-->

Analisis Kecepatan Kartu by.U Unlimited 2Mbps

Saat ini Kartu by.U memiliki paket unlimited 2Mbps dengan harga Rp 140.000. Bagi sahabat yang tertarik dengan paket tersebut dan berencana ingin membelinya, maka saya sarankan untuk membaca tulisan saya ini agar bisa memiliki gambaran tentang kecepatan dari paket “Yang Bikin Aman Jaya” 2Mbps kartu by.U.

2Mbps Berapa KBps?

Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang [Gambaran Kecepatan Paket 1Mbps Telkomsel by.U], dimana dalam tulisan tersebut saya sebutkan bahwa 1Mbps (Megabits per second) kurang lebih sama dengan 125KBps (Kilobytes per second). Secara matematis, berarti kalau 2Mbps sama dengan 250KBps.

Cara menghitungnya adalah 2Mbps sama dengan 2000Kbps (Kilobits per second). Karena 8bit sama dengan 1byte, maka 2000Kbps = 250KBps (Kilobytes per second). Setelah mengetahui bahwa 2Mbps sama dengan 250KBps, maka saya yakin bagi sahabat yang sering melihat indikator kecepatan yang berada di smartphone bisa memperkirakan kecepatan 2Mbps bisa dipakai buat apa.

Kecepatan 2Mbps Seberapa Kencang?

Kalau bagi saya, kecepatan 2Mbps atau 250KBps itu sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari saya. Streaming Video YouTube, Netflix, VIU, Vidio, dan lain sebagainya masih lancar tanpa buffering. Apalagi kalau hanya dipakai buat medsos Instagram, Facebook, Twitter, WA dan lain sebagainya, maka 2Mbps sudah cukup baik untuk kebutuhan itu semua.

Meski demikian, bagi sahabat yang hobi download file yang berukuran besar, maka harus dibutuhkan kesabaran apabila menggunakan paket by.U 2Mbps. Sebagai perhitungan, apabila sahabat ingin mendownload file 1GB dengan kecepatan 2Mbps, maka sahabat harus menunggu sekitar 4000 Detik atau sekitar 67 Menit untuk menyelesaikannya.

Perhitungannya adalah 1GB (Gigabyte) = 1000MB (Megabyte) = 1.000.000KB (Kilobyte). Dengan kecepatan 250KBps, maka untuk mengunduh file 1GB, perhitungannya adalah 1.000.000KB / 250KBps = 4000 detik atau 66,67 menit atau sekitar 1 Jam lebih 7 menit. Ingat, perhitungan tersebut akan tepat apabila kecepatannya stabil di 250KBps.

Beli atau Tidak?

Paket by.U 2Mbps menawarkan kecepatan sedang akan tetapi unlimited (tidak dibatasi) waktu penggunaan dan kuotanya. Sehingga bagi sahabat yang ingin membeli paket yang tidak dibatasi penggunaannya dan tentu saja aman (karena tidak perlu memikirkan kuota), maka paket 2Mbps by.U bisa sahabat pilih untuk memenuhi kebutuhan internet sahabat sehari-hari.

Kalau sahabat memiliki aktifitas sering download File dengan ukuran yang besar, maka seperti yang saya sampaikan di atas bahwa diperlukan kesabaran yang cukup untuk bisa menyelesaikan proses tersebut. Meski demikian, kalau sahabat sabar sebenarnya sahabat bisa download file yang besar dan banyak tanpa harus memikirkan kuota internet.

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa hal yang sudah saya sampaikan tentang paket unlimited 2Mbps by.U maka saya yakin bahwa sahabat sudah bisa menentukan apakah akan membeli paket tersebut atau tidak. Jadi, kalau kebutuhan internet sahabat dalam satu bulan tidak banyak, maka sahabat bisa membeli paket internet dengan kuota terbatas.

Sebagai contoh sahabat dalam satu bulan hanya menghabiskan kuota kurang dari 10GB, maka sahabat bisa memilih Paket “Yang Bikin Deket” 10GB dengan harga Rp 50.000. Apabila sahabat kebutuhan internetnya kalau ditotal dalam 1 bulan bisa lebih dari 40GB, maka paket internet unlimited bisa menjadi pilihan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Analisis Kecepatan Kartu by.U Unlimited 2Mbps