Cara Mengatasi Galaxy Tab S8 5G Tidak Bisa Dicharge

Setelah sekitar satu bulan yang lalu perangkat Galaxy Tab S8 5G saya terima, selanjutnya sekitar beberapa hari yang lalu perangkat saya tersebut mulai ‘bermasalah’. Jadi tidak seperti biasanya dimana saya bisa charge perangkat tersebut, setelah tablet tersebut baterainya habis buat nonton YouTube, tiba-tiba perangkat tersebut tidak bisa dicharge.

Biasanya Tablet Samsung Galaxy Tab S8 5G tersebut bisa saya charge menggunakan kombinasi kepala charge bawaan Infinix Hot 8 dan kabel USB Type C bawaan dari Lenovo Thinkplus-LP1 Pro. Tapi memang aneh yaitu setelah baterainya habis, perangkat tersebut tidak bisa saya isi dayanya menggunakan charger 10W Infinix Hot 8 saya.

Uniknya dengan percaya diri saya charge Galaxy Tab S8 5G dari malam hari hingga pagi hari, akan tetapi ketika saya hidupkan hasilnya tetap tidak bisa hidup. Pada waktu itu saya mulai agak panik karena meski bagaimanapun perangkat tersebut merupakan perangkat Android dengan harga termahal yang saya beli hingga saat ini.
Saya mulai cari tutorial cara mengatasi Galaxy Tab S8 5G tidak bisa dihidupkan dan dicharge di Google, akan tetapi dari banyaknya jawaban malah membuat saya sedih dan berpikir kemana-mana. Pada waktu itu saya sebenarnya sudah berpikir untuk membawa tablet tersebut ke service center (SC) Samsung di Yogyakarta yang kebetulan jaraknya merupakan yang terdekat dari rumah saya.

Sebelum saya mengambil keputusan untuk membawa Galaxy Tab S8 5G ke SC Samsung, saya putuskan untuk terlebih dahulu mencoba membeli kepala charger 45Watt yang merupakan rekomendasi dari Samsung untuk Galaxy Tab S8 5G. Sebagai informasi bahwa perangkat tersebut sudah mendukung Fast charger 45Watt.

Karena saya kesulitan mendapatkan kepala charger untuk Galaxy Tab S8 5G, maka saya putuskan untuk membeli kepala charger Samsung Galaxy S22 yang sama-sama mendukung layanan Fast charge 45W. Setelah lama memilih, akhirnya pilihan saya jatuh pada Samsung Travel Adapter Superfast Charging 2.0 (45W) USB Type-C to Type-C Cable (5A).

Setelah sekitar 3 hari sejak dikirim charger 45W saya terima, akhirnya saya coba untuk mengisi daya tablet Samsung Galaxy Tab S8 5G saya. Saya sempat sedih karena setelah sekitar 5 menit saya charge, kemudian perangkat tersebut saya hidupkan dengan menekan tombol power, ternyata perangkat tersebut tetap tidak bisa saya hidupkan.

Saya biarkan tetap diisi dayanya kira-kira sekitar 10 Menit, selanjutnya saya hidupkan kembali dengan menekan tombol power dan tombol volume (+) secara bersamaan, ternyata bisa hidup Galaxy Tab S8 5G saya dengan indikator baterai 1%. Setelah saya perhatikan beberpa menit, Alhamdulillah baterainya terus bertambah.

Dari pengalaman yang saya alami tersebut, maka saya sarankan kepada sahabat yang baru membeli atau sudah menggunakan Galaxy Tab S8 5G untuk tidak membiarkan perangkat tersebut mati karena kehabisan baterai. Jadi ketika indikator baterai menunjukkan bahwa kapasitasnya dibawah 10% dan tidak kurang dari 5%, segera isilah dayanya.

Apabila saat ini sahabat menggunakan charger bukan 45W untuk mengisi daya Tablet Samsung Galaxy Tab S8 5G, maka saya sarankan juga kepada sahabat agar membeli kepala charger yang support fast charger 45W. Akan lebih baik apabila sahabat membeli kepala charger yang memang dikhususkan untuk perangkat Samsung. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mengatasi Galaxy Tab S8 5G Tidak Bisa Dicharge