Mengenal IndiHome Paket Gamer

IndiHome memiliki beberapa produk yang bisa dibeli dan digunakan oleh pelanggannya. Salah satu paket dari IndiHome yang cukup banyak digemari oleh pelanggan yang suka dengan game online adalah IndiHome Paket Gamer. Sesuai dengan namanya “Gamer”, tentu saja ada perbedaan antara IndiHome paket Gamer dan Biasa.
Untuk mengenal lebih jauh mengenai IndiHome Paket Gamer, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian, manfaat, kelebihan, kekurangan, pilihan dan harga, serta beberapa info lainnya mengenai paket tersebut. Harapan saya, sebelum sahabat memutuskan untuk berlangganan paket IndiHome Gamer, sahabat bisa mengetahui benefit dari paket tersebut.

Pengertian

IndiHome Paket Gamer adalah salah satu paket yang memberikan keuntungan tambahan berupa voucher games senilai hingga Rp 2.000.000 per bulan. Tentu saja selain voucher games, sahabat juga tetap mendapatkan layanan pokok dari IndiHome berupa layanan internet, layanan telepon, dan layanan TV hingga ratusan channel.

Fungsi

Sesuai dengan namanya bahwa secara khusus IndiHome Paket Gamer berfungsi untuk memberikan layanan, meningkatkan kenyamanan, dan level bermain pelanggan yang hobi bermain game online dengan benefit (voucher games) yang diberikan setiap bulan. Selain itu layanan akses internet, bonus telepon, dan layanan TV juga tetap bisa sahabat nikmati.

Adapun voucher yang sahabat dapatkan bisa digunakan pada beberapa permainan seperti Free Fire, Arena of Valor (AOV), Call of Duty Mobile, Lokapala, Mobile Legends Bang Bang, Tom and Jerry, PUBG Mobile, Black Desert Remastered, Audition AyoDance (PC & Mobile), Legend of Kingdoms, Crystal Saga 2, Crystal Epic, Big Boss, Ragnarok, RF Online, Lost Saga Remastered, dan Perfect World.

Selain game-game yang saya sebutkan di atas, masih ada beberapa voucher game yang bisa sahabat klaim seperti Archeage, Freestyle, Line Get Rich, Lords Mobile, Omega Legend, Point Blank, Domino QiuQiu Zumba, dan HipTap. Adapun benefit dari tiap-tiap game yang bisa sahabat klaim bisa sahabat baca pada tulisan saya [Benefit Voucher Game IndiHome Paket Gamer Yang Bisa Diklaim].

Pilihan & Harga

Saat saya menulis artikel ini, ada 3 pilihan Indihome Paket Gamer yang ditawatkan oleh Telkom. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa kedepan paket tersebut bisa ditambah, dikurangi, dan dirubah benefit dan harganya oleh Telkom. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pilihan dan harga tiga paket IndiHome Gamer yang disediakan oleh Telkom.

Paket IndiHome Gamer

Benefit

Biaya Langganan

20 Mbps

Telepon Rumah 300 Menit + 109 Channel TV + Voucher Games Hingga 2 Juta Rupiah

Rp 385.000 / Bulan

50 Mbps

Rp 600.000 / Bulan

100 Mbps

Rp 900.000 / Bulan


Keterangan:
  • Kecepatan internet yang ditawarkan oleh IndiHome tidaklah tetap / constant, akan tetapi kecepatan yang sahabat peroleh bisa mencapai kecepatan internet maksimal (sesuai dengan paket yang sahabat pilih).
  • Bonus telepon rumah yang sahabat dapatkan bisa digunakan untuk melakukan panggilan lokal maupun interlokal.
  • Jumlah channel televisi yang sahabat dapatkan adalah 109 channel (90 SD + 19 HD). Jumlah tersebut sewaktu-waktu bisa berubah sejalan dengan kebijakan Telkom.

FUP & Kecepatan

Adanya FUP (Fair Usage Policy) menyebabkan kecepatan internet IndiHome Paket Gamer yang sahabat miliki akan berkurang. Meskipun ada penurunan, akan tetapi kalau menurut saya kecepatan internet yang sahabat dapatkan setelah FUP tetap bisa diandalkan (apalagi kalau sahabat membeli paket 50Mbps).

Adapun kecepatan IndiHome Paket Gamer setelah FUP sama dengan paket IndiHome lainnya. Penurunan kecepatan internet yang sahabat dapatkan bisa terjadi dua kali dalam satu bulan. Hal tersebut tentu saja tergantung dari banyaknya kuota internet yang sahabat pakai. Untuk lebih jelasnya sahabat bisa membaca [Batas Kecepatan FUP Internet Unlimited IndiHome].

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan dari IndiHome Paket Gamer adalah adanya benefit tambahan berupa voucher games hingga Rp 2.000.000. Saya yakin bagi sahabat yang memiliki hobi bermain game online akan sangat terbantu dengan adanya voucher tersebut. Bukan hanya satu kali sahabat mendapatkan voucher tersebut, akan tetapi sahabat bisa mendapatkannya setiap bulan.

Kekurangan dari IndiHome Paket Gamer adalah ketiga paket yang ditawarkan merupakan paket yang berisi layanan internet, telepon, dan TV. Hal tersebut menyebabkan harga dari paket tersebut menjadi lebih mahal. Seandainya saja isi dari IndiHome Paket Gamer bisa disederhanakan hanya Paket Internet + Gamer, saya yakin harganya bisa menjadi lebih murah.

Hal lainnya yang menjadi kekurangan dari IndiHome paket Gamer adalah adanya pembatasan kecepatan internet setelah pemakaian internet dalam jumlah kuota tertentu (FUP). Meskipun permasalahan tersebut adalah permasalahan umum yang dialami oleh semua paket IndiHome, tentu saja hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan beberapa pelanggannya.

IndiHome Paket Gamer vs Biasa

Sekilas antara IndiHome Paket Gamer dan Paket Biasa (lainnya) sebenarnya hampir sama isinya. Tentu saja yang membedakan adalah adanya voucher games senilai hingga Rp 2.000.000 yang diberikan kepada pelanggan Paket Gamer setiap bulannya. Hal tersebut menyebabkan harga dari IndiHome Paket Gamer lebih mahal apabila dibandingkan dengan paket biasa (meski speednya sama).

Catatan

Pada dasarnya kecepatan internet download / upload, FUP, dan layananan lainnya (bonus telepon & channel TV) yang akan sahabat dapatkan dengan berlangganan IndiHome Paket Gamer dan Paket Biasa adalah sama. Perbedaan yang sangat kelihatan dari Paket Gamer dan lainnya adalah Voucher games dan harganya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal IndiHome Paket Gamer