Pengalaman Beli & Perpanjangan Web Domain di Indonesia dan Luar Negeri

Di era digital seperti sekarang ini, penyampaian informasi melalui internet sudah sangat umum. Salah satu informasi yang sering sahabat akses melalui internet adalah alamat website. Kebetulan blog yang sahabat baca ini juga termasuk Website, dimana untuk mengaksesnya sahabat harus mengetikkan alamat https://www.infodantips.com melalui browser yang terhubung internet.

Selain alamat blog ini, masih ada banyak lagi alamat website yang bisa sahabat akses menggunakan jaringan internet. Apakah sahabat tahu bahwa konten suatu blog atau website dengan ektensi .com, .net, .id, dan lain sebagainya diperlukan biaya agar tetap bisa diakses melalui jaringan internet? Berapa biaya agar alamat website bisa tetap diakses?

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika membeli dan memperpanjang alamat domain web. Kebetulan saya pernah membeli dan hingga saat ini saya masih rutin memperpanjang alamat website yang saya beli di dalam dan luar negeri tersebut.

Dalam Negeri

Berdasarkan pengalaman saya beberapa kali beli domain di Indonesia, saya selalu mendapatkan harga yang murah meski tidak ada promo. Apalagi kalau bertepatan dengan diadakannya promo dari penjual, maka harganya bisa sangat murah. Untuk komunikasi dengan penjualnya juga enak karena bisa dipastikan penjualnya bisa berbahasa Indonesia.

Sayangnya untuk perpanjangan domain web di Indonesia harganya bisa dibilang sangat jauh apabila dibandingkan dengan harga ketika membelinya pertama kali. Sebagai contoh saya pernah membeli domain dengan harga Rp 90.000, akan tetapi untuk perpanjangan setiap tahunnya, saya harus mengeluarkan uang lebih dari Rp 150.000.

Untuk alat pembayaran pembelian domain web di dalam negeri juga lebih mudah, karena sahabat bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan beberapa alat pembayaran yang sering digunakan di Indonesia. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank dan juga menggunakan dompet digital (DANA, OVO, GoPay), serta pembayaran lainnya.

Luar Negeri

Sama seperti pembelian domain web di dalam negeri, kalau sahabat membeli domain di luar negeri juga akan mendapatkan harga yang murah. Bahkan ketika ada promo, kadang ada penyedia jasa layanan domain bisa memberikan harga yang sangat tidak wajar. Kadang untuk domain .com hanya dijual $1USD atau sekitar Rp 14.000 saja.

Untuk biaya perpanjangan domain di luar negeri bisa saya katakan bahwa harganya lebih murah apabila dibandingkan dengan penyedia jasa domain di Indonesia. Meski harganya menggunakan $USD akan tetapi kalau dirupiahkan tetap murah yaitu sekitar Rp 120.000. Untuk pembayarannya, sayangnya tidak semudah pembayaran di dalam negeri.
Biasanya untuk pembayarannya dilakukan dengan menggunakan e-wallet PayPal dan kartu kredit berlogo VISA, Master Card, dan American Express. Untuk berkomunikasi dengan customer servicenya, sahabat juga harus menggunakan Bahasa Inggris. Saya sendiri belum pernah berkomunikasi dengan CS karena belum pernah ada masalah yang memerlukan bantuan CS.

Kesimpulan

Beli dan perpanjangan web domain di Indonesia kalau dihitung memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan memakai jasa dari luar negeri, akan tetapi kalau dilihat dari segi metode pembayaran dan komunikasi dengan customer service, menggunakan penyedia jasa web domain di Indonesia akan lebih mudah. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Beli & Perpanjangan Web Domain di Indonesia dan Luar Negeri