Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 5G

Sebelumnya saya sudah menulis bagaimana Akhirnya Pilihan Saya Jatuh ke Samsung Galaxy Tab S8 5G. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu faktor (lebih spesifik) dibalik saya memilih Tablet Android besutan Samsung tersebut. Tidak dipungkiri bahwa kolaborasi hardware dan software sangat mempengaruhi saya dalam memilih tablet tersebut.

Kalau dilihat dari spesifikasi produk yang dikeluarkan oleh Samsung dalam lini Galaxy Tab S8 Series, maka akan terlihat bahwa versi terendah dari jajaran tersebut adalah Galaxy Tab S8 (Wify Only) yang secara hardware dan software identik sama dengan Galaxy Tab S8 5G, dimana yang membedakan adalah tidak adanya dukungan jaringan seluler pada versi Wifi Only.

Kenapa saya tidak memilih varian yang lebih tinggi yaitu Galaxy Tab S8 Plus atau Ultra? Memang kalau dilihat dari Hadware dari perangkat tersebut, keduanya memiliki spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan Galaxy Tab S8 5G, akan tetapi karena keterbatasan budget yang saya sediakan yaitu maksimal Rp 13 Juta, maka saya memilih Galaxy Tab S8 5G.
Selanjutnya, berikut akan saya sampaikan spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab S8 5G yang saat saya menulis artikel ini barangnya belum saya pegang karena saya membelinya melalui pre order dimana sangat besar kemungkinan bahwa perangkat tersebut akan dikirimkan ke saya sekitar satu bulan lagi, yaitu tepatnya pada awal bulan April 2022.

Hardware

  • CPU Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset terkencang saat produk diluncurkan.
  • RAM 8GB + ROM 128GB + Dukungan Micro SD Slot dimana saat ini ukuran RAM tersebut bisa dikatakan sudah sangat besar.
  • Ukuran Layar 11 Inch (cukup besar) dan memiliki refresh rate 120Hz yang membuat respon sentuhan lebih halus.
  • Dukungan Dual Sim yang support jaringan 5G di Indonesia.
  • Dua Kamera belakang 13MP f/2.0 26mm (wide); 6MP f/2.2 (ultrawide), dan Kamera depan 12MP f/2.4 120˚ (Ultrawide) yang cocok digunakan untuk mendukung rapat virtual.
  • Baterai Li-Po 8000 mAh yang bisa bertahan hingga 15 Jam untuk memutar video nonstop.

Software

  • Menjalankan Android 12
  • Antar muka One UI 4.1.

Selain karena hardware yang mumpuni dan software yang cukup baru, pertimbangan saya membeli Samsung Galaxy Tab S8 5G adalah karena dalam paket penjualannya diberikan tambahan S-Pen. Selain itu untuk periode Pre-Order juga akan diberikan Samsung Keyboard Cover senilai Rp 1.699.000. Semoga membantu dan bermanfaat.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 5G