Cara Menghitung Kecepatan Internet bps, Kbps, Mbps

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang cara menghitung kecepatan internet yang dinyatakan dalam bps (bit per second), Kbps (Kilo bit per second), Mbps (Mega bit per second), dan Gbps (Giga bit per second). Dalam melakukan aktivitas menggunakan jaringan internet, saya yakin bahwa ada kalanya sahabat penasaran dengan kecepatan internet yang sahabat dapatkan. Kecepatan internet yang sahabat gunakan dipengaruhi oleh berbagai hal, baik itu pengaruh internal dan eksternal.

Sering kita lihat dalam iklan sebuah jasa penyedia layanan internet yang menawarkan beragam paket internet yang menawarkan kuota dan kecepatan internet yang beragam. Secara logika dapat sahabat ketahui bahwa bila semakin besar angka yang tertera pada kecepatan yang tetera pada iklan tersebut, maka akan semakin cepat pula kecepatan koneksi internetnya. Sebagai contoh ada 3 provider penyedia jasa internet yang menawarkan paket internet sebagai berikut:
  • Paket kuning menawarkan kuota 2 GB dengan kecepatan sampai (up to) 2 Mbps
  • Paket biru menawarkan kuota 3 GB dengan kecepatan sampai (up to) 3 Mbps
  • Paket merah menawarkan kuota 4 GB dengan kecepatan sampai (up to) 4 Mbps

Dari paket yang ditawarkan diatas, kuota yang ditawarkan yang paling besar adalah paket kuning, disusul oleh paket biru dan yang paling sedikit adalah paket merah, sehingga kuota pada ketiga penyedia layanan tersebut yang paling banyak adalah paket kuning. Untuk menghitung kuota data internet, sahabat dapat membaca tulisan saya tentang cara menghitung kuota internet, sedangkan untuk mengetahui kecepatan internet pada android, sahabat dapat membaca artikel saya tentang aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet. Kecepatan pada ketiga penyedia jasa layanan diatas juga berbeda yaitu diketahui bahwa kecepatan yang paling tinggi adalah paket merah dengan kecepatan hingga 4Mbps, disusul oleh paket biru dengan kecepatan hingga 3Mbps, dan yang paling rendah adalah paket kuning dengan kecepatan hingga 2Mbps.
cara-menghitung-kecepatan-internet
Mbps adalah singkatan dari Mega bit per second (1.000.000 bit/detik) artinya setiap detik dapat melakukan transfer data sebesar 1.000.000 bit (1Mb). Sehingga diketahui bahwa paket kuning dapat melakukan transfer data 2.000.000 bit/detik, paket biru dapat melakukan transfer data sebesar 3.000.000 bit/detik, dan paket merah dapat melakukan transfer data 4.000.000 bit/detik. Perlu diketahui bahwa 8 bit sama dengan 1 byte, sehingga diketahui bahwa kecepatan maksimal transfer data paket kuning adalah 2.000.000:8 = 250.000 Bps (Byte per second) atau 250 KBps (Kilo byte per second) atau 0,25 MBps (Mega byte per second), paket biru adalah 3.000.000:8 =  375.000 Bps = 375 KBps = 0,375 MBps, sedangkan paket merah adalah 4.000.000:8 = 500.000 Bps = 500 KBps = 0,5 MBps.

Supaya sahabat lebih paham tentang aplikasi dari kecepatan internet, akan saya berikan contoh pentingnya sahabat mengetahui kecepatan internet. semisal sahabat ingin download lagu MP3 dengan ukuran 8MB (8 Mega Byte), maka bila sahabat menggunakan paket kuning maka waktu yang sahabat butuhkan untuk mengunduh atau mendownloadnya adalah 8MB : 0,25MBps = 32 detik. Bila menggunakan paket biru maka waktu yang sahabat butuhkan adalah 8MB : 0,375MBps = 21,33 detik, sedangkan bila menggunakan paket merah, waktu yang sahabat butuhkan adalah 8MB : 0.5MBps = 16 detik. Semoga bermanfaat dan membantu :)

Cara Menghitung Kecepatan Internet bps, Kbps, Mbps
  1. mohon maaf gan untuk itu contoh mendownload lagu itu kan di contohkan misalnya utk paket kuning itu ada 32 detik
    nah maksud 32 detik itu kecepatan apa nya gan kecepatan bit nya??? mohon jelaskan lagi gan agak kurang paham di bagian situ nya hehehe
    makasih sebelumnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket kuning kan memiliki bandwidth 2 Mbps (mega bit per second), sehingga bila dikonversi menjadi kecepatan download (byte per second) menjadi 2Mbps (2.000.000 bps)/ 8 = 250.000 Bps (Byte per second) atau sama dengan 250KBps (kilo byte per second) atau sama dengan 0,25 MBps (mega byte per second). sehingga bila download lagu 8 MB dibutuhkan waktu 8MB/0,25MBps = 32 second (detik). 32 detik adalah waktu yang dibutuhkan untuk download dengan asumsi bandwidth internet stabil 2Mbps (mega bit per second) sehingga kecepatan downloadnya adalah stabil 250KBps (kilo byte per second). semoga lebih jelas :)

      Hapus