Cara Membuat Simpanan Deposito Bank Mandiri

Setelah sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang cara membuat simpanan deposito di BNI, Bank Danamon, dan Jenius BTPN, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuka simpanan Deposito menggunakan Bank Mandiri. Pada tutorial kali ini, cara yang akan saya sampaikan adalah pembuatan deposito Bank Mandiri menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri.

Pertimbangan saya melakukan pembukaan simpanan deposito menggunakan Mobile banking Livin’ by Mandiri adalah karena selain praktis (tidak perlu datang langsung ke Bank Mandiri), jumlah minimal uang yang bisa disimpan dalam bentuk deposito juga tidak terlalu besar. Hanya dengan minimal 1 Juta, sahabat sudah bisa membuat deposito menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri.

Setelah kemarin ada uang sebesar 5 Juta yang saya transfer dari dompet digital DANA ke rekening Mandiri saya, selanjutnya uang tersebut saya simpan dalam bentuk deposito. Untuk tutorial langkah-langkah membuka simpanan deposito Bank Mandiri menggunakan aplikasi Mobile Banking Livin’ by Mandiri, silakan sahabat ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka aplikasi Livin’ by Mandiri, selanjutnya silakan sahabat pilih menu [Pembukaan Rekening Baru].
  • Akan tersedia 2 pilihan menu, yaitu Mandiri Deposito dan Mandiri Tabungan Rencana. Silakan sahabat pilih menu [Mandiri Deposito].
  • Ditampilkan informasi mengenai Mandiri Deposito. Silakan sahabat pilih tombol [BUKA REKENING].
  • Sahabat akan di bawa ke halaman Pembukaan Mandiri Deposito. Silakan sahabat isi Jangka waktu, Instruksi saat jatuh tempo, dan jumlah uang yang akan sahabat depositokan. Selanjutnya, silakan sahabat berikan tanda centang bahwa sahabat sudah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian pilih tombol [LANJUT].
  • Akan muncul halaman konfirmasi mengenai data yang sudah sahabat masukkan tadi. Kalau menurut sahabat data yang ditampilkan sudah benar, silakan sahabat pilih tombol [KONFIRMASI].
  • Untuk menyelesaikan proses pembukaan deposito, silakan sahabat masukkan MPIN (PIN SMS Banking).
  • Kalau benar, akan ditampilkan Resi yang menginformasikan bahwa pembukaan rekening deposito Bank Mandiri sudah berhasil.
  • Proses pembuatan simpanan deposito menggunakan mobile banking Livin’ by Mandiri sudah selesai. Silakan sahabat cek di halaman utama, sahabat akan menemukan simpanan Deposito tersebut.

Pada pilihan Instruksi saat jatuh tempo, ada 3 pilihan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah maksud dari ketiga pilihan instruksi saat jatuh tempo:
  1. Auto – Renewal, Bunga ditambah pada jumlah saat jatuh tempo. Artinya adalah setelah jatuh tempo, bunga yang didapatkan akan ditambahkan ke uang yang sahabat depositokan, kemudian uang tersebut otomatis akan terdepositokan lagi dengan jangka waktu yang sama.
  2. Auto – Renewal, Bunga transfer ke Rekening Asal saat jatuh tempo. Maksudnya adalah, bunga akan langsung dimasukkan ke rekening tabungan sahabat, akan tetapi uang yang didepositokan otomatis akan didepositokan lagi dengan jangka waktu yang sama.
  3. Non Auto – Renewal, Bunga transfer ke Rekening Asal saat jatuh Tempo. Artinya adalah setelah jatuh tempo, maka bunga dan uang yang sebelumnya sahabat depositokan akan dikembalikan ke saldo utama tabungan. Jadi proses depositonya selesai tanpa diperpanjang.

Berdasarkan besarnya suku bunga yang ditawarkan oleh Bank yang pernah saya gunakan untuk menyimpan dalam bentuk Deposito. Saat ini urutan suku bunga dari yang terbesar hingga terkecil adalah Jenius BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Negara), Bank Danamon, BNI (Bank Nasional Indonesia), dan Bank Mandiri. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Membuat Simpanan Deposito Bank Mandiri