Biaya Administrasi Investasi Menabung Emas di Pegadaian

Sudah lebih dari 1 tahun saya berinvestasi emas melalui Pegadaian. Dalam hal ini saya berusaha untuk rutin setiap bulannya menabung emas melalui aplikasi Pegadaian. Bagi sahabat yang tertarik ingin menabung emas di Pegadaian, sahabat bisa membaca tulisan saya yang berjudul [Cara Mudah Membuat Akun Pegadaian Digital].

Awalnya saya mengira bahwa tidak ada biaya administrasi ketika saya menabung emas melalui Pegadaian secara online. Ternyata dugaan saya tersebut salah karena setelah genap sekitar satu tahun saya menabung di Pegadaian, ada pengurangan jumlah saldo emas saya sebesar 0.0355 gram. Apabila dikonversi menjadi rupiah, maka jumlahnya kurang lebih sama dengan Rp 30.000.
Setelah saya mencari sumber informasi mengenai biaya administrasi menabung emas di pegadaian, ternyata memang ada biaya administrasi, salah satunya adalah biaya tahunan untuk penitipan emas di Pegadaian. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian biaya administrasi yang akan dikenakan oleh Pegadaian kepada sahabat yang menabung emas melalui Pegadaian.

Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas Pegadaian
Apabila sahabat melakukan pembukaan rekening tabungan emas melalui Outlet dan Agen Pegadaian, maka sahabat akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Sedangkan apabila sahabat melakukan pembukaan rekening melalui Pegadaian Digital dan Pegadaian Digital Syariah, maka tidak ada biaya sama sekali alias gratis.

Biaya Fasilitas Penitipan Emas Pegadaian
Besarnya biaya penitipan emas di Pegadaian adalah Rp 30.000/tahun. Biaya tersebut berlaku bagi sahabat yang membuka rekening melalui Outlet Pegadaian, Pegadaian digital, Pegadaian Syariah digital, dan Agen Pegadaian. Khusus bagi sahabat yang membuka rekening tabungan emas melalui pegadaian digital, maka sahabat akan mendapatkan gratis biaya penitipan selama 1 tahun pertama.

Biaya Transfer Emas ke Rekening Lain Pegadaian
Ada layanan transfer emas ke rekening lain yang bisa sahabat lakukan melalui Outlet Pegadaian dan Pegadaian Digital. Apabila sahabat melakukan transfer emas ke rekening tabungan emas (Pegadaian) lainnya melalui Outlet Pegadaian, maka sahabat akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.000. Apabila melalui Pegadaian digital, maka sahabat tidak akan dikenakan biaya administrasi.

Biaya Pencetakan Rekening Koran Tabungan Emas Pegadaian
Sahabat bisa melakukan pencetakan rekening tabungan emas melalui Outlet Pegadaian. Biaya yang harus sahabat keluarkan untuk mencetak rekening koran adalah Rp 2.000 per lembar. Tentu saja bagi sahabat yang menabung melalui Pegadaian Digital, sahabat tidak perlu mencetak rekening koran karena di aplikasi sudah tercantum histori transaksi.

Biaya Penggantian Buku Tabungan Emas Pegadaian Yang Hilang atau Rusak
Apabila sahabat memiliki buku tabungan emas dan kemudian di suatu hari buku rekening tersebut hilang atau rusak, maka sahabat bisa membuat kembali buku tabungan emas melalui Outlet Pegadaian. Adapun biaya yang harus sahabat keluarkan untuk melakukan penggantian buku adalah Rp 10.000.

Biaya Penutupan Rekening Tabungan Emas Pegadaian
Sahabat juga bisa menutup rekening tabungan emas pegadaian melalui Outlet Pegadaian. Biaya yang harus sahabat keluarkan untuk menutup rekening tersebut adalah Rp 30.000. Meskipun ada beberapa biaya administrasi yang diterapkan oleh pegadaian, akan tetapi menurut saya biayanya tidak terlalu besar. Semoga membantu dan bermanfaat.

Biaya Administrasi Investasi Menabung Emas di Pegadaian