Perbandingan 3 Kartu Telekomunikasi Seluler Telkomsel

Setelah Kartu Simpati, As, dan Loop dilebur menjadi satu dengan nama Kartu Prabayar Telkomsel, praktis sekarang Telkomsel hanya memiliki tiga produk kartu telekomunikasi seluler yaitu Halo Telkomsel, Telkomsel Prabayar, dan Kartu by.U. Ketiga kartu yang dikeluarkan oleh Telkomsel tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Oleh karena hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membandingkan ketiga produk tersebut agar sahabat pembaca blog ini memiliki gambaran mengenai ketiga produk tersebut. Saya akan mencoba membandingkan ketiga produk tersebut berdasarkan tarif / harga paket dan kemudahan penggunaan.

Tarif / Harga Paket

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya ketika menggunaan ketiga kartu Telkomsel tersebut, menurut saya tarif atau harga yang diberikan oleh kartu by.U adalah juaranya. Kenapa? Dari ketiga produk tersebut hanya kartu by.U yang menawarkan banyak pilihan paket internet dengan kuota hingga paket unlimited tanpa FUP.

Selain itu, harga paket internet dan topping (pelengkap) yang ditawarkan oleh Kartu by.U antara daerah satu dengan daerah lainnya di seluruh Indonesia adalah sama. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan harga yang ditawarkan oleh Kartu Prabayar Telkomsel yang harga paketnya didasarkan pada pembagian zona Telkomsel.

Bagaimana dengan Kartu Telkomsel Halo? Kartu pascabayar tersebut memiliki tarif yang sama antara daerah satu dengan daerah lain. Meski demikian, apabila saya bandingkan dengan tarif atau harga paket internet dari kartu by.U, harga dari paket internet kartu Halo bisa dibilang harganya lebih mahal.

Kemudahan Penggunaan

Baik Kartu Prabayar Telkomsel, Kartu by.U, dan Kartu Telkomsel Halo sama-sama bisa digunakan selama ada sinyal Telkomsel. Meski demikian apabila dilihat dari kemudahan penggunaannya, ada beberapa perbedaan dari ketiga jenis kartu yang dikeluarkan oleh Telkomsel tersebut. Berikut adalah gambaran kemudahan penggunaan dari ketiga kartu tersebut:

[1] Pembelian Kartu Perdana

Kartu Telkomsel Prabayar bisa sahabat dapatkan dengan mudah di konter, GraPARI, market place, dan lain sebagainya. Bisa dibilang bahwa untuk mendapatkan atau membeli kartu Telkomsel Prabayar caranya paling mudah dibandingkan dengan membeli jenis kartu Telkomsel lainnya yaitu Kartu by.U dan Kartu Telkomsel Halo.

Sebagai produk kartu serba digital, Kartu by.U hanya bisa sahabat dapatkan dengan cara memesannya melalui aplikasi by.U. Sahabat bisa download aplikasi by.U melalui market aplikasi resmi. Apabila sahabat adalah pengguna Android, maka sahabat bisa mendownloadnya di Google Play Store, sedangkan bagi pengguna iOS bisa mendownloadnya di App Store.

Untuk membuat kartu pascabayar Telkomsel Halo, sahabat bisa melakukannya dengan datang ke GraPARI atau sahabat bisa pesan secara online menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Oh iya, selain Halo Telkomsel, sahabat juga bisa memesan kartu Telkomsel Prabayar menggunakan aplikasi MyTelkomsel yang bisa sahabat download di Google Play Store dan App Store.

[2] Pengisian Pulsa / Paket

Kartu Telkomsel Parabayar adalah nama baru dari Kartu Simpati, As, dan Loop. Untuk cara isi ulang pulsa bisa dibilang pengisiannya paling mudah karena sahabat hanya perlu melakukan isi ulang pulsa dan beli paket dengan cara membeli di konter pulsa ataupun mengisinya sendiri menggunakan dompet digital atau juga melalui marketplace.

Berbeda dengan Kartu Prabayar Telkomsel yang bisa melakukan pembelian paket dikonter, maka untuk melakukan pembelian paket internet di Kartu by.U maka sahabat harus melakukannya sendiri menggunakan aplikasi by.U. Untuk isi ulang pulsa, sahabat juga harus melakukannya sendiri melalui aplikasi. Meski demikian sahabat juga bisa isi ulang kartu by.U dikonter tertentu.

Sebagai produk kartu Pascabayar, sahabat tidak perlu isi pulsa Kartu Halo Telkomsel. Sahabat hanya perlu melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya. Jadi tagihan yang harus sahabat bayarkan adalah jumlah penggunaan pulsa yang sahabat gunakan dalam satu bulan. Untuk membayarnya, sahabat bisa melakukannya lewat GraPARI, Kantor Pos, Pegadaian, Dompet Digital, dan lain-lain.

Kesimpulan

Hingga sekarang ketika artikel ini saya tulis, menurut saya tarif atau harga paket internet yang ditawarkan oleh kartu by.U bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan kartu Telkomsel Prabayar dan kartu Telkomsel Halo. Kelemahan dari kartu Telkomsel Prabayar adalah harga antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda karena dipengaruhi oleh pembagian Zona Telkomsel.

Kalau berdasarkan pemakaiannya seperti pembelian kartu perdana, pengisian pulsa, dan pembelian paket internet, maka yang paling mudah penggunaannya adalah kartu Telkomsel Prabayar. Untuk penggunaan kartu by.U dan Telkomsel Halo bisa dikatakan lebih rumit dibandingkan penggunaan kartu Telkomsel Prabayar. Semoga membantu dan bermanfaat.

Perbandingan 3 Kartu Telekomunikasi Seluler Telkomsel