Pahami Sebelum Membeli Kuota Unlimited FUP Telkomsel

Salah satu paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel adalah paket dengan kuota unlimited FUP (Fair Usage Policy). Secara sederhana bisa dikatakan bahwa pengertian kuota unlimited FUP adalah kuota internet unlimited (tanpa batas) dengan pembatasan kecepatan setelah penggunaan kuota dalam jumlah tertentu.

Dalam kuota unlimited FUP Telkomsel terdapat dua kecepatan internet yang berbeda. Kecepatan yang pertama adalah kecepatan internet normal yang akan sahabat dapatkan pada waktu penggunaan awal. Sedangkan kecepatan yang kedua adalah kecepatan internet yang dikurangi setelah penggunaan dalam jumlah tertentu.

Sampai kuota berapa kecepatan internet pada kuota unlimited FUP Telkomsel akan tetap normal? Jawabannya adalah tergantung dari paket internet yang sahabat beli dan kuota internet yang sahabat dapatkan. Agar lebih mudah dalam memahaminya, berikut akan saya berikan cara memahami kuota internet unlimited dengan FUP.

Contoh: Kuota Internet Unlimited FUP 4GB

Makna dari kuota internet unlimited di atas adalah sahabat akan mendapatkan kecepatan internet normal selama sahabat belum menggunakan kuota internet sebanyak 4GB. Dalam hal ini, makna dari kecepatan normal adalah kecepatan internet yang sahabat dapatkan tidak dibatasi (sesuai dengan kondisi jaringan) di tempat sahabat ketika mengakses jaringan internet.
Setelah pemakaian internet sudah mencapai 4GB, selanjutnya sahabat tetap akan bisa mengakses internet sepuasnya (unlimited) akan tetapi dengan kecepatan yang diturunkan. Kecepatan internet yang akan sahabat dapatkan setelah pemakaian 4GB tergantung dari syarat dan ketentuan yang berlaku dari paket internet yang sahabat beli.

Semisal dalam S&K disebutkan kecepatan internet setelah FUP adalah 32Kbps, maka kecepatan yang akan sahabat dapatkan bukan stabil di 32 Kbps, akan tetapi kecepatan maksimal yang akan sahabat dapatkan adalah 32Kbps. Sebagai informasi 32Kbps (Kilobits per second) sama dengan 4KBps (Kilobytes per second).

Sebagai gambaran bahwa kecepatan 32Kbps apabila sahabat gunakan untuk mengakses internet melalui smartphone tidak akan terasa fungsinya, bahkan akan cenderung seperti tidak menggunakan internet. Jangankan 32Kbps, kecepatan 128Kbps saja menurut saya masih sangat lambat. Dari gambaran yang sudah saya sampaikan, saya yakin sahabat sudah memahaminya.

Jadi apabila ada penawaran paket internet kuota unlimited FUP 50GB, maka yang perlu sahabat perhatikan terlebih dahulu adalah kecepatan setelah pemakaian 50GB. Apabila kecepatan yang ditawarkan setelah FUP adalah 32Kbps hingga 256Kbps, saya kira sahabat tidak perlu mempertimbangkan 'kata' kuota unlimitednya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pahami Sebelum Membeli Kuota Unlimited FUP Telkomsel