Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Hingga saat ini Telkomsel memiliki 4 produk kartu prabayar dan 1 produk kartu pasca bayar. Kartu Halo adalah satu-satunya produk kartu pasca bayar yang dimiliki oleh Telkomsel, sedangkan kartu Simpati, As, Loop, dan by.U merupakan produk kartu prabayar yang dimiliki oleh Telkomsel. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengecek masa aktif kartu Telkomsel.

Kartu Halo

Kalau bicara tentang masa aktif kartu, sebenarnya ketika sahabat menggunakan kartu pascabayar, sahabat tidak perlu repot untuk mengecek masa aktif dari kartu Halo yang sahabat gunakan. Kartu yang sahabat gunakan akan selalu aktif ketika sahabat rutin melakukan pembayaran tagihan kartu Halo setiap bulannya. Jadi sahabat tidak perlu cek masa aktif dari kartu Halo Telkomsel.

Kartu Simpati, As, dan Loop

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan untuk mengecek masa aktif dari kartu Simpati, As, dan Loop yang sahabat gunakan. Meski demikian, berikut akan saya sampaikan 3 cara mudah yang bisa sahabat lakukan untuk mengecek masa aktif dari ketiga kartu prabayar Telkomsel yang sahabat gunakan.

[1] Kode Dial UMB / USSD

Cara ini sangat cocok apabila HP yang sahabat gunakan bukan smartphone, sehingga hp tersebut hanya berfungsi untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan SMS. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara cek masa aktif nomor Telkomsel menggunakan kode dial UMB / USSD:
  • Silakan sahabat akses kode dial *888# menggunakan menu panggilan.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu. Silakan sahabat masukkan angka [4] Cek Pulsa & Kuota.
  • Akan ditampilkan informasi mengenai jumlah pulsa dan masa aktif dari kartu Telkomsel yang sahabat gunakan.

[2] Aplikasi MyTelkomsel

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan tidak ribet. Meski demikian, untuk menggunakan cara ini maka sahabat harus install aplikasi MyTelkomsel di smartphone yang sahabat gunakan. Kalau di HP yang sahabat gunakan belum terpasang aplikasi tersebut, sahabat bisa mendownlaodnya secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Setelah terpasang, silakan sahabat buka aplikasi MyTelkomsel kemudian memasukkan nomor yang sahabat gunakan. Pada halaman utama, sahabat akan melihat informasi mengenai pulsa, kuota, dan lain sebagainya (termasuk masa aktif kartu).

[3] Asisten Virtual Telkomsel

Sahabat bisa juga melakukan pengecekan masa aktif kartu Telkomsel dengan menghubungi Asisten Virtual Telkomsel “Veronika”. Seperti halnya chatting, sahabat tinggal mengirimkan pesan ke Veronika menggunakan aplikasi Line, Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp. Sebagai contoh di bawah ini, saya menggunakan aplikasi Telegram untuk cek masa aktif kartu Telkomsel.
  • Hubungi akun Asisten Virtual Telegram di @Telkomsel_official_bot
  • Selanjutnya silakan sahabat ketikkan [Masa Aktif] atau [Masa Tenggang]. Selanjutnya Telkomsel Care akan menginformasikan mengenai pulsa dan masa aktif dari kartu Telkomsel.

Kartu by.U

Kartu terbaru yang dikeluarkan oleh Telkomsel ini memang sangat spesial. Selama nomor by.U terus terpasang di HP sahabat dan mendapatkan sinyal Telkomsel, maka nomor tersebut tidak akan hangus meski sahabat tidak melakukan pengisian pulsa atau pembelian paket. Untuk lebih jelasnya, saya sudah pernah menulisnya dengan judul [Cara Agar Kartu by.U Aktif Selamanya].

Khusus kartu prabayar Telkomsel seperti kartu Simpati, As, dan Loop, tentunya masa aktif dari kartu tersebut sangat penting diperhatikan agar nomor yang sahabat gunakan selalu bisa digunakan. Andai nomor yang sahabat gunakan akan memasuki masa tenggang, maka sahabat bisa melakukan Penambahan Masa Aktif Kartu Telkomsel dengan mudah. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel