-->

Penyebab Kuota Utama & Pulsa Reguler Kesedot Meski Punya Paket Internet

Dalam beberapa hari ini sudah ada dua pembaca blog ini yang bertanya mengenai pulsa regulernya berkurang meski sudah membeli paket internet. Yang pertama adalah salah satu sahabat pengguna nomor Axis yang bertanya pada tulisan saya yang berjudul [Mengenal Paket Boostr Kuota Edukasi dan Conference Axis].

Sahabat tersebut bertanya: Mengapa kuota utamanya berkurang ketika membuka aplikasi Zoom baik di HP maupun di Laptop, padahal kuota Boostr conference yang dimiliki masih tersedia. Selanjutnya pertanyaan kedua berada pada tulisan saya yang berjudul [Mengenal Kuota Ketengan Utama Telkomsel].

Sahabat tersebut bertanya: Mengapa pulsa telkomselnya berkurang meskipun sahabat tersebut sudah membeli kuota ketengan Facebook (FB) dan yang dibuka hanya aplikasi Facebook saja. Mungkin masih ada beberapa sahabat pembaca yang juga bertanya-tanya mengenai berkurangnya kuota utama dan pulsa reguler meski memiliki kuota ketengan FB Telkomsel atau Axis Boostr.
Baik pertanyaan pertama maupun pertanyaan kedua, menurut saya hal tersebut adalah wajar kalau kuota utama maupun pulsa reguler yang sahabat miliki bisa berkurang. Penyebab kuota utama atau pulsa reguler berkurang adalah karena setiap sahabat mengaktifkan data di smartphone atau menghubungkan data HP dengan Laptop, pasti ada proses transfer data.

Transfer data yang terjadi bisa berupa aktifitas download (unduh) dan upload (unggah). Jadi ketika sahabat mengaktifkan data smartphone, maka otomatis akan ada proses transfer data yang menyebabkan kuota utama yang sahabat miliki akan berkurang. Bahkan apabila sahabat tidak memiliki kuota utama, maka pulsa reguler yang sahabat miliki yang akan terpakai.

Begitu juga ketika smartphone yang sahabat miliki dijadikan Hotspot kemudian terhubung dengan komputer, maka proses transfer data juga akan terjadi. Bahkan apabila terjadi proses update OS Windows, maka otomatis kuota utama yang sahabat miliki akan berkurang cukup banyak, yaitu bisa 400MB hingga 1GB atau 1000MB.

Jadi tanpa sahabat membuka aplikasi apapun baik di HP atau di komputer yang terhubung dengan jaringan internet, maka tanpa sahabat sadari sebenarnya ada proses transfer data yang menyebabkan kuota internet utama yang sahabat miliki berkurang. Oleh karena itu, sahabat tidak perlu kaget kalau kuota utama atau pulsa regulernya terpakai.

Mungkin kalau kuota internet utama yang terpakai tidak akan terlalu mengganggu, akan tetapi kalau yang berkurang adalah pulsa reguler, pastinya akan sangat mengejutkan. Oleh karena itu, apabila sahabat memiliki pulsa reguler, maka saya sarankan agar sahabat selalu memiliki kuota utama dan selalu memantau jumlah kuota yang sahabat miliki.

Setelah sahabat membaca tulisan saya tentang penyebab kuota internet utama dan pulsa reguler tersedot, maka saya yakin sahabat sudah tidak bingung dan bertanya-tanya lagi kenapa kuota utama atau pulsa reguler yang sahabat miliki bisa berkurang meski sahabat sudah memiliki kuota aplikasi khusus dan hanya membuka satu aplikasi tertentu. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penyebab Kuota Utama & Pulsa Reguler Kesedot Meski Punya Paket Internet