Tri

Pembagian Kuota & Cara Menggunakan Paket AON Unlimited 26GB

Evy Nurvitasari
6 Komentar
Beranda
Tri
Pembagian Kuota & Cara Menggunakan Paket AON Unlimited 26GB
Ketika sahabat akan melakukan pembelian Paket AlwaysOn (AON), maka sahabat akan menemukan dua jenis paket yang ditawarkan oleh 3 (Tri) Indonesia. Yang pertama adalah AON Full yang seluruh kuotanya memiliki masa aktif unlimited (tanpa batas), dan yang kedua adalah AON Unlimited yang tidak semua kuotanya memiliki masa aktif unlimited.

Saat saya menulis artikel ini, ada satu pilihan paket AON Unlimited kartu Tri yaitu AON Unlimited 26GB. Dibanderol dengan harga Rp 80Rb, Pantaskah kuota tersebut dibeli? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya akan lebih baik apabila sahabat membaca penjelasan mengenai benefit kuota internet yang didapatkan dari Paket AON Unlimited 26GB di bawah ini.

Pembagian Kuota AON Unlimited 26GB

Dalam Paket AON Unlimited, kuota yang diberikan dibagi menjadi sebagai berikut:
  • 6GB Kuota AON yang bisa digunakan full 24 Jam
  • 20GB Kuota Reguler yang bisa digunakan pada Jam 01.00 – 17.00
  • Unlimited akses internet dengan kecepatan yang tidak disebutkan.
Keterangan: Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa kuota AON memiliki masa aktif unlimited, itu artinya bahwa kuota 6GB AON dari Paket AON Unlimited 26GB bisa sahabat gunakan selama nomor sahabat masih aktif. Sedangkan kuota reguler 20GB dari Paket AON Unlimited 26GB dan internet unlimited hanya bisa sahabat gunakan selama 30 Hari sejak paket diaktifkan.

Cara Menggunakan Paket AON Unlimited 26GB

Baik kuota AON dan kuota Reguler (01.00 – 17.00) bisa sahabat gunakan untuk mengakses konten internet apa saja. Itu artinya bahwa dengan menggunakan dua kuota tersebut, maka sahabat bisa membuka aplikasi apa saja seperti Instagram, TikTok, YouTube, WhatsApp, Twitter, dan aplikasi lainnya. Intinya, semua bisa sahabat lakukan dengan kuota tersebut (termasuk download).
pembagian-kuota-cara-menggunakan-paket-aon-unlimited-26gb
Ketika sahabat mengakses internet dari Jam 01.00 – 17.00 maka kuota yang akan terpakai adalah kuota internet reguler (20GB), sedangkan untuk pemakaian internet diluar jam tersebut yaitu dari Jam 17.01 – 00.59, maka kuota internet yang akan digunakan adalah kuota AON. Tentu yang jadi pertanyaan adalah “Kapan kuota unlimited bisa digunakan?”

Unlimited internet dari paket AON Unlimited 26GB bisa dimanfaatkan setelah kuota internet reguler 20GB + kuota AON 6GB habis (tidak tersisa). Yang membuat ‘tidak istimewa’ dari internet unlimited tersebut adalah kecepatan yang diberikan oleh Tri bukan lah kecepatan normal, melainkan kecepatan internet yang diturunkan tanpa informasi yang jelas.

Tri Indonesia hanya menyebutkan bahwa kecepatan internet unlimited akan menyesuaikan secara dinamis tergantung dari lokasi dan kepadatan jaringan. Itu berarti tidak ada jaminan mengenai kecepatan internet unlimited pada Paket AON Unlimited 26GB yang diberikan oleh Tri selaku penyedia jasa layanan.

Contoh Penggunaan Paket AON Unlimited 26GB

Sahabat tanggal 1 Agustus membeli / mengaktifkan Paket AON Unlimited 26GB, tentu saja sahabat akan langsung mendapatkan benefit berupa kuota AON 6GB & kuota reguler (01.00 -17.00) 20GB. Ketika tanggal 15 Agustus, kuota AON dan kuota reguler keduanya habis, maka sejak tanggal tersebut (15 Agustus) hingga tanggal 30 Agustus sahabat akan mengakses internet unlimited.

Kesimpulan & Saran

Dari beberapa poin yang sudah saya sampaikan di atas, maka ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan mengenai Paket AON Unlimited 26GB Kartu Tri, yaitu sebagai berikut:
  • Kuota internet pada Paket AON Unlimited 26GB tidak sepenuhnya bisa digunakan full 24 Jam.
  • Hanya kuota AON 6GB yang bisa digunakan untuk mengakses internet full 24 Jam.
  • Kuota reguler 20GB hanya bisa digunakan pada Jam 01.00 – 17.00.
  • Akses internet unlimited dengan kecepatan ‘yang tidak normal’ dan tidak dijelaskan oleh Tri bisa digunakan setelah kuota AON & Kuota Reguler habis.
  • Kuota AON terpaksa hanya memiliki masa aktif maksimal 30 Hari apabila pengguna ingin menikmati akses internet unlimited.
Berdasarkan kesimpulan yang sudah saya sebutkan di atas, maka saya tidak menyarankan kepada sahabat untuk mengaktifkan Paket AON Unlimited 26GB mengingat aturan yang berlaku tidak banyak menguntungkan pengguna Kartu Tri. Meski demikian, keputusan untuk mengaktifkan atau tidak mengaktifkan paket tersebut berada di tangan sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

6 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    27 Januari, 2024
    Halo kak mau tanya apakah setelah semua kuota habis kan tinggal yang Unlimited, Nah pertanyaan-nya apakah yang unlimited itu bisa digunakan untuk scroll tiktok?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      27 Januari, 2024
      Yang unlimited memang bisa digunakan untuk akses semua aplikasi (termasuk TikTok) Kak.

      Meski demikian, perlu digarisbawahi bahwa kecepatan yang didapatkan diturunkan dan tidak disebutkan berapa kecepatan yang diberikan.

      Sehingga, meski bisa dipakai untuk scrolling aplikasi TikTok, tapi saya tidak tahu apakah bisa lancar atau tidak mengingat kecepatan yang diberikan tidak diketahui.
  2. Anonim
    Anonim
    26 September, 2023
    Tolong di bantu dong,masak tadi malam beli paketan tri aon 50gb lewat bima tri ndk masuk masuk,,,padahal pulsa utamanya sudah terpotong sesuai harga paketnya, tolong bantuannya dong tolongggg
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 September, 2023
      Langsung hubungi CS nya ya Kak. Sepertinya Kakak tadi dah komentar di tulisan saya yang berjudul Cara Menghubungi CS Tri 🙂
  3. Anonim
    Anonim
    13 September, 2023
    Tri ny nipu konsumen tri, paket 26 gb unlimited ngk bisa di gunakan..
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 September, 2023
      Bisa diinformasikan lebih jelas permasalahannya Kak? Ada kuota AON 6GB harusnya bisa digunakan untuk akses semua konten internet & aplikasi. Sedangkan untuk pemakaian kuota lainnya bisa dibilang 'terlalu banyak aturan' 😅