-->

Gambaran Kecepatan Paket 1Mbps by.U

Karena ada beberapa komentar yang mengeluhkan tentang kecepatan internet by.U di postingan saya sebelumnya yang berjudul [Mengenal Paket Real Unlimited 1Mbps by.U Telkomsel], maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan gambaran kepada sahabat yang berencana membeli paket internet unlimited 1Mbps tersebut.

Tujuan saya memberikan gambaran tentang kecepatan internet 1Mbps by.U Telkomsel adalah agar sahabat bisa memahami dan mengetahui kecepatan 1Mbps itu cocok dengan style dan kebutuhan internet sahabat atau tidak. Sehingga, sahabat nantinya tidak akan mengeluh setelah membeli paket internet unlimited tersebut.

Kecepatan 1Mbps

Banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara Mbps (Megabits per second) dan MBps (Megabytes per second). Kalau sahabat teliti, maka sahabat akan temukan perbedaan pada huruf “B” nya. Huruf b (kecil) menyatakan satuan bit, sedangkan B (besar) menyatakan byte. Pada dasarnya, 1byte sama dengan 8bit.

Jadi kecepatan 1Mbps artinya adalah setiap 1 detik, proses transfer data yang bisa dilakukan adalah 1Mb atau 1000 bit. Karena ukuran suatu file dinyatakan dengan byte, maka dengan kecepatan 1Mbps maka setiap detiknya data yang bisa ditransfer adalah 125KB (Kilobyte). Perhitungannya adalah karena 1 byte = 8 bit, maka 1000 Kilobit = 125 Kilobyte.

Kecepatan Download

Tadi sudah saya jelaskan bahwa dengan kecepatan 1Mbps, maka data yang bisa dihasilkan setiap detiknya adalah 125KB atau kalau disingkat menjadi 125KBps (125 Kilobytes per second). Ingat bahwa 125KBps adalah kecepatan maksimal dari paket 1Mbps, meski demikian kalau kecepatannya stabil ya akan berada di sekitar 100 – 125KBps.

Agar lebih jelas, maka akan saya beri contoh: Semisal sahabat ingin download atau streaming music Mp3 dengan ukuran standar yaitu 5MB (Megabyte) dengan durasi lagu adalah 4 Menit, maka dengan kecepatan 1MBps, sahabat bisa menyelesaikan download 5MB dalam waktu 5000KB/125KBps = 40Detik. Proses downloadnya lebih cepat dari durasi lagunya, berarti lancar untuk streaming music.

Saya berikan contoh lagi, semisal sahabat ingin download Video atau streaming Video Youtube durasi 70 Menit (kualitas sedang) dengan ukuran 480MB. Maka waktu yang sahabat butuhkan untuk mendownloadnya dengan kecepatan 1Mbps adalah 480.000KB/125KBps = 3.840 detik atau 64 Menit.

Tentu saja dengan kecepatan 1Mbps, maka untuk streaming Video dengan kualitas sedang dan rendah akan masih cukup nyaman. Berbeda kalau sahabat gunakan untuk streaming Video dengan kualitas tinggi, semisal Video durasi 60 Menit dengan ukuran file 700MB, maka bisa dipastikan akan buffering (terputus-putus).

Hal tersebut dikarenakan dengan kecepatan 1Mbps hanya bisa transfer data maksimal 125KB x 60Menit = 450.000KB atau 450MB setiap jamnya. Jadi kalau sahabat streaming Video dengan ukuran file 700MB yang berdurasi 60 Menit, maka dengan kecepatan 1Mbps tidak akan cocok untuk sahabat gunakan.

Cocok untuk Download?

Mungkin yang dipikirkan pertama kali ketika mendengar internet unlimited tanpa FUP adalah “Enak bisa digunakan download sepuasnya”. Memang benar sahabat bisa download sepuasnya dengan paket internet unlimited by.U, akan tetapi sahabat juga harus memahami bahwa kecepatan maksimalnya hanya 125KB setiap detiknya.

Dengan demikian, maka sahabat bisa download 7.5MB setiap menitnya (60 x 125KB). Apabila sahabat ingin download file yang besar yaitu 1GB atau 1000MB, maka sahabat membutuhkan waktu sekitar 134 Menit (2 Jam lebih) untuk menyelesaikan proses download. Perhitungannya adalah 1000MB/7.5MB = 133,33 Menit.

Memang benar kuota internet tidak akan habis karena unlimited, akan tetapi apakah sahabat akan sabar dengan proses yang lama seperti itu? Jadi bagi sahabat yang sabar dengan proses download dengan kecepatan 125KBps, maka tidak masalah menggunakan paket unlimited 1Mbps. Bagi sahabat yang tidak sabaran, maka jangan membeli paket 1Mbps by.U kalau tujuannya untuk download.

Internet Sehari-hari

Kalau sahabat gemar medsos, chat, Video Call, Voice Call, streaming video kualitas sedang, dan layanan standar lainnya maka paket unlimited 1Mbps by.U sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sahabat. Sebagai gambaran ketika saya melakukan panggilan Video Call dengan Aplikasi WhatsApp hanya dibutuhkan kecepatan 80KBps saja.

Itu artinya bahwa dengan kecepatan 125KBps, tentu saja sudah mencukupi untuk melakukan video Call dengan WA, apalagi kalau hanya untuk browsing, chatting, dan bermedsos, maka saya kira paket 1Mbps sudah cukup bisa diandalkan. Tentu saja paket ini tidak saya rekomendasikan apabila di tethering atau digunakan bersama-sama dengan perangkat lain.

Kesimpulan

Paket internet unlimited 1Mbps by.U Telkomsel sudah mencukupi untuk digunakan memenuhi kebutuhan internet (standar) sehari-hari dengan pemakaian yang normal. Paket ini tidak akan cocok bagi sahabat yang tujuannya adalah untuk download sepuasnya akan tetapi tidak diimbangi dengan kesabaran untuk menunggu waktu download.

Oleh karena itu, dengan gambaran dan penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas, maka sahabat bisa memutuskan apakah paket unlimited by.U tersebut layak untuk sahabat beli atau tidak. Sahabat juga bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang [Kelebihan dan Kekurangan Paket Internet Unlimited by.U 1Mbps]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Gambaran Kecepatan Paket 1Mbps by.U
  1. Kalo by.u unlimited dipake untuk instagram, contoh membuka snapgram dan video2 1menit apakah akan buffering??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya kalau hanya buka video ringan di medsos tanpa buffering Kak 😊

      Hapus
  2. kalau misalnya mau streaming youtube yang stream game durasi 1 jam lebih kira2 buffer gak bang? resolusi di 480 lah.. mohon tanggapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah gunakan untuk streaming youtube di HP dan Laptop dengan resolusi 480 aman & tanpa buffering Kak. Selama saya pakai di daerah saya Merauke (Papua), kecepatan stabil di rata² 125KBps Kak 😊

      Hapus