Beranda
Android
Catatan Saya
Pengalaman Melacak HP Yang Hilang Dengan E-Mail Gmail
Berawal ketika Smartphone iQOO Z7x 5G saya ketinggalan di mobil layanan ojek online Maxim, akhirnya saya berusaha untuk mengikhlaskannya. Bagaimana tidak, HP tersebut terbawa mobil ketika posisi saya sedang berada di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bandung.

Waktu itu saya dan Arisha sedang mengantar suami saya menggunakan layanan mobil jasa ojek online Maxim ke RS SANTOSA (Jalan Kebon Jati Bandung), guna rawat inap untuk dilakukan tindakan operasi. Sesampai di tempat pendaftaran pasien rawat inap, saya baru sadar bahwa HP Android saya tersebut ketinggalan di mobil.

Karena HP saya tersebut yang digunakan untuk transaksi melalui Maxim, tentu saja saya tidak bisa menghubungi Driver Maxim yang saya tumpangi sebelumnya. Kebetulan saat itu saya hanya bawa satu smartphone yang ketinggalan di mobil tersebut dan suami saya juga hanya bawa satu HP Infinix Hot 8.

Karena menurut suami saya, Arisha dan saya lebih membutuhkan smartphone guna melakukan perjalanan dan lainnya, akhirnya HP suami saya diberikan ke saya. Setelah dari rumah sakit, saya berencana melanjutkan perjalanan ke Mall Paskal yang lokasinya tidak jauh dari RS Santosa Bandung.

Entah kenapa saat itu ketika saya beberapa kali mencoba pesan layanan ojek mobil melalui Maxim, InDriver, dan GoCar tidak ada driver yang mau mengambilnya. Ketika saya mencoba pesan layanan Ojek Motor Online menggunakan aplikasi InDriver, Alhamdulillah saya langsung mendapatkan driver.

Setelah sampai di Mall Paskal, saya mengeluarkan uang seratus ribu untuk membayar layanan ojek online tersebut, akan tetapi driver tersebut bilang tidak ada kembaliannya. Kebetulan di HP suami saya ada aplikasi dan saldo untuk jualan pulsa, akhirnya saya tawarkan pulsa untuk membayarnya.

Driver tersebut tetap menolak dan minta dibayar menggunakan e-wallet DANA saja. Kemudian saya ceritakan kepada driver tersebut bahwa saya baru saja kehilangan HP ketika naik layanan ojek Maxim Car. Driver tersebut malah menawarkan bantuan untuk mencari smartphone iQOO Z7x karena saudaranya juga pernah mengalaminya.

Selanjutnya saya diminta untuk login di Smartphone suami saya (Infinix) menggunakan e-mail yang terpasang di HP saya (iQOO). Karena HP yang dipakai suami saya adalah bekas HP yang saya gunakan, maka otomatis akun e-mail saya juga masih terpasang di HP tersebut.

Singkat cerita, saya disuruh membuka alamat https://myaccount.google.com/intro/find-your-phone?hl=id kemudian setelah masuk ada 3 HP yang menggunakan e-mail saya, dimana salah satu diantaranya adalah smartphone saya yang saat itu hilang yaitu iQOO Z7x 5G. Setelah saya pilih model HP saya tersebut, akhirnya ditampilkan posisi terkini HP saya tersebut berada.
pengalaman-lacak-hp-android-hilang

Driver tersebut akhirnya menuju lokasi dimana HP saya tersebut berada. Sesampainya di lokasi yang ditunjukkan oleh peta, saya menemukan Driver Mobil Maxim yang sempat saya tumpangi. Selanjutnya saya bertanya kepada driver tersebut apakah menemukan HP saya yang tertinggal, dan jawabannya adalah tidak menemukan.

Kemudian saya bertanya lagi, setelah mengantar saya ke RS SANTOSA, apakah driver tersebut juga mengantar orang lain? Jawabannya adalah iya 1 kali yaitu seorang Ibu bersama anaknya (mungkin masih SD). Ketika saya lihat di layar HP Infinix, ternyata posisi HP iQOO saya berpindah lokasinya.

Driver InDriver yang mengantar saya kemudian meminta nomor penumpang yang saya duga membawa HP saya kepada driver Maxim, dan akhirnya driver Maxim tersebut memberikannya. Selanjutnya driver InDriver yang mengantar saya mencoba menghubungi penumpang yang membawa HP saya berkali-kali namun tidak dijawab.

Karena tidak dijawab, selanjutnya melalui HP Infinix yang saya gunakan, saya bunyikan HP tersebut menggunakan layanan “Play sound” di Google Find My Device. Meski HP iQOO tersebut saya silent, akan tetapi HP tersebut akan berbunyi terus dan tentu saja membuat orang yang membawanya panik.
cara-lacak-hp-hilang

Selang beberapa menit akhirnya orang yang membawa HP iQOO saya menjawab telepon dari Driver InDriver yang mengantar saya dan memberikan penjelasan bahwa dia membawa HP, akan tetapi Ibu tersebut beralasan bahwa dikiranya HP saya adalah HP anaknya. Selanjutnya saya bertemu dengan ibu tersebut dan meminta HP saya.

Setelahnya, saya minta diantar ke Mall Paskal lagi karena saya sudah janji pada anak saya untuk bermain disana. Sesampai di Mall Paskal, karena uang cash saya cukup terbatas, maka saya bayar Driver InDriver baik tersebut Rp 100.000 dan saya juga meminta nomor rekening untuk nantinya saya kasih sedikit uang tambahan karena sudah membantu saya.

Sebenarnya Driver tersebut tidak mau menerimanya karena ikhlas membantu, akan tetapi karena saya paksa akhirnya diterima. Selang satu hari Driver tersebut kirim pesan WA ucapan terima kasih dan singkat cerita saya meminta nomor DANA nya kemudian saya transfer sedikit uang sebagai ucapan terima kasih.

Dari pengalaman saya tersebut maka bisa diambil hikmahnya bahwa “Apabila sudah rejeki maka tidak akan kemana”. E-Mail Gmail menjadi sangat penting ketika sahabat kehilangan Smartphone atau Tablet Android, sehingga jangan pernah lupa username Gmail dan passwordnya agar suatu saat apabila dibutuhkan sahabat tidak kebingungan.

Akhir kata, lewat tulisan ini saya ucapkan terima kasih kepada Mas Rafli selaku Driver InDriver di Kota Bandung yang sudah membantu saya untuk menemukan Smartphone iQOO Z7x 5G saya yang didalamnya terdapat banyak data dan akun saya. Semoga rejekinya selalu dimudahkan, Aamiin. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar