi yang Kakak berikan, informasi yang saya sampaikan dalam artikel ini sudah sesuai dengan informasi yang saya dapatkan langsung dari website Tri dan baru saja saya cek, informasinya tetap sama dan belum ada perubahan.

      Sebagai informasi tambahan bahwa yang saya tulis dalam artikel ini adalah Kuota Happy 52GB (bukan Perdana Happy Ublimited 52GB).

      Hapus