Beranda
Catatan Saya
Pendidikan
Telkomsel
Kuota Kemendikbud Masuk Tanpa Pemberitahuan
Ketika saya cek di halaman utama aplikasi MyTelkomsel, ada sesuatu yang berbeda dari tampilan aplikasi tersebut. Setelah saya cermati, ternyata kuota internet Telkomsel saya bertambah dengan adanya kuota internet Kemendikbud bantuan dari pemerintah. Jadi tidak seperti biasanya, kuota bantuan pemerintah tersebut masuk ke nomor saya tanpa ada pemberitahuan berupa SMS.
Kuota Internet Kemendikbud Telkomsel untuk apa saja? Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya dalam tulisan saya terdahulu, bahwa sekarang kuota Kemendikbud bisa sahabat gunakan untuk mengakses konten internet apa saja termasuk streaming YouTube. Meski demikian, tetap saja ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diakses menggunakan kuota tersebut.

Adapun aplikasi yang tidak bisa sahabat akses menggunakan kuota kemendikbud Telkomsel adalah aplikasi Facebook, Instagram, dan TikTok. Mungkin yang mendasari pemerintah untuk tidak mengizinkan kuota kemendikbud dipakai untuk mengakses media sosial dikarenakan dari segi manfaat tidak sesuai dengan tujuan pemberian kuota internet bantuan tersebut.

Kegunaan kuota kemendikbud baik di kartu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan lain sebagainya adalah untuk mengakses beragam konten internet guna mendukung pembelajaran secara online atau daring yang dilakukan oleh pengajar dan peserta didik di tengah kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka di kelas.

Bagi sahabat pengguna kartu Telkomsel yang mendapatkan kuota bantuan belajar dari pemerintah, maka cara cek kuota internet kemendikbud Telkomsel sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan untuk mengecek kuota internet kemendikbud. Sahabat bisa cek kuota tersebut pada menu Internet di halaman utama aplikasi MyTelkomsel.

Selain itu, sahabat juga bisa cek kuota kemendikbud menggunakan pesan SMS ke nomor 3636. Adapun formatnya adalah FLASH INFOV2 kirim ke 3636 dan FLASH INFO kirim ke 3636, serta UL INFO kirim ke 3636. Untuk lebih jelasnya bisa sahabat baca pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul [Tiga Cara Cek Kuota Telkomsel Via SMS].

Cara mendapatkan kuota kemendikbud Telkomsel sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja syarat untuk mendapatkannya adalah sahabat harus berstatus sebagai Guru, Dosen, Peserta Didik, atau Mahasiswa. Kalau sudah memenuhi syarat tersebut, sahabat bisa menghubungi admin sekolah atau kampus untuk mendaftarkan nomornya agar mendapatkan bantuan kuota internet dari pemerintah.

Kalau berdasarkan informasi yang saya peroleh, ada beberapa mahasiswa yang sudah memberikan nomornya ke pihak kampus akan tetapi sampai sekarang tidak pernah mendapatkan bantuan kuota internet kemendikbud. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena kesalahan teknis yang dilakukan oleh admin sekolah atau kampus saat input data. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar