Mengenal IndiHome Smooa, Nelpon Gratis Kesesama Nomor Telkomsel

Apakah sahabat dan keluarga berlangganan layanan IndiHome? Kalau iya, Apakah sahabat juga menggunakan nomor Telkomsel? Kalau iya, maka sahabat bisa memanfaatkan layanan IndiHome yang bernama Smooa. Dengan menggunakan layanan tersebut, maka sahabat bisa melakukan panggilan gratis unlimited kesesama nomor Telkomsel (yang terdaftar).

Pengertian

IndiHome Smooa adalah layanan tambahan (Add On) khusus untuk pelanggan IndiHome dalam berbagi internet mobile bersama dengan keluarga. Selain layanan tersebut, sahabat dan keluarga juga akan mendapatkan layanan ‘gratis’ nelpon unlimited ke sesama nomor keluarga yang sudah didaftarkan. Nomor yang bisa didaftarkan dalam layanan Smooa adalah maksimal 6 orang.

Jadi apabila sahabat mengaktifkan layanan Indihome Smooa, maka sahabat juga bisa memasukkan nomor telkomsel lainnya (maksimal 5) ke dalam layanan tersebut. setelah sahabat memilih salah satu paket bulanan Smooa, maka otomatis kuota yang sahabat dapatkan bisa digunakan bersama-sama dengan nomor Telkomsel yang sudah sahabat masukkan tadi.

Pilihan

Ada 4 pilihan layanan IndiHome Smooa yang bisa sahabat beli. Harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 625.000. Kuota yang bisa sahabat dapatkan adalah 10GB Hingga 100GB. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 pilihan, harga dan benefit dari paket Smooa IndiHome:

[1] Paket Silver
  • Kuota internet 10GB
  • Kuota Nelpon 30 Menit & 30 SMS kesemua operator (khusus pelanggan prabayar).
  • Kuota Nelpon dan SMS unlimited kesesama nomor Anggota (bagi pengguna nomor prabayar) atau 500 Menit & 500 SMS (bagi pengguna nomor pascabayar).
  • Masa aktif 30 Hari
  • Harga Rp 75.000/bulan

[2] Paket Gold
  • Kuota internet 20GB
  • Kuota Nelpon 50 Menit & 50 SMS kesemua operator (khusus pelanggan prabayar).
  • Kuota Nelpon dan SMS unlimited kesesama nomor Anggota (bagi pengguna nomor prabayar) atau 500 Menit & 500 SMS (bagi pengguna nomor pascabayar).
  • Masa aktif 30 Hari
  • Harga Rp 155.000/bulan

[3] Paket Platinum
  • Kuota internet 40GB
  • Kuota Nelpon 100 Menit & 100 SMS kesemua operator (khusus pelanggan prabayar).
  • Kuota Nelpon dan SMS unlimited kesesama nomor Anggota (bagi pengguna nomor prabayar) atau 500 Menit & 500 SMS (bagi pengguna nomor pascabayar).
  • Masa aktif 30 Hari
  • Harga Rp 280.000/bulan

[4] Paket Diamond
  • Kuota internet 100GB
  • Kuota Nelpon200 Menit & 200 SMS kesemua operator (khusus pelanggan prabayar).
  • Kuota Nelpon dan SMS unlimited kesesama nomor Anggota (bagi pengguna nomor prabayar) atau 500 Menit & 500 SMS (bagi pengguna nomor pascabayar).
  • Masa aktif 30 Hari
  • Harga Rp 625.000/bulan

Kelebihan & Kekurangan

IndiHome mengklaim bahwa paket tambahan Smooa ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Adanya layanan gratis nelpon kesesama nomor anggota pengguna Smooa.
  • Kuota bisa digunakan secara bersama-sama, sehingga lebih efisien dalam penggunaan kuota.
  • Semua anggota dalam paket tambahan Smooa bisa diatur dan dimonitor penggunaan kuotanya.
  • Pembayaran tagihan Smooa menyatu dengan pembayaran bulanan IndiHome, sehingga bisa dibilang lebih praktis.

Kalau menurut saya, bonus nelpon unlimited yang hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan kirim SMS kesesama anggota maksimal 6 orang (termasuk nomor utama), sepertinya kurang menarik karena operator lain sudah memberikan penawaran layanan nelpon dan SMS gratis kesesama operator.

Selain itu, kuota 10GB pada paket Silver sepertinya juga kurang banyak apabila digunakan secara bersama-sama oleh semua anggota (3-6 orang) dalam waktu 30 hari. Harga yang ditawarkan dalam layanan IndiHome Smooa menurut saya juga bisa dikatakan ‘mahal’ apabila dibandingkan dengan paket internet atau combo Telkomsel prabayar lainnya.

Catatan

Sekali lagi bahwa penawaran paket tambahan atau Add-on Smooa hanya berlaku bagi sahabat yang berlangganan IndiHome. Untuk berlangganan paket tambahan tersebut, maka pelanggan juga wajib menggunakan nomor Telkomsel. Dalam menggunakan layanan Smooa, harus terdapat 1 nomor utama dan minimal 2 nomor anggota (member) atau maksimal 5 nomor anggota.

Karena layanan Add-on IndiHome Smooa adalah layanan yang pembayarannya dilakukan bersamaan dengan pembayaran tagihan bulanan IndiHome, maka bisa dikatakan bahwa layanan tersebut merupakan layanan pascabayar yang biasanya dikenakan PPN 10%. Kalau menurut saya, lebih enak beli paket di kartu prabayar langsung meskipun sudah berlangganan IndiHome. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal IndiHome Smooa, Nelpon Gratis Kesesama Nomor Telkomsel
  1. Paket saya sudah berakhir dan penggunaan data saya selanjutnya akan dikenakan biaya. Ini gimna dgn pembayarn yg 75rb tambahan krna pelanggan silver? Berarti bulan berikutnya saya akan dikenakan biaya yg lebih lagi krna menggunakan data di tambah 75rb krna operator sudah mengklaim paket silver saya menambah pembayaran bulann indihome saya. Tlng, saya ingin tahu jls lagi apakah paket silver ini utk penggunaan data dan tlpn sms yg digratiskn hanya bln awal selanjutnya akan dikenakan tarif berbayar?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi dengan menggunakan layanan IndiHome Smooa Paket Silver, maka Kakak akan mendapatkan benefit Kuota internet yang bisa dipakai bersama-sama, kuota nelpon, dan SMS. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca lagi Kak (di atas).

      Selanjutnya untuk pembayaran paket silver 75rb itu akan include atau digabungkan dengan pembayaran IndiHome Kak. Untuk pesan "Penggunaan data selanjutnya dikenakan biaya" itu maksudnya adalah untuk mengakses internet bukan lagi menggunakan kuota data Smooa (karena sudah habis). Bisa jadi pakai paket internet lainnya (kalau kakak memiliki) atau bisa jadi malah pakai pulsa Kakak.

      Jadi tidak ada tambahan biaya lainnya selain Rp 75.000 (paket silver Kak).

      Hapus
  2. Gmana mengaktifkan paket smooa masa tengang aktip berakhir, katanya atomatis aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah berlangganan, maka setiap bulannya paket akan diperpanjang Kak ;)

      Hapus