-->

Cara Screenshot Panjang di HP Xiaomi dan Infinix

Setelah lama menggunakan HP Xiaomi Mi MAX dan Infinix Hot 8, akhirnya saya menemukan cara screenshot halaman penuh di kedua smartphone tersebut. Yang membuat saya agak malu adalah saya baru bisa melakukan screenshot panjang di HP Xiaomi dan Infinix setelah saya menggunakan Mi MAX sekitar 3 tahun dan Infinix Hot 8 sekitar 1 tahun.

Untuk melakukan screenshot panjang di HP Xiaomi ataupun Infinix, sahabat tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di smartphone yang sahabat gunakan. Jadi, baik di smartphone Xiaomi atau di smartphone Infinix sudah ada fasilitas yang menyediakan screenshot panjang yang bisa langsung sahabat gunakan ketika melakukan screenshot.

Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa dalam hal ini, smartphone yang saya gunakan untuk memberikan tutorial screenshot halaman penuh adalah HP Xiaomi Mi MAX dan HP Infinix Hot 8. Saya kira untuk HP dengan brand yang sama (Xiaomi dan Infinix) akan memiliki cara yang sama atau hampir sama dengan tutorial yang saya sampaikan berikut ini.

HP Xiaomi

Berikut adalah tutorial langkah-langkah cara untuk membuat screenshot panjang di HP Xiaomi:
  • Buka halaman yang akan sahabat screenshot. Sebagai contoh, saya akan screenshot halaman salah satu aplikasi seperti gambar di bawah ini.
  • Selanjutnya silakan sahabat buka halaman menu pengaturan singkat dengan cara mengusap layar dari ujung atas ke bawah. Pada halaman tersebut, silakan sahabat pilih “gambar gunting” untuk melakukan screenshot.
  • Setelah gambar sukses di screenshot, selanjutnya sebelum gambar tersebut menghilang, silakan sahabat pilih gambar tersebut untuk mengeditnya (seperti gambar di bawah ini). Selanjutnya silakan sahabat pilih menu scroll.
  • Halaman otomatis akan terscroll, kemudian akan disajikan halaman panjang dan penuh.
  • Sahabat bisa menyunting hasil screenshot tersebut (termasuk memotong halaman atau crop).

HP Infinix

Hampir sama langkah-langkahnya dengan screenshot halaman panjang di HP Xiaomi, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan screenshot halaman penuh di HP Infinix:
  • Buka halaman yang akan di screenshot. Sebagai contoh, saya akan screenshot halaman aplikasi by.U.
  • Langkah selanjutnya adalah silakan sahabat buka pengaturan singkat dengan cara mengusap layar dari ujung atas ke bawah. Silakan sahabat pilih menu [Tangkapan Layar]
  • Setelah tertangkap layarnya (ter screenshot), selanjutnya silakan sahabat pilih menu [Scrollshot].
  • Silakan sahabat atur panjang halaman yang ingin sahabat screenshot.

Bagi sahabat pengguna smartphone selain Xiaomi dan Infinix, saya yakin dalam smartphone yang sahabat gunakan juga sudah terdapat fasilitas atau layanan screenshot panjang satu halaman. Mungkin prinsipnya hampir sama, yaitu setelah sahabat melakukan screenshot, selanjutnya silakan sahabat cari menu yang berkaitan dengan scroll. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Screenshot Panjang di HP Xiaomi dan Infinix