Pengertian dan Contoh Download (unduh) dan Upload (unggah) pada Koneksi Jaringan Internet

Proses download dan upload adalah istilah yang sering kita dengar dalam penggunaan data internet baik menggunakan komputer, handphone dan juga smartphone. Download dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan unduh, sedangkan upload dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan unggah. Sehingga dapat diartikan bahwa proses download adalah proses mengambil segala sesuatu melalui jaringan komputer salah satunya adalah internet, sedangkan proses upload adalah proses mengirim segala sesuatu melalui jaringan komputer salah satunya adalah internet. Untuk mengetahui proses download dan upload pada smartphone android, sahabat bisa menggunakan aplikasi yang saya tulis di sini.
gambar-upload-download
Banyak penggunan internet mengira bahwa download adalah hanya ketika mengambil file seperti musik (mp3), movie, dan software yang diambil menggunakan download manager seperti IDM, XDM, dan download manager lainnya. Sedangkan banyak juga yang mengira bahwa upload adalah hanya ketika pengguna menggunakan internet untuk mengirim sesuatu melalui internet berupa kirim photo, musik, film, dan lain sebagainya. Memang pendapat tersebut tidak salah tetapi perlu kita ketahui bahwa segala trafik lalu lintas jaringan yang terjadi pada waktu kita menggunakan internet baik mengirim ataupun menerima data baik berupa teks, gambar, video, suara, dan lain sebagainya maka sebenarnya kita sudah melakukan proses download dan upload, sehingga banyak para pengguna internet (netter) tidak sadar ketika kuota internet mereka berkurang meski belum menggunakan aplikasi apapun. Untuk menghitung kuota internet, sahabat bisa membaca artikel saya tentang cara menghitung kuota internet yang bisa sahabat baca di sini.

Agar lebih mudah dalam memahami proses download dan upload pada jaringan internet, berikut akan saya beri contoh proses download (unduh) dan upload (unggah) pada jaringan internet.berikut adalah contoh proses download dan upload menggunakan data internet:
  • Chatting dan berkirim pesan dengan aplikasi yan membutuhkan jaringan internet seperti yahoo messenger (YM), whatsapp, blackberry messenger (BBM), Line dan pesan instant lainnya. Pada proses chatting, ketika kita mendapatkan pesan baik berupa teks, suara, gambar, emoji, dan lain-lain sebenarnya smartphone atau komputer kita sudah melakukan proses download. Ketika kita mengirim pesan berarti kita sudah melakukan proses upload. Selain itu, proses download dan upload juga terjadi pada waktu chatting meski tanpa mengirim dan menerima pesan apapun, hal ini terjadi ketika aplikasi mengirim data (upload) ke server untuk mengetahui apakah terdapat pesan atau tidak sehingga server akan memberikan respon dengan mengirim data ke aplikasi yang kita gunakan, sehingga smartphone kita akan menerima (download) data dari server.
  • Menerima e-mail menggunakan aplikasi outlook, aplikasi e-mail bawaan android dan lain sebagainya otomatis membutuhkan jaringan internet. Ketika menerima email berupa data apapun, maka sebenarnya perangkat kita sudah melakukan proses download. Sedangkan ketika mengirim pesan, perangkat kita sudah melakukan proses upload. Sama seperti pada proses upload dan download pada waktu chatting bahwa semisal kita menggunakan aplikasi untuk membuka dan mengirim e-mail, meski kita tidak mengirim dan menerima e-mail sangat dimungkinkan perangkat komputer ataupun smartphone juga melakukan proses upload ke server dan download dari server.
  • Browsing internet menggunakan browser seperti Mozilla firefox, google chrome, opera browser, dan browser lainnya tentu saja menggunakan koneksi internet. Ketika browsing internet atau membuka website melalui browser maka akan tampil pada halaman browser isi situs yang kita buka. Data yang tampil pada browser tersebut ada (tampil) karena proses download. Ketika kita mengetikkan alamat, kemudian kita buka alamat website tersebut sebenarnya kita mengirimkan data (upload) ke server untuk meminta dikirimkan data sesuai dengan alamat yang kita ketik.
  • Update aplikasi pada komputer ataupun smartphone akan berjalan ketika terhubung dengan jaringan internet. Banyak aplikasi pada sistem operasi windows (komputer) dan android (smartphone) yang melakukan proses update aplikasi tanpa memberikan notifikasi (pemberitahuan). Proses update aplikasi tersebut disebut juga dengan proses download. Untuk mengetahui apakah aplikasi pada komputer ataupun smartphone memerlukan update atau tidak, maka ketika terhubung ke jaringan internet, smartphone atau komputer kita akan mengirimkan data (upload) ke server, kemudian server akan memberikan respon dengan mengirim balik data ke perangkat kita.

Untuk mengetahui banyak sedikitnya data internet yang digunakan sahabat dapat membaca artikel saya tentang menghitung kilo byte (KB), mega byte (MB), dan giga byte (GB) di sini. Sedangkan untuk menghitung kecepatan internet, sahabat dapat membaca artikel saya tentang menghitung bps, kbps, dan mbps di sini.

Pengertian dan Contoh Download (unduh) dan Upload (unggah) pada Koneksi Jaringan Internet