Kelebihan dan Kekurangan Kartu Halo Unlimited Telkomsel

Saat ini Telkomsel melalui produk kartu pascabayar nya (Kartu Halo) menawarkan dua produk andalan yang bisa digunakan oleh pelanggannya. Kedua produk tersebut adalah Halo Play dan Halo Unlimited. Yang cukup menarik adalah adanya embel-embel unlimited pada salah satu produk yang dikeluarkan oleh Telkomsel tersebut.

Ketika sahabat mendengar kata unlimited pada sebuah paket, pasti yang terbayang adalah paket tersebut menawarkan internet unlimited tanpa batasan. Meski demikian kadang promo tidak semanis dengan kenyataannya. Jadi sebelum sahabat berlangganan Paket Halo Unlimited, maka sahabat harus tahu terlebih dahulu tentang unlimited yang dimaksud dalam paket tersebut.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara umum kelebihan dan kekurangan kartu Halo Unlimited, akan tetapi saya akan lebih fokus membahas lebih dalam mengenai unlimited dalam paket tersebut. Saya yakin bahwa “Unlimited” kadang dimaknai orang dengan persepsi yang berbeda-beda, sehingga saya harap sahabat tidak salah beranggapan tentang hal tersebut.

Kelebihan

Secara umum kelebihan kartu pasca bayar (Halo) adalah sahabat tidak perlu repot untuk melakukan isi ulang pulsa karena sahabat hanya perlu melakukan pembayaran tagihan kartu Halo setiap bulannya. Jadi bisa dikatakan bahwa hal tersebut lebih praktis karena tagihan yang harus sahabat bayarkan tergantung dari pemakaian kartu Halo selama satu bulan.

Secara khusus kelebihan kartu Halo Unlimited adalah kuota yang terdapat dalam paket tersebut bisa dibilang komplit. Ketika sahabat berlangganan kartu Halo Unlimited, maka sahabat akan mendapatkan beberapa kuota sekaligus yaitu Kuota Nelpon, SMS, Internet (reguler), dan juga kuota entertainment.

Kalau dalam promosinya ditonjolkan kata “Unlimited”, hal tersebut mungkin bisa saya katakan sebagai salah satu kelebihan, akan tetapi saya sendiri juga bisa menganggapnya sebagai kekurangan. Dalam paket Halo unlimited disebutkan bahwa kelebihan dari kartu tersebut adalah sahabat bisa mengakses sepuasnya aplikasi chat, E-commerce, MAXstream, GamesMAX, dan MusicMAX.

Kekurangan

Secara umum kekurangan dari kartu pascabayar (Kartu Halo) adalah dipakai atau tidak dipakai maka sahabat harus membayar tagihan rutin setiap bulannya. Meski sudah dibayar, kuota yang sebelumnya tidak terpakai juga akan tetap hangus kalau tidak dipakai. Kalau sahabat tidak bisa mengontrol pemakaian, bisa jadi tagihan kartu Halo sahabat akan membengkak.

Sedangkan secara khusus, saya mengamati kekurangan dari Kartu Halo Unlimited adalah akses unlimited yang diberikan oleh telkomsel tidak bisa digunakan untuk mengakses semua layanan, melainkan hanya beberapa aplikasi tertentu seperti WhatsApp, Line, Shopee, Lazada, Tokopedia, layanan MAXstream, GamesMAX, dan MusicMAX.

Bukan hanya itu saja, FUP (Fair Usage Policy) dalam paket Halo Unlimited adalah 3GB setiap bulannya. Itu artinya bahwa sahabat hanya bisa menggunakan aplikasi yang saya sebutkan tadi dengan kecepatan normal ketika penggunaannya belum mencapai 3GB. Setelah penggunaan mencapai 3GB, selanjutnya kecepatan yang sahabat peroleh maksimal hanya 1Mbps.

Kelemahan lainnya dari paket Halo Unlimited adalah kuota aplikasi unlimited tersebut baru bisa sahabat gunakan setelah kuota internet utama yang sahabat gunakan habis. Tentu saja hal tersebut membuat sahabat kurang nyaman dalam menggunakan kuota unlimited tersebut mengingat tidak semua aplikasi bisa diakses dan kecepatan yang diberikan setelah mencapai FUP hanya 1Mbps.

Catatan

Hal yang menjadi catatan saya dan bisa sahabat pertimbangkan sebelum berlangganan Kartu Halo Unlimited adalah kuota unlimited yang diberikan dalam paket tersebut hanya bisa sahabat gunakan setelah kuota utama habis dan aplikasi yang bisa sahabat akses hanya beberapa aplikasi saja. Selain itu, setelah penggunaan mencapai FUP (3GB) kecepatan akan diturunkan maksimal 1Mbps.

Selain itu, pertimbangan lainnya yang juga perlu sahabat perhatikan sebelum sahabat memutuskan untuk berlangganan Kartu Halo Unlimited adalah digunakan atau tidak digunakan kuota tersebut, maka sahabat tetap harus membayar tagihan bulanan. Kalau sahabat sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Halo Unlimited, saya harapkan sahabat sudah bisa memutuskan untuk berlangganan paket tersebut atau tidak. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Halo Unlimited Telkomsel