Beranda
Tarif Seluler
Tri
Bagus Mana? Kuota Happy Vs Kuota AON
Bagi sahabat pengguna kartu Tri (3) yang membutuhkan kuota internet reguler, maka ada dua pilihan kuota yang bisa sahabat pilih. Kuota Happy dan AON (AlwaysOn) adalah kuota reguler yang bisa digunakan untuk mengakses konten internet apa saja. Jadi sahabat bisa menggunakan kuota tersebut untuk memenuhi semua kebutuhan sahabat dalam berselancar internet.
Meskipun kuota Happy dan AON memiliki fungsi yang sama, akan tetapi kedua kuota tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu dengan tulisan ini, saya harapkan bagi sahabat yang ingin membeli kuota reguler dan masih bingung menentukan paket internet yang akan dipilih, maka dengan membaca tulisan ini tidak akan ragu lagi untuk menentukan paket yang akan dibeli.

Untuk mendapatkan kuota Happy maka sahabat harus membeli paket Happy, sedangkan untuk mendapatkan kuota AON maka sahabat harus membeli paket AlwaysOn. Setidaknya ada dua poin yang bisa sahabat pertimbangkan sebelum memilih untuk membeli paket Happy atau paket AON. Berikut akan saya jelaskan kedua poin yang saya maksud.

[1] Harga & Kuota

Agar sahabat lebih mudah dalam melihat mana yang lebih murah antara kuota AON dan kuota Happy, maka untuk menggambarkannya akan saya hitung harga per GB (Gigabyte) dari kedua kuota tersebut. Hal tersebut saya lakukan karena memang tidak ada harga yang sama dari kedua paket tersebut.

Dalam hal ini saya akan membandingkan harga antara kuota AON 8GB (Rp 48.000) dengan harga kuota Happy 12GB (Rp 50.000). Harga dari kedua kuota tersebut saya ambil contoh untuk dibandingkan, karena memiliki harga yang hampir sama dan hanya memiliki selisih harga Rp 2.000 saja.

Kalau dihitung rata-rata, maka harga per 1GB dari kuota AON 8GB adalah Rp 48.000/8 = Rp 6.000. Sedangkan harga rata-rata per 1GB dari kuota Happy 12GB adalah Rp 50.000/12 = Rp 4.167. Dari perbandingan harga per 1GB dari kedua kuota tersebut maka bisa sahabat ketahui bahwa dari segi Harga & Kuota, maka kuota Happy lebih murah dibandingkan kuota AON.

[2] Masa Aktif

Kalau dari segi harga sudah bisa sahabat ketahui bahwa harga kuota Happy bisa mengalahkan kuota AON, meski demikian kalau dilihat dari segi masa aktif kuota maka pemenangnya adalah kuota AON. Kalau kuota Happy masa aktifnya terbatas yaitu maksimal hanya 30 hari, maka kalau kuota AON masa aktifnya adalah unlimited atau selamanya (selama kartu berada dalam masa aktif).

Selain itu, apabila sahabat memiliki sisa kuota internet AON kemudian sahabat membeli kuota AON lagi, maka sisa kuota yang sebelumnya akan diakumulasi atau ditambahkan dengan kuota baru. Sebaliknya, apabila sahabat memiliki kuota Happy, kemudian sahabat membeli kuota Happy yang baru, maka kuota yang sebelumnya akan hangus dan digantikan dengan kuota yang baru.

Bagi sahabat yang memiliki kebutuhan internet rutin dan bisa memperkirakan habisnya kuota dalam waktu 1 minggu atau 1 bulan, maka sahabat bisa memilih kuota Happy. Sebaliknya, apabila kebutuhan kuota internet sahabat tidak menentu dan tidak bisa diprediksi kebutuhannya dalam satu bulan, maka sahabat bisa memilih kuota AON.

Baik kuota Happy ataupun kuota AlwaysOn (AON) bisa sahabat beli dengan mudah melalui aplikasi Bima+. Bagi sahabat yang belum memiliki aplikasi Bima+ Tri, maka sahabat bisa mendapatkannya secara gratis dengan mendownload aplikasi Bima+ di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan di App Store (bagi pengguna iOS). Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

20 komentar

  1. Anonim
    Anonim
    31 Oktober, 2023
    Kak mau tanya,
    Baru kemaren tgl 24 aku coba AON UNLIMED 26GB/bln, lah kok cuman pemakasian 1MINGGU. Itu kenapa ya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      01 November, 2023
      Maksudnya baru 1 Minggu kuota AON nya habis ya Kak? Dalam paket tersebut, kuota AON yang diberikan kan hanya 6GB, selebihnya (20GB) hanya bisa digunakan pada jam 01.00 - 07.00 saja Kak. Setelah kedua kuota tersebut habis, selanjutnya bisa menggunakan kuota unlimited yang kecepatannya masih dalam tanda tanya. Untuk lebih jelasnya, Kakak bisa baca tulisan saya lainnya dengan judul [Pembagian Kuota & Cara Menggunakan Paket AON Unlimited 26GB]
  2. Anonim
    Anonim
    17 Oktober, 2023
    kak tips biar ga boros dong pas pake kuota 3 :) aku biasanya pake AON bisa 1 bulan an penggunaan kuotanya, bisa buat sebulan gitu tapi kemarin aku AON 7gb seminggu dah habis :) kira-kira faktor apa ya kak? terlalu banyak akses gambar atau video gitu, terus game ml, atau canva gitu ngaruh besar ga ya kak? terima kasih
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 Oktober, 2023
      Kalau dihitung-hitung penggunaan internet Kakak memang cukup besar kalau satu minggu kuota 7GB AON sudah habis. Padahal harga paket AON 7GB adalah Rp 43.000.

      Banyak faktor yang membuat penggunaan kuota internet menjadi boros, salah satunya adalah besarnya data yang diakses oleh pengguna melalui jaringan internet. Kalau internetnya cepat, biasanya pengguna lupa dan tidak sadar kalau datanya cepat terpakai untuk akses konten internet (khususnya Video dengan kualitas tinggi).

      Ketika akses video, data yang terpakai akan cukup banyak Kak. Akses gambar melalui internet tidak sebanyak ketika Kakak akses video. Meski saya tidak pernah main Game Mobile Legend, akan tetapi berdasarkan referensi yang saya dapatkan, untuk akses game tersebut tidaklah banyak (satu jam main hanya membutuhkan sekitar 12.5MB - 30MB).

      Kalau penggunaan internet bulanan Kakak cukup boros dan bisa diperkirakan, maka saya sarankan Kakak untuk mengaktifkan Paket Happy. Saat ini dengan harga Rp 32.000 maka Kakak akan mendapatkan kuota 7GB (Paket Happy). Bandingkan dengan Paket AON untuk kuota 7GB, Kakak harus mengeluarkan uang 43Rb.

      Semoga membantu ya Kak 🙂
  3. Evy Nurvitasari
    Evy Nurvitasari
    16 September, 2023
    Sebagai informasi bahwa untuk nambah masa aktif kartu 3, dengan isi ulang nominal 3rb saja dah dapat tambahan masa aktif 1 Bulan Kak 🙂

    Semisal Kakak isi pulsa di nomor Tri, nantinya pulsa yang Kakak miliki tetap bisa dipakai buat beli paket internet (termasuk paket AON & Happy). Jadi isi pulsa di nomor Tri ga akan sia-sia karena seperti tabungan yg bisa dicairkan.

    Jadi semisal kebutuhan internet Kakak rata-rata sebulan 12GB, maka Kakak bisa beli Paket Happy 13GB dengan masa aktif 30 hari. Akan tetapi kalau tidak pasti (kadang banyak kadang sedikit banget), lebih baik beli AON aja karena kuotanya ga hangus Kak 🙂
  4. Anonim
    Anonim
    15 September, 2023
    Gan, tanya nih.
    Utk paket AON kuota akan tetap "hidup" "selama kartu berada dalam masa aktif".

    Sedangkan utk bikin kartu aktif harus isi pulsa. Rata2 pulsa adalah 1rb/hari.

    Jadi apakah lebih hemat kalau beli paket Happy saja setiap bulan kalau sudah memang budgetin pemakaian kuota 12GB/bln.

    Toh walaupun kuota AON ga habis2, kalau tetap isi pulsa terus, kan ga bisa di cairkan.
    1. Anonim
      Anonim
      25 Oktober, 2023
      Kalau untuk pemakaian terus menerus Happy lebih bagus. Tapi kalau untuk pemakaian sebentar saja, semisal kamu dibarengin sama Wifi, baru pakai AON, toh kecepatannya sama saja.
    2. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Oktober, 2023
      Iya, benar sekali Kak. Terimakasih sudah dibantu jawab 🙂
  5. Fauzan
    Fauzan
    12 September, 2023
    Kak jika punya kuota AON kemudian beli kuota happy, yang habis mana dulu ya? AON atau happy?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 September, 2023
      Yang kuota Happy dulu Kak 🙂
  6. Wirdah
    Wirdah
    12 Februari, 2023
    Kak setiap paket apa dipengaruhi sama kecepatan atau ngga ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Februari, 2023
      Hai Kak Wirdah, maaf baru balas karena lagi ada Baby 🙂

      Baik paket AON atau Happy memiliki kecepatan yang sama Kak (normal).
  7. Bang Hafil
    Bang Hafil
    07 Oktober, 2022
    makasih, jadi lebih nyakin buat beli AON, dibanding Happy.
    Tapi kualitas 3 bagus gak ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      08 Oktober, 2022
      Kalau kualitas jaringan ya tergantung tempat atau daerah masing-masing Kak 🙂
  8. Mr. Rious
    Mr. Rious
    17 September, 2022
    Bang di paket happu tertulis kuota nasional dan aon tertulis kuota aon...itu maksudnya apa ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 September, 2022
      Kalau kuota nasional itu bisa digunakan untuk akses konten internet apa saja dan dimana saja (di seluruh Indonesia) dan mengikuti masa aktif paket Happy.

      Sedangkan kuota AON juga memiliki fungsi yang sama seperti kuota nasinal Happy, akan tetapi masa aktifnya unlimited (sampai kuota habis).

      Jadi perbedaannya hanya pada masa aktifnya saja Kak.
  9. siska
    siska
    31 Agustus, 2022
    kak kalau saya masih ada kuota aon dan ingin beli paket happy apa kuota aon akan hangus?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Agustus, 2022
      Tidak Kak, kuota AON akan tetap utuh dan tidak hangus 🙂
  10. Unknown
    Unknown
    03 Desember, 2021
    Lebih irit mana kuota antara kuota addon san aon
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Desember, 2021
      Tergantung harga dan kuotanya Kak. Rumusnya adalah harga dibagi jumlah kuota. Hasil yang paling rendah adalah yg paling irit Kak 😊