by.U

Analisis Kecepatan Kartu by.U Unlimited 2Mbps

Evy Nurvitasari
38 Komentar
Beranda
by.U
Analisis Kecepatan Kartu by.U Unlimited 2Mbps
Saat ini Kartu by.U memiliki paket unlimited 2Mbps dengan harga Rp 140.000. Bagi sahabat yang tertarik dengan paket tersebut dan berencana ingin membelinya, maka saya sarankan untuk membaca tulisan saya ini agar bisa memiliki gambaran tentang kecepatan dari paket “Yang Bikin Aman Jaya” 2Mbps kartu by.U.

2Mbps Berapa KBps?

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang [Gambaran Kecepatan Paket 1Mbps Telkomsel by.U], dimana dalam tulisan tersebut saya sebutkan bahwa 1Mbps (Megabits per second) kurang lebih sama dengan 125KBps (Kilobytes per second). Secara matematis, berarti kalau 2Mbps sama dengan 250KBps.

Cara menghitungnya adalah 2Mbps sama dengan 2000Kbps (Kilobits per second). Karena 8bit sama dengan 1byte, maka 2000Kbps = 250KBps (Kilobytes per second). Setelah mengetahui bahwa 2Mbps sama dengan 250KBps, maka saya yakin bagi sahabat yang sering melihat indikator kecepatan yang berada di smartphone bisa memperkirakan kecepatan 2Mbps bisa dipakai buat apa.

Kecepatan 2Mbps Seberapa Kencang?

Kalau bagi saya, kecepatan 2Mbps atau 250KBps itu sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari saya. Streaming Video YouTube, Netflix, VIU, Vidio, dan lain sebagainya masih lancar tanpa buffering. Apalagi kalau hanya dipakai buat medsos Instagram, Facebook, Twitter, WA dan lain sebagainya, maka 2Mbps sudah cukup baik untuk kebutuhan itu semua.

Meski demikian, bagi sahabat yang hobi download file yang berukuran besar, maka harus dibutuhkan kesabaran apabila menggunakan paket by.U 2Mbps. Sebagai perhitungan, apabila sahabat ingin mendownload file 1GB dengan kecepatan 2Mbps, maka sahabat harus menunggu sekitar 4000 Detik atau sekitar 67 Menit untuk menyelesaikannya.

Perhitungannya adalah 1GB (Gigabyte) = 1000MB (Megabyte) = 1.000.000KB (Kilobyte). Dengan kecepatan 250KBps, maka untuk mengunduh file 1GB, perhitungannya adalah 1.000.000KB / 250KBps = 4000 detik atau 66,67 menit atau sekitar 1 Jam lebih 7 menit. Ingat, perhitungan tersebut akan tepat apabila kecepatannya stabil di 250KBps.

Beli atau Tidak?

Paket by.U 2Mbps menawarkan kecepatan sedang akan tetapi unlimited (tidak dibatasi) waktu penggunaan dan kuotanya. Sehingga bagi sahabat yang ingin membeli paket yang tidak dibatasi penggunaannya dan tentu saja aman (karena tidak perlu memikirkan kuota), maka paket 2Mbps by.U bisa sahabat pilih untuk memenuhi kebutuhan internet sahabat sehari-hari.

Kalau sahabat memiliki aktifitas sering download File dengan ukuran yang besar, maka seperti yang saya sampaikan di atas bahwa diperlukan kesabaran yang cukup untuk bisa menyelesaikan proses tersebut. Meski demikian, kalau sahabat sabar sebenarnya sahabat bisa download file yang besar dan banyak tanpa harus memikirkan kuota internet.

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa hal yang sudah saya sampaikan tentang paket unlimited 2Mbps by.U maka saya yakin bahwa sahabat sudah bisa menentukan apakah akan membeli paket tersebut atau tidak. Jadi, kalau kebutuhan internet sahabat dalam satu bulan tidak banyak, maka sahabat bisa membeli paket internet dengan kuota terbatas.

Sebagai contoh sahabat dalam satu bulan hanya menghabiskan kuota kurang dari 10GB, maka sahabat bisa memilih Paket “Yang Bikin Deket” 10GB dengan harga Rp 50.000. Apabila sahabat kebutuhan internetnya kalau ditotal dalam 1 bulan bisa lebih dari 40GB, maka paket internet unlimited bisa menjadi pilihan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

38 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    06 Maret, 2024
    Kak, kalau kartu by u 2 Mbps ini bisa dipakai di modem ndak? Dan maksudnya kartu 2 Mbps unlimited, yang unlimited apa nya kak, paketnya atau masa aktif kartu nya?😁🙏🏼
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Maret, 2024
      Kartunya bia dipasang di modem Kak.

      Maksud unlimited adalah selama paketnya aktif, maka akan terus bisa digunakan untuk internetan Kak.

      Yang perlu jadi perhatian adalah untuk penggunaan hingga 100GB, maka kecepatan yang didapatkan maksimal hingga 2Mbps. Setelah melewati kuota tersebut, selanjutnya kecepatannya akan dikurangi Kak.

      Masa aktif dari kartu by.U juga unlimited / tidak akan hangus selama kartunya terus dipasang di HP Kak.
  2. Cbvbbv
    Cbvbbv
    09 November, 2022
    Sayang banget skrg byu unlimited ada FUP 🥺
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 November, 2022
      Iya, benar sekali Kak. Saya juga sudah menulisnya terkait hal tersebut pada tulisan [Turun Kualitasnya! Ada FUP Pada Paket Internet Unlimited by.U 2Mbps]
  3. adymassaid
    adymassaid
    27 Oktober, 2022
    Saya mo beli by.u yg 2 mbps. Caranya gmn. Langsung beli toko atau aktifin lewat aplikasi. Masih bingung ini
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Oktober, 2022
      Langsung aktifkan lewat aplikasi saja malah lebih mudah Kak 🙂
    2. adymassaid
      adymassaid
      01 November, 2022
      Tapi kok tdk ada pilihanya yg unlimited 2mbps di aplikasi ka
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 November, 2022
      Di nomor saya saat ini baru saja saya cek masih tersedia Kak. Kakak berada di daerah mana? Kalau di Indonesia Timur, setahu saya saat ini tidak tersedia.
    4. adymassaid
      adymassaid
      04 November, 2022
      Saya di indonesia bagian tengah.semarang
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 November, 2022
      Saya di Klaten bisa Kak. Oh iya, sebagai informasi tambahan bahwa pelanggan kartu by.U yang mengaktifkan kartu setelah tanggal 4 Agustus 2022 tidak akan mendapatkan penawaran paket internet unlimited 1Mbps ataupun 2Mbps.

      Jadi hanya pelanggan yang mengaktifkan kartu sebelum tanggal 4 Agustus 2022 saja yang bisa menikmati paket unlimited 1Mbps maupun 2Mbps Kak.
    6. adymassaid
      adymassaid
      10 November, 2022
      Oalah pantes. Kl bgtu sy beli yg di sopi tokped aja gmn ka. Disitu bnyk jual yg udh aktifin unlimitednya jauh2 bulan
    7. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 November, 2022
      Sayangnya sekarang ada FUP dalam paket internet unlimited by.U 2Mbps Kak. Sekarang setelah penggunaan internet mencapai 100GB, maka kecepatan akan diturunkan menjadi 128Kbps.

      Kalau sama² mengeluarkan uang dengan jumlah yang sama sekitar Rp 151ribu, maka saya lebih menyarankan untuk membeli paket yg 75GB dengan kecepatan full Kak 🙂
  4. kyumiko
    kyumiko
    29 Agustus, 2022
    mo tanya klo udh beli 2 Mbps apa perlu beli kuota lqgi coz beli paket 2 Mbps ga mau jalan internet?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 Agustus, 2022
      Tidak perlu beli kuota lagi Kak. Apabila setelah Kakak membeli Paket Internet Unlimited by.U 2Mbps dan internetnya tidak mau jalan, berarti ada gangguan atau mungkin lagi ada masalah.

      Silakan dicoba solusi saya di bawah ini Kak:
      1. Cara Setting APN by.U
      2. Cara Mengatasi Kartu by.U Tidak Bisa Internetan
    2. kyumiko
      kyumiko
      29 Agustus, 2022
      ga ngaruh sama Skali tetep ga da sinyalnya pakai byu
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 Agustus, 2022
      Yang bermasalah tidak ada sinyal atau ada sinyal akan tetapi paket internetnya tidak bisa digunakan Kak? Boleh tahu, Kakak menggunakan Kartu by.U apa baru pertama kali ini?
  5. Wayan agung
    Wayan agung
    08 Juli, 2022
    Mau tanya kak, itu ada FUP nya ga? Dan untuk bulan juli apakah paketnya masih ada?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      08 Juli, 2022
      Tidak ada FUP nya Kak. Mau pemakaian kuota berapapun kecepatan maksimalnya tetap 2Mbps. Untuk paket unlimited 2Mbps Kartu by.U sekarang masih tersedia dengan harga Rp 151.499.
  6. HyLdHa_Cha
    HyLdHa_Cha
    02 Juni, 2022
    ibu bilang 2mbps ini lancar buat menonton netflix, netflix yg dimaksud yg memakai smartphone atau smart tv??? terimakasih
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 Juni, 2022
      Kalau berdasarkan pengalaman saya, sudah lancar untuk nonton Netflix via Laptop Kak. Sebenarnya lancar atau tidaknya tergantung dari resolusi video yang dipakai. Kalau menggunakan resolusi 480 atau 720 dengan kecepatan 2Mbps sudah mencukupi. Kalau untuk resolusi 1080 atau lebih saya kira kurang lancar.

      Kalau pengalaman saya, ketika menggunakan Box Android untuk TV, hampir semua aplikasi streaming sudah lancar dengan 2Mbps Kak.
  7. MUARA TAXI
    MUARA TAXI
    16 April, 2022
    Kalau boleh saran, 2 Mbps nya di tambahin jadi 3,4,5-10 Mbps, untuk menambah pengemar by u . Trim's
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 April, 2022
      Saya yakin dengan perkembangan jaringan internet kedepan, saran Kakak pasti bukan hanya akan didengar akan tetapi akan diterapkan 😃

      Besuk kalau 5G sudah merata, harusnya kecepatannya bisa ditambah Kak 😃
    2. MUARA TAXI
      MUARA TAXI
      18 April, 2022
      Fungsi toping di by u untuk apa-apa aja ya,selain yang Mbps trim's
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      19 April, 2022
      Kalau Kakak menggunakan paket internet unlimited 2Mbps, maka Kakak tidak perlu membeli kuota Toping. Kauota Toping bisa dibeli apabila paket yang dibeli adalah paket internet dengan kuota (bukan unlimited). Jadi ketika mengakses aplikasi sesuai dengan kuota toping yang dibeli, maka kuota yang terpakai adalah kuota toping (bukan kuota utama) Kak 🙂
    4. MUARA TAXI
      MUARA TAXI
      17 Mei, 2022
      Cepatin donk tambah kecepatan menjadi 5,10-20 Mbps😁.
      di perkampungan banyak mengeluh kecepatan agak lelet walau sinyal by u full trim's
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 Mei, 2022
      Tinggal menunggu waktu saja Kak. Tapi entah berapa tahun lagi Kak 😃
  8. Andy
    Andy
    02 April, 2022
    Kalau menurut saya pribadi,kencang engaknya juga tergantung lokasi.kalau di tempatku di plelosok desa untuk buka youtube hanya bisa mentok di 480p.tapi di tempat lain mungkin berbeda.Tapi bagiku lumayan karena 150 ribu bisa di pakai bareng-bareng.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 April, 2022
      Terima kasih atas share pendapatnya Kak Andy.

      Iya Kak, untuk kencang tidaknya tergantung juga dengan jaringan di suatu lokasi. Untuk kualitas 480 Pixel di YouTube, sepertinya saya dulu pakai yang 1Mbps di Merauke (Papua) sudah lancar Kak 🙂

      Tapi memang saya akui bahwa kecepatan internet 4G di Merauke (Papua) memang lebih kencang dibandingkan dengan jaringan 4G Telkomsel dibeberapa tempat di jawa yang saya datangi dan tempati. Mungkin karena pengaruh jumlah penggunanya 😅
  9. Natri
    Natri
    16 Februari, 2022
    Kalau dipakai zoom atau google meet lancar ngga bu???
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 Februari, 2022
      Lancar Kak Natri. Saat ini untuk kuliah daring via Zoom saya juga masih menggunakannya 🙂
    2. Herbalive
      Herbalive
      02 April, 2022
      Kak evi cantik kali pinter lagi..
      Sdh kawin belum kak? Sy juga belum
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 April, 2022
      Alhamdulillah sudah Kak 🙂
      Semoga segera mendapatkan jodoh dan segera menyusul ya Kak 😊
  10. Unknown
    Unknown
    26 Januari, 2022
    Sangat membantu informasinya, buat dipakai di router tenda.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 Januari, 2022
      Terima kasih Kak,
      Untuk penggunaan 2 perangkat atau bahkan 3 perangkat asalkan penggunaan standar (bukan akses video secara bersamaan) saya kira masih bisa diandalkan Kak 😊
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. yoiyok
    yoiyok
    13 Januari, 2022
    pakai router kalau dibagi untuk 2-3 user masih bisa ndak bang ? berarti masing-masing dpt 1 Mbps
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Januari, 2022
      Bisa dong Kak. Kalau dipakai bersama-sama kan ga perlu dibagi per user dapat berapa Mbps Kak. Kecepatannya kan menyesuaikan dengan data yang diakses oleh user. Kalau paket unlimited 2Mbps yang saya miliki digunakan untuk HP saya dan TV Android 😊
    2. Unknown
      Unknown
      29 Januari, 2022
      Dibuat streaming nonton bola lancar g ya dg 2mbps
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 Januari, 2022
      Tergantung aplikasi yang digunakan Kak. Kalau aplikasi lokal seperti Vidio atau RCTI+ lancar-lancar saja Kak 🙂