-->

Cara Memperpanjang Masa aktif Kartu Telkomsel

Telkomsel saat ini memiliki satu jenis kartu pasca bayar (Kartu Halo) dan 4 jenis kartu prabayar yaitu Kartu Simpati, Loop, As, dan yang terbaru adalah by.U. Uniknya, dari keempat kartu prabayar Telkomsel tersebut memiliki skema penambahan masa aktif yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi dan tips cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel.

Kartu Simpati

Untuk menambah masa aktif kartu simpati caranya paling mudah, karena skemanya sederhana dan tidak rumit. Setiap sahabat melakukan isi ulang pulsa reguler, maka otomatis masa aktif dari nomor Simpati yang sahabat gunakan akan bertambah. Jumlah masa aktif yang ditambahkan tergantung dari nominal yang sahabat beli.

Sebagai contoh apabila sahabat melakukan isi ulang Rp 1.000 maka nomor simpati sahabat masa aktifnya akan bertambah 3 Hari. Apabila sahabat melakukan isi ulang Rp 5.000 maka masa aktifnya akan bertambah 7 Hari, sedangkan apabila sahabat melakukan isi ulang Rp 10.000 maka masa aktifnya akan bertambah 14 Hari.

Penambahan masa aktif kartu Simpati bersifat akumulatif, jadi apabila saat ini masa aktif di nomor simpati yang sahabat gunakan adalah 12 Hari, kemudian sahabat melakukan isi ulang pulsa Rp 25.000 maka masa aktif dari nomor Simpati yang sahabat gunakan akan bertambah 30 Hari. Jadi masa aktif kartu yang sahabat miliki akan menjadi 42 hari.

Jumlah masa aktif dari kartu Simpati dibatasi maksimal adalah 1 tahun atau sekitar 365 hari. Sebagai contoh apabila saat ini tanggal 28 Oktober 2020, kemudian masa aktif kartu Simpati saya berlaku hingga tanggal 20 Oktober 2021, maka ketika saya mengisi pulsa 25 Ribu, masa aktif kartu saya hanya akan bertambah 8 Hari, sehingga masa aktifnya berlaku hingga 28 Oktober 2021.

Kartu As

Berbeda dengan kartu Simpati, maka masa aktif dari kartu As maksimal adalah 30 Hari. Meski demikian, untuk memperpanjang masa aktif dari kartu As caranya sangat mudah. Apabila nomor Kartu As yang sahabat gunakan berada dalam masa aktif, kemudian sahabat menggunakan pulsanya (minimal 1 SMS), maka otomatis masa aktif kartu As yang sahabat gunakan akan bertambah 30 Hari.

Sebagai contoh saat ini Kartu As yang saya gunakan masa aktifnya masih 9 hari lagi, kemudian selama 21 hari kebelakang kartu tersebut pulsanya belum pernah saya gunakan dan belum berkurang. Apabila saat ini saya mengirim SMS ke nomor lain dengan biaya sekitar Rp 300, maka otomatis setelah 9 hari, masa aktif kartu As saya akan bertambah 30 Hari lagi.

Ketika nomor Kartu As yang sahabat gunakan berada dalam kondisi masa aktif, kemudian sahabat mengisinya dengan pulsa dengan nominal berapapun, maka masa aktifnya tidak akan bertambah. Akan tetapi apabila sahabat melakukan isi ulang kartu As ketika kartu tersebut berada dalam masa tenggang, maka masa aktif kartu tersebut akan bertambah 30 Hari.

Sebagai salah satu pengguna kartu As, saya juga memiliki pengalaman dalam menggunakan kartu tersebut. Berkaitan dengan masa aktif kartu As, sebelumnya saya juga pernah menulis tentang [Cara Menambah Masa Aktif 1 Bulan Kartu As]. Dalam tulisan tersebut, saya juga memberikan contoh yang sederhana dan mudah dipahami.

Kartu Loop

Sama seperti kartu Simpati, masa aktif dari kartu Loop bisa terakumulasi hingga 365 Hari atau 1 Tahun. Meski demikian ada perbedaan skema antara kartu simpati dan loop, yaitu kalau sahabat melakukan isi ulang kartu Loop, maka penambahan jumlah masa aktifnya sangat kecil. Sebagai contoh sahabat mengisi pulsa 100 Ribu, maka tambahan masa aktifnya hanya 3 hari.

Sahabat akan mendapatkan tambahan masa aktif 30 Hari di nomor Loop yang sahabat gunakan apabila sebelumnya sahabat menggunakan pulsa Rp 5.000 hingga Rp 50.000. Sedangkan apabila sahabat menggunakan pulsa di atas Rp 50.000 – Rp 100.000 maka sahabat akan mendapatkan tambahan masa aktif 60 Hari.

Kartu By.U

Sebagai kartu prabayar terbaru dari Telkomsel, kartu by.U menawarkan masa aktif selamanya. Dalam kartu by.U tidak ada istilah masa aktif dan masa tenggang. Jadi sahabat tidak perlu lagi memikirkan masa aktif dari kartu serba digital tersebut. Untuk informasi lebih jelasnya, sahabat bisa baca tulisan saya [Cara Agar Kartu by.U Aktif Selamanya Tanpa Isi Pulsa].

Kalau dilihat dari skema masa aktif kartu prabayar Telkomsel yang sudah saya bahas di atas, tentu saja saya yakin semua akan sepakat bahwa Kartu by.U adalah kartu yang paling simpel dalam hal penggunaan masa aktifnya. Bagi sahabat yang ingin tahu lebih banyak mengenai kartu serba digital tersebut, sahabat bisa membaca tulisan-tulisan saya di label [by.U]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Memperpanjang Masa aktif Kartu Telkomsel