Trik / Cara Mudah Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Bagi sahabat pengguna kartu seluler prabayar, pastinya sangat penting untuk mengetahui masa aktif dan masa tenggang dari kartu yang sahabat gunakan. Kalau sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang [Cara Mengecek Masa Akti Kartu Telkomsel], maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan trik untuk mengetahui masa tenggang dari kartu Telkomsel.
Sebelumnya perlu sahabat ketahui bahwa saat ini (ketika saya menulis), Telkomsel memiliki 3 jenis kartu dengan karakteristik yang berbeda. Jenis kartu yang pertama adalah kartu pasca bayar (Halo), selanjutnya jenis kartu yang kedua adalah kartu prabayar (Simpati, As, dan Loop), sedangkan jenis kartu yang ketiga adalah kartu serba digital (by.U).

Karena ketiga jenis kartu Telkomsel tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka cara cek masa tenggang dari ketiganya juga berbeda-beda. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut adalah cara mudah cek masa tenggang kartu Telkomsel (Halo, Simpati, As, Loop, dan by.U):

[1] Kartu Simpati, As, dan Loop

Untuk cek masa tenggang kartu Simpati, As, dan Loop, maka sahabat tidak bisa langsung melihatnya. Meski demikian, sahabat bisa mengetahui masa tenggang dari kartu tersebut dengan terlebih dahulu mengetahui berakhirnya masa aktif dari kartu Simpati, As, dan Loop. Setelah sahabat mengetahui berakhirnya masa aktif dari kartu tersebut, sahabat bisa mengetahui masa tenggangnya.

Sebagai informasi bahwa masa tenggang dari ketiga kartu tersebut (Simpati, As, dan Loop) adalah 30 hari sejak masa aktifnya berakhir. Jadi setelah sahabat mengetahui tanggal berakhirnya masa aktif dari kartu tersebut, selanjutnya sahabat tambahkan 30 hari dari tanggal masa aktif (terakhir) dari kartu tersebut untuk mengetahui berakhirnya masa tenggang dari kartu tersebut.

[2] Kartu by.U

Sebagai produk kartu prabayar terbaru dari Telkomsel, kartu by.U memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kartu prabayar lainnya (Simpati, As, dan Loop). Kartu by.U bisa aktif terus dengan syarat nomor tersebut selalu sahabat pakai. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang [Cara Agar Kartu by.U Bisa Aktif Selamanya Tanpa Isi Pulsa].

Tanpa ada masa tenggang, kartu serba digita by.U bisa dinonaktifkan oleh Telkomsel apabila selama 30 hari berturut-turut, kartu tersebut tidak terpasang di HP yang sahabat gunakan atau tidak pernah mendapatkan sinyal Telkomsel. Jadi meski tidak ada masa tenggang, akan tetapi nomor by.U bisa diblokir tanpa harus menunggu masa tenggang.

[3] Kartu Halo

Apabila sahabat adalah pengguna baru Kartu Halo, maka sahabat tidak perlu khawatir dengan masa aktif dan masa tenggang dari kartu tersebut. Sebagai kartu pascabayar, tentu saja nomor yang sahabat gunakan akan selalu aktif selama sahabat rutin untuk membayar tagihan bulanan dari Kartu Halo yang sahabat gunakan.

Apa resikonya apabila tidak membayar tagihan kartu Halo? Karena tagihan merupakan hutang, maka tentu saja sahabat akan berhutang kepada Telkomsel selama tagihan tersebut belum sahabat bayar. Kalau sahabat sudah tidak ingin menggunakan kartu Halo (karena alasan tertentu), maka sahabat bisa menutup kartu Halo yang sahabat gunakan.

Kesimpulan

Cara mengecek masa tenggang dari kartu Telkomsel (Simpati, As, dan Loop) bisa sahabat lakukan dengan mengetahui tanggal terakhir masa aktif dari nomor yang sahabat gunakan. Setelah mengetahuinya, sahabat bisa menambahkan 30 hari (jumlah masa tenggang) untuk mengetahui berakhirnya masa tenggang dari kartu Simpati, As, dan Loop yang sahabat gunakan.

Sedangkan bagi sahabat pengguna kartu by.U dan Halo Telkomsel, sahabat tidak perlu repot untuk mengetahui masa tenggang dari kedua jenis kartu tersebut. Hal tersebut dikarenakan kedua jenis kartu tersebut tidak memiliki masa tenggang seperti kartu prabayar pada umumnya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Trik / Cara Mudah Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel