by.U

Turun Kualitasnya! Ada FUP Pada Paket Internet Unlimited by.U 2Mbps

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
by.U
Turun Kualitasnya! Ada FUP Pada Paket Internet Unlimited by.U 2Mbps
Setelah sekitar 2 tahun yang lalu (November 2020) saya memberikan ulasan paket internet unlimited by.U 2 Mbps pada tulisan yang berjudul [Sangat Puas! Review Paket by.U Unlimited 2Mbps], sekarang saya ingin memberikan revisi ulasan mengenai paket tersebut. Setelah dua tahun waktu berjalan, sekarang ada perubahan pada paket by.U Unlimited 2Mbps.

Perubahan yang dimaksud bukan suatu peningkatan kualitas, melainkan sebuah penurunan kualitas. Tentunya harapan saya sebagai pengguna kartu by.U yang sudah cukup lama adalah kualitas paket internet yang diberikan oleh by.U bisa semakin meningkat seiring persaingan antar provider layanan kualitas internet seluler yang semakin ketat.

FUP by.U Unlimited 2Mbps

Sangat disayangkan apabila sebelumnya paket internet unlimited by.U 2Mbps tidak mengenal FUP, sekarang paket tersebut ada batasan kecepatan setelah mencapai FUP. Sebagai informasi bahwa FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy. Itu artinya bahwa kecepatan internet akan diturunkan setelah mencapai penggunaan kuota tertentu.
ada-fup-pada-paket-internet-unlimited-byu
Awalnya bagi pengguna kartu by.U yang mengaktifkan paket internet 2Mbps bisa mengakses internet sepuasnya unlimited tanpa batasan kuota dengan kecepatan maksimal 2Mbps (Megabits per second). Akan tetapi saat ini dengan adanya FUP, setelah pemakaian mencapai 100GB selanjutnya kecepatan internet yang akan didapatkan hanya 128Kbps (Kilobits per second).

2Mbps Vs 128Kbps

Dengan kecepatan 2Mbps maka sahabat bisa melakukan streaming video dengan kualitas 720p, akan tetapi dengan kecepatan 128Kbps, sahabat tidak bisa melakukan hal tersebut. Bahkan apabila sahabat ingin streaming video YouTube dengan resolusi paling rendah yaitu 144p, sahabat tidak bisa melakukannya dengan lancar.

Secara matematis bisa diketahui bahwa kecepatan internet 2Mbps sama dengan 2048Kbps. Sehingga apabila dihitung, perbandingan kecepatan antara 2Mbps dan 128Kbps bisa dibilang cukup jauh yaitu 16:1. Dengan begitu, penurunan kecepatan setelah pemakaian 100GB menurut saya sangat membuat pelanggan kartu by.U menjadi kurang nyaman.

Unlimited 2Mbps by.U Hilang

Meski tidak sepenuhnya benar bahwa paket internet unlimited by.U 2Mbps hilang, akan tetapi untuk pelanggan kartu by.U yang mengaktifkan kartu by.U setelah tanggal 4 Agustus 2022, maka pelanggan tersebut tidak bisa menikmati penawaran paket internet 2Mbps kartu by.U. Hal tersebut tentunya juga bisa dikatakan sebagai hal yang diskriminasi bagi pelanggan baru.

Catatan

Meski terdapat FUP pada paket internet 2Mbps (30 Hari) kartu by.U dan tidak tersedianya paket tersebut di nomor pelanggan yang mengaktifkan kartu by.U setelah tanggal 4 Agustus 2022, akan tetapi ada inovasi baru dari kartu by.U yaitu semakin banyaknya varian pilihan kuota internet kartu by.U dengan masa aktif 30 hari. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar