Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagus Mana? Kuota Happy Vs Kuota AON

Bagi sahabat pengguna kartu Tri (3) yang membutuhkan kuota internet reguler, maka ada dua pilihan kuota yang bisa sahabat pilih. Kuota Happy dan AON (AlwaysOn) adalah kuota reguler yang bisa digunakan untuk mengakses konten internet apa saja. Jadi sahabat bisa menggunakan kuota tersebut untuk memenuhi semua kebutuhan sahabat dalam berselancar internet.
Meskipun kuota Happy dan AON memiliki fungsi yang sama, akan tetapi kedua kuota tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu dengan tulisan ini, saya harapkan bagi sahabat yang ingin membeli kuota reguler dan masih bingung menentukan paket internet yang akan dipilih, maka dengan membaca tulisan ini tidak akan ragu lagi untuk menentukan paket yang akan dibeli.

Untuk mendapatkan kuota Happy maka sahabat harus membeli paket Happy, sedangkan untuk mendapatkan kuota AON maka sahabat harus membeli paket AlwaysOn. Setidaknya ada dua poin yang bisa sahabat pertimbangkan sebelum memilih untuk membeli paket Happy atau paket AON. Berikut akan saya jelaskan kedua poin yang saya maksud.

[1] Harga & Kuota

Agar sahabat lebih mudah dalam melihat mana yang lebih murah antara kuota AON dan kuota Happy, maka untuk menggambarkannya akan saya hitung harga per GB (Gigabyte) dari kedua kuota tersebut. Hal tersebut saya lakukan karena memang tidak ada harga yang sama dari kedua paket tersebut.

Dalam hal ini saya akan membandingkan harga antara kuota AON 8GB (Rp 48.000) dengan harga kuota Happy 12GB (Rp 50.000). Harga dari kedua kuota tersebut saya ambil contoh untuk dibandingkan, karena memiliki harga yang hampir sama dan hanya memiliki selisih harga Rp 2.000 saja.

Kalau dihitung rata-rata, maka harga per 1GB dari kuota AON 8GB adalah Rp 48.000/8 = Rp 6.000. Sedangkan harga rata-rata per 1GB dari kuota Happy 12GB adalah Rp 50.000/12 = Rp 4.167. Dari perbandingan harga per 1GB dari kedua kuota tersebut maka bisa sahabat ketahui bahwa dari segi Harga & Kuota, maka kuota Happy lebih murah dibandingkan kuota AON.

[2] Masa Aktif

Kalau dari segi harga sudah bisa sahabat ketahui bahwa harga kuota Happy bisa mengalahkan kuota AON, meski demikian kalau dilihat dari segi masa aktif kuota maka pemenangnya adalah kuota AON. Kalau kuota Happy masa aktifnya terbatas yaitu maksimal hanya 30 hari, maka kalau kuota AON masa aktifnya adalah unlimited atau selamanya (selama kartu berada dalam masa aktif).

Selain itu, apabila sahabat memiliki sisa kuota internet AON kemudian sahabat membeli kuota AON lagi, maka sisa kuota yang sebelumnya akan diakumulasi atau ditambahkan dengan kuota baru. Sebaliknya, apabila sahabat memiliki kuota Happy, kemudian sahabat membeli kuota Happy yang baru, maka kuota yang sebelumnya akan hangus dan digantikan dengan kuota yang baru.

Bagi sahabat yang memiliki kebutuhan internet rutin dan bisa memperkirakan habisnya kuota dalam waktu 1 minggu atau 1 bulan, maka sahabat bisa memilih kuota Happy. Sebaliknya, apabila kebutuhan kuota internet sahabat tidak menentu dan tidak bisa diprediksi kebutuhannya dalam satu bulan, maka sahabat bisa memilih kuota AON.

Baik kuota Happy ataupun kuota AlwaysOn (AON) bisa sahabat beli dengan mudah melalui aplikasi Bima+. Bagi sahabat yang belum memiliki aplikasi Bima+ Tri, maka sahabat bisa mendapatkannya secara gratis dengan mendownload aplikasi Bima+ di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan di App Store (bagi pengguna iOS). Semoga membantu dan bermanfaat.

8 komentar untuk "Bagus Mana? Kuota Happy Vs Kuota AON"

  1. Lebih irit mana kuota antara kuota addon san aon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung harga dan kuotanya Kak. Rumusnya adalah harga dibagi jumlah kuota. Hasil yang paling rendah adalah yg paling irit Kak 😊

      Hapus
  2. kak kalau saya masih ada kuota aon dan ingin beli paket happy apa kuota aon akan hangus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Kak, kuota AON akan tetap utuh dan tidak hangus 🙂

      Hapus
  3. Bang di paket happu tertulis kuota nasional dan aon tertulis kuota aon...itu maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuota nasional itu bisa digunakan untuk akses konten internet apa saja dan dimana saja (di seluruh Indonesia) dan mengikuti masa aktif paket Happy.

      Sedangkan kuota AON juga memiliki fungsi yang sama seperti kuota nasinal Happy, akan tetapi masa aktifnya unlimited (sampai kuota habis).

      Jadi perbedaannya hanya pada masa aktifnya saja Kak.

      Hapus
  4. makasih, jadi lebih nyakin buat beli AON, dibanding Happy.
    Tapi kualitas 3 bagus gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kualitas jaringan ya tergantung tempat atau daerah masing-masing Kak 🙂

      Hapus